Cara Menanam Bunga Cempaka

by | Jan 23, 2021 | Budidaya | 0 comments

Bagikan:

Cara menanam bunga cempaka ini perlu anda ketahui. Bunga cempaka merupakan salah satu jenis bunga yang tumbuh subur di Indonesia. Selain di wilayah Indonesia, bunga ini juga dapat ditemukan di hampir seluruh negara wilayah Asia tenggara, negara di Asia Selatan, hingga Cina bagian selatan. Bunga cempaka memiliki ciri khas yaitu aroma wangi yang kuat serta tampilan yang indah. Tak heran jika bunga cempaka banyak dimanfaatkan untuk hiasan, untuk menambah aksesoris ketika pernikahan, hingga menjadi salah satu bahan dasar pembuatan parfum.

Bunga cempaka itu sendiri memiliki 4 jenis, yaitu bunga cempaka putih, bunga cempaka merah, bunga cempaka ungu, serta bunga cempaka kuning. Masing-masing dari jenis bunga tersebut memiliki karakteristik yang unik. Selain dimanfaatkan pada bagian bunga, ternyata bagian lain pohon bunga cempaka juga memiliki kegunaan lho. Biasanya bunga cempaka akan diambil batang, kulit, hingga bagian daunnya oleh masyarakat. Pada dasarnya, pohon bunga cempaka tumbuh dalam kisaran tinggi 15 hingga 20 meter. Namun tidak jarang pohon ini bisa melampaui tinggi hingga 30 meter.

Cara menanam bunga cempaka sangat berguna untuk diketahui, karena selain memiliki kegunaan dalam kecantikan atau estetika, bunga cempaka juga menyimpan kegunaan dalam bidang kesehatan. Banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan olahan bunga cempaka, diantaranya adanya masalah bau badan, infeksi pernafasan, dan jenis penyakit lainnya. Olahan ramuan dari bunga cempaka ini cukup beragam, ada yang mengharuskan ramuan dikonsumsi, namun ada juga yang cukup digunakan sebagai obat luar. 

Cara Menanam Bunga Cempaka

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh bunga cempaka, maka tidak heran jika banyak masyarakat yang tertarik untuk membudidayakan jenis tumbuhan ini. Apalagi didukung kondisi iklim wilayah Indonesia yaitu iklim tropis, maka semakin meningkatkan potensi tanaman bunga cempaka untuk tumbuh subur. Berikut akan diulas beberapa cara menanam bunga cempaka atau metode yang dapat anda lakukan untuk membudidayakan bunga cempaka, yaitu diantaranya :

Persiapan bibit

Hal pertama yang harus disiapkan dalam cara menanam bunga cempaka adalah bibit dari phon bunga cempaka. Ketika mempersiapkan bibit, pastikan jika kondisi bibit sehat serta tidak ada penyakit. Hal ini dikarenakan bibit merupakan cikal bakal tumbuh kembangnya pohon bunga cempaka ketika dewasa. Sehingga apabila bibit yang digunakan dalam keadaan sehat dan baik, maka kualitas pohon cempaka ketika dewasa juga akan baik, yang pasti tidak lupa dengan perawatan yang baik pula. Metode pemilihan bibit ada dua, yaitu metode cangkok dan metode benih. Anda dapat memilih salah satu diantaranya.

Namun perlu diperhatikan untuk metode cangkok, gunakan pohon bunga cempaka yang sudah memasuki umur 3 tahun serta memiliki bagian pohon yang mudah di cangkok, yaitu berupa batang maupun ranting. Pilih pohon yang sehat dan tidak ada penyakit serta yang memiliki kuantitas bunga banyak, supaya nanti bunga cempaka keturunannya juga menghasilkan bunga yang banyak. Namun jika anda menggunakan metode benih, maka step yang dilalui lebih panjang, yaitu harus melewati step persemaian pada media tanam terlebih dahulu.

Persemaian bibit pohon bunga cempaka

Setelah mendapatkan bibit pohon bunga cempaka baik melalui metode cangkok maupun benih, maka selanjutnya adalah persiapkan polybag yang berguna sebagai media tanam dalam persemaian. Komposisi yang dimasukkan dalam polybag tersebut adalah berupa tanah : pasir : pupuk kompos masing masing dengan takaran 1 : 1 : 1. Usahakan ketiga komposisi bahan tersebut diaduk dan dicampur hingga rata dan menyatu sempurna. Untuk menghindari pengendapan air, maka buatkan lubang kecil di bagian bawah polybag. Selanjutnya adalah tanam bibit yang telah disiapkan pada tanah di dalam polybag yang sebelumnya telah dibuatkan lubang kecil sesuai dengan ukuran dari bibit yang akan ditanam.

Setelah bibit tertanam dengan sempurna, maka tutup kembali lubang tersebut dengan tanah di dalam polybag hingga bibit dapat berdiri secara tegak. Jangan lupa untuk selalu rutin dalam melakukan penyiraman bibit. Pada umumnya untuk menghasilkan pertumbuhan bibit yang baik, lakukan kegiatan penyiraman setiap waktu pagi hari serta sore hari. Usahakan jangan terlalu banyak menyiram air, hindari kondisi air yang menggenang. Tunggu beberapa hari hingga bibit pohon bunga cempaka tersebut mencapai ketinggian tertentu untuk siap dipindahkan. Biasanya tanaman bunga cempaka akan dirasa siap dipindahkan pada media tanam sesungguhnya apabila telah mencapai ketinggian antara 30 cm hingga 50 cm. 

Perawatan pohon bunga cempaka

Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga cempaka adalah perawatan. Setelah bibit mencapai ketinggian 30 cm hingga 50 cm, maka bibit dapat dipindahkan pada media tanam yang sesungguhnya. Namun pastikan media tanam tersebut bersih dan tidak mengandung limbang maupun gulma yang dapat mengganggu perkembangan tumbuhan bunga cempaka. Sebelum memindahkan bibitnya, hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah memastikan media tanam tersebut telah melewati proses penggemburan serta pemupukan. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang terkandung di dalam lokasi tanam tersebut cukup dalam mendukung pertumbuhan tanaman bunga cempaka.

Selanjutnya buat bedengan. Tujuannya adalah ketika terjadi hujan, maka tanah yang menjadi tempat tumbuh pohon bunga cempaka tidak berkurang atau menyusut. Lalu buatlah sebuah lubang yang nantinya digunakan untuk menanam bibit bunga cempaka. Biasanya ukuran lubang tersebut sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm. ketika menanam bibit, usahakan lepaskan terlebih dahulu dari polybag agar tanah bibit menyatu dengan tanah di lokasi tanam tersebut. Selanjutnya adalah tutup kembali lubang tersebut dengan tanah hingga padat supaya pohon bunga cempaka dapat tumbuh tegak. 

Lakukan penyiraman secara rutin jika umur masih dibawah satu tahun, namun apabila umur sudah lebih dari satu tahun, maka anda dapat menyiram seperlunya saja. Jangan lupa untuk melakukan tindakan pemupukan pada awal musim hujan dan awal musim kemarau. Serta untuk selalu menjaga tanaman bunga cempaka dari gula maupun tanaman penganggu serta hama. 

Itulah cara menanam bunga cempaka, semoga langkah-langkah yang telah disebutkan bisa dipraktekan dan bermanfaat.

Cek juga : Jenis – jenis bunga cempaka dan berbagai manfaatnya

Bagikan: