HomeSeputar PertanianIngin punya pohon jambu biji? Cara mencangkok jambu biji

Ingin punya pohon jambu biji? Cara mencangkok jambu biji

Apakah kalian tahu cara mencangkok jambu biji? Sebagian orang mungkin sudah tahu bagaimana cara mencangkok jambu biji tersebut. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara mencangkok jambu bijin untuk kalian yang masih awam atau masih pemula ini merupakan tips dan cara yang bagus untuk kalian. Cara mencangkok merupakan salah satu metode yang sering kali digunakan untuk memperbanyak tanaman. 

Pada umumnya metode pencangkokan ini dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman yang berbatang keras yaitu seperti halnya pada pohon manga, jeruk sampai pohon durian. Apabila kalian ingin memperbanyak pohon jambu biji maka cangkok jambu biji pun dapat dilakukan. Keunggulan dari pemrosesan cangkok ini yaitu bibit tanaman lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan proses perbanyakan dengan biji. Selain hal itu bibit yang ditanam dengan metode cangkok ini akan tumbuh serta berkembang sama persis dengan indukannya. 

Cek juga : Cara budidaya jambu kristal

Artikel ini cocok untuk kalian yang ingin memperbanyak pohon jambu biji dengan menggunakan metode cangkok.

Berikut merupakan langkah-langkah cara mencangkok jambu biji :

Persiapan alat dan bahan

Langkah pertama yang dilakukan dalam cara mencangkok jambu biji yaitu melakukan persiapan alat beserta bahannya yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut beberapa alat serta bahan yang mesti dipersiapkan sebelum memulai pencangkokan yaitu sebegai berikut:

  • Pertama tali rapia
  • Kedua gunting atau pisau yang tajam
  • Ketiga tanah humus
  • Lalu pupuk kandang atau pupuk kompos
  • Plastik dan juga hormon perangsang akar

Itulah alat dan juga bahan yang dibutuhkan dalam pencangkokan jambu biji.

Pemilihan tanaman induk

Langkah kedua dalam cara mencangkok jambu biji ini yaitu pemilihan tanaman induk. Dalam pemilihan tanaman induk memiliki beberapa kriteria tanaman induk berkualitas yang mesti diperhatikan yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, pilihlah tanaman indukan dengan batang yang kokoh
  • Kedua, pastikan juga bahwa kondisi tanaman induknya itu sehat dan juga terbebsa dari serangan hama beserta penyakitnya.
  • Jangan lupa pilih tanaman induk yang mempunyai produktivitas tinggi serta pertumbuhannya yang optimal
  • Terakhir periksalah kondisi cabang, ranting serta dahan pohon indukannya.

Metode pencangkokan

Langkah selanjutnya untuk cara mencangkok jambu biji yaitu metode pencangkokannya. Apabila indukan yang berkualitas telah didapatkan maka langkah ini dilakukan. Adapun beberapa langkah pencangkokan yang mesti dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang dilakukan yaitu mempersiapkan batang pohon indukan yang akan dicangkok. Pada satu ruas batang kalian dapat melakukan banyak pencangkokak
  • Apabila kalian ingin melakukan lebih dari satu cangkokan pada satu batang maka tentukanlah jarak antara cangkokan tersebut minimal 30 cm.
  • Langkah kedua yaitu kupaslah kulit batang yang akan dicangkok tersebut menggunakan pisau yang tajam.
  • Lalu biarkan batang tersebut selama 1 hingga 3 jam sampai batang tersebut mongering
  • Kemudian oleskan juga hormon perangsang akar di bagian kupasan batang untuk merangsang pertumbuhan akar tersebut
  • Selanjutya masukkanlah segenggam tangan tanah ke dalam plastik yang transparan lalu tempelkan pada bagian batang yang akan dicangkok
  • Terakhir siram bagian batang yang sudah dicangkok untuk menjaga kelembaban media.

Pemeliharaan serta perawatan

Selain cara mencangkok jambu biji, kalian juga perlu memperhatikan pemeliharaan dan juga perawatan pencangkokan jambu biji tersebut. Pemeliharaan batang cangkokan ini cukup singkat yakni hanya sekitaran 2 hingga 3 bulanlah saja. Pada tahap ini sangatlah penting sebab akan menentukan kualitas bibit yang akan dihasilkan nantinya. Beberapa tahapan perawatan serta pemeliharaan yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut:

Pemupukan

Pemeliharaan dan perawatan yang pertama yaitu dilakukannya pemupukan pada cangkokan jambu biji tersebut. Kalian dapat memberikan pupuk organik ataupun pupuk anorganik. Gunakanlah 5 kg untuk pupuk kandang yang diaplikasikan setiap dua hingga tiga bulan sekali. Dan untuk pupuk anogranik bisa digunakan beberapa jenis pupuk seperti KCL, NPK serta TSP. Pada pemberian pupuk perlu dilakukan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

 Penyiraman

Perawatan kedua yaitu dilakukannya penyiraman terhadap tanaman cangkok. Penyiraman pada tanaman cangkok ini perlu dilakukan secara rutin di pagi hari dan juga sore hari agar tumbuh dengan baik. Apabila tanaman induk tersebut disiram secara rutin serta terjaga kelembabannya, maka keberhasilan tanaman cangkok akan semakin tinggi dan baik pula.

Penyiangan

Perawatan dan pemeliharaan selanjutnya yakni penyiangan. Supaya nutrisi yang diberikan pada tanaman yang di cangkok dapat terserap secara maksimal, maka dilakukannya penyianagn gulma haruslah dilakukan secara rutin. Kalian pun perlu melakukan sanitasi secara rutin agar dapat mencegah datangnya serangan hama serta penyakit. Dengan adanya penyiangan terhadap hama maka unsur hara akan cepat terserap ke dalam tanaman sehingga tidak akan terbuang percuma.

Pencegahan hama dan juga penyakit

Langkah pada perawatan dan juga pemeliharaan berikutnya yaitu pencegahan hama dan juga penyakit. Lakukanlah penyemprotan fungisida terutama pada saat musim hujan supaya tanaman tersebut terhindar dari serangan hama beserta penyakitnya.

Pemanenan jambu biji

Setelah dilakukannya cara mencangkok jambu biji ini. Maka saatnya pemanenan jambu biji, jambu biji akan berbuah disaat telah berusia 6 bulan jika pembudidayaannya dilakukan dengan cara mencangkok. 

Adapun jenis-jenis jambu biji yaitu seperti berikut:

  1. Jambu Bangkok
  2. Jambu sukun
  3. Jambu krisital
  4. Jambu tanjung barat
  5. Jambu biji getas merah
  6. Jambu Australia

Itulah beberapa cara mencangkok jambu biji yang dapat di praktekan oleh kalian sendiri. Agar dapat mendapatkan bibit cangkokan yang berkualitas, maka kalian harus melakukan teknik pencangkokan yang tepat pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan sekian terimakasih.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here