HomeSeputar Pertanian7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Cara menanam pare mungkin tidak terlalu menjadi daya tarik bagi beberapa orang. Cara menanam pare agar bisa cepat tumbuh bisa hanya dilakukan di dalam pot, dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Pare merupakan buah yang memiliki rasa pahit dan biasanya dioah menjadi semur pare, pare tumis, pecel pare, dan sebagainya. 

Meskipun memiliki cita rassa yang pahit pare termasuk dalam salah satu jenis sayur yang banyak digemari oleh masyarakat. Jika diolah dengan benar rasa pahit dari pare mampu menjadi cita rasa tersendiri yang berbeda dan memberi sensasi yang berbeda saat disantap. Pare memiliki nama ilmiah Momordica charantia L. Yang mana merupakan tanaman dengan buah yang panjang, memiliki permukaan kulit buah yang bergerigi, dan memiliki ujung yang runcing. 

Pare juga merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan tumbuhan merambat. Tanaman pare memiliki asa dari Asia Tropis, yaitu pada daerah Assam dan Burma di daerah India bagian Barat. Pare teremasuk dalam suku jenis labu-labuan. Tanaman yang tumbuh dengan merambat dengan sulur yang berbentuk spilar , memiliki banyak cabang, batangnya yang berusuk isma, sserta memiliki bau tak sedap. Daun pare  merupakan daun dengan jenis tunggal, dengan letaknya yang berseling dan memiliki tangkai. 

Daun pare memiliki bantuk bulat panjang yaitu dengan ukuran lebar 4 cm, panjang 3,5-8,5 cm, danterbagi atas 5-7 jari. Memiliki pangka yang berbentuk jantung, serta memiliki warna hijau tua. Bunga dari pare juga mmerupakan bunga tunggal, yang dalam satu phon berkelamin dua, dengan tangkai panjang, dan mahkota bunganya berwarna kuning.

Tanaman pare tergolong sangat mudah untuk ditanam dan mampu ditanam pada skala lingkungan rumahan. Jika ingin mengetahui cara menanam pare pada ingkungan rumah, dan tumbuh dengan subur. 

Berikut penjelasan mengenai cara menanam pare, yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan perlengkapan

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah pertama dalam cara menanam pare yaitu menyiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan. Untuk cara menanam pare sendiri bisa menggunakan dua cara yaitu membuat bibit sendiri atau dengan membeli bibit unggul di toko bibit. Untuk hasil yang maksimal disarankan untuk membeli bibit unggul di toko. Berikut bahan dan perlatan yang dibutuhkan dalam menanam pare:

  • Bibit unggul tanaman pare
  • Pot atau polibag dengan ukuran sedang
  • Cetok
  • Media tanam
  • Kawat
  • Tali
  • Air
  • Bambu 

Menyiapkan media tanam

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah kedua dalam cara menanam pare yaitu menyiapkan media tanam. Membuat media tanam untuk tanaman pare tidaklah sulit, cukup memerhatikan komposisi yang paling tepat saja. Media tanaman dibuat dari campuran pupuk kompos dan tanah yang memiiki dengan perbandingan 3:1. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke pot atau polibag.

Penanaman

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah ketiga dalam cara menanam pare yaitu proses penanaman pare. Proses penanaman biji pare pada media tanam yang telah dipersiapkan. Berikut tahap cara menanam pare:

  • Lubangi media tanam yang telah berada di dalam poot/poli bag sedalam 3-5 cm.
  • Kemudian masukkan biji pare kedalam lubang dan tutp kembalii lubang tersebut.
  • Letakkan pot/poli bag di tempat yang terekena cahaya matahari, namun tidak terlalu panas.
  • Minggu pertama bibit ditanam biarkan biji pare tanpa disiram air
  • Kemudian setelah berusia satu minggu, jaga kelembaban media tanam dan lakukan penyiraman rutin.
  • Media tanam yang digunakan tidak perlu dilakukannya pemadatan, terkhususnya saat penanaman biji.

Pemasangan lanjaran

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah keempat dalam cara menanam pare yaitu pemasangan lanjaran. Pemasangan lanjaran bertujuan untuk menopang pertumbuhan tanaman pare yang tumbuh dengan merambat. Lanjaran dipasang ketika tanaman pare sudah mencapai tinggi 25 cm. Tanaman pare akan mulai berbunga pada saat sudah berumur 3 bulan setelah masa tanam.

Pengendalian hama dan penyakit

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah kelima dalam cara menanam pare yaitu pengendalian hama dan penyakit. Tanaman pare yang sudah tumbuh dengan baik akan sangat rentan terhadap hama dan penyakit.hama yang sering kali menyerang tanaman pare yaitu seperti lembing, siput, lalt buah, kepik, kumbang, dan ulat. Penyakit yang sering menyerang tanaman pare yaitu antaraknosa, embuntepung, layu batang, dan layu daun. Jika tanaman pare anda terserang hama dan penyakit segera berikan pestisida. Penggunaan pestisida yang disarankan yaitu penggunaan pestisida organik, karena menghindari buah pare terkena bahan-bahan kimia.

Perawatan

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah keenam dalam cara menanam pare yaitu perawatan  tanaman pare. Perawatan yang bisa dilakukan yaitu: 

  • Melakukan penyiangan pada tanaman pare dilakukan agar terhindar dari hama dan penyakit yang nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya tanaman.
  • Melakukan penyoraman rutin dua kali sehari.
  • Untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman pare, maka disarankan untuk memberikan pupuk. Pupuk diberikan ketika tanaman memasuki umur 21 hari setelah hari penanaman, pupuk yang disarankan untuk digunakan yaitu pupuk NPK.

Pemanenan

7 Cara Menanam Pare, Si pahit yang kaya manfaat

Langkah ketujuh dalam cara menanam pare yaitu masa panen. Ketika dalam masa panen, panen yang dilakukan disarankan memanen buah pare yang setengah matang, karena tekstur buah yang lembut. Setelah pemanenan yang dilakukan pertama, 3 bulan selanjutnya pemanenan juga bisa dilakukan.

Berdasarkan penjelasan diatas terlihat bahwa cara menanam pare tidaklah sulit. Hanya saja jika menanam pare lakukanlah pengecekkan rutin pada tanaman. Hal ini dikarenakan pare y rentan terkena hama dan penyakit,  sehingga tumbuh dan kembangnya harus lebih diperhatikan.

CEK JUGA : 8 CARA MENANAM JAGUNG MANIS DENGAN MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here