4 Jenis Pohon Cempaka Serta Berbagai Manfaatnya

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Bunga cempaka merupakan salah satu jenis bunga yang hidup subur di wilayah yang memiliki iklim tropis serta sub tropis. Diantara negara yang menjadi tempat tumbuh bunga cempaka yaitu diantaranya hampir seluruh negara di Asia tenggara, negara di Asia Selatan, hingga negara Tiongkok bagian selatan. Khusus untuk wilayah Indonesia, jenis pohon cempaka dapat dengan mudah ditemukan di Pulau Maluku, Pulau Sulawesi, Pula Jawa, hingga Pulau Sumatera. Bunga yang memiliki nama ilmiah Magnolia champaca syn.mivhelia champaca ini memiliki aroma khas yang sangat wangi. Jenis pohon cempaka ini banyak digunakan sebagai tambahan dekorasi atau hiasan, tetapi ternyata di samping itu bunga cempaka memiliki kegunaan di bidang kesehatan lho.

Mungkin diantara kita banyak yang mengenal bunga ini hanya berwarna putih, namun siapa sangka bahwa ternyata berbagai jenis pohon cempaka . Nah karena memiliki jenis yang bermacam-macam, maka tidak heran bahwa manfaat yang dikandungnya juga berbeda-beda. Sebelum kita menuju ke pembahasan jenis-jenis pohon cempaka, kita akan membahas terlebih dahulu ciri atau karakteristik umum bunga ini.

Pohon bunga cempaka pada saat dewasa mampu tumbuh tinggi bahkan hingga mencapai 30 meter, itu adalah tinggi maksimal. Tetapi perlu diketahui bahwa sangat jarang pohon bunga ini yang berhasil mecapai ketinggian tersebut, rata-rata jenis pohon cempaka hanya akan tumbuh pada rentang ketinggian 15 meter hingga 25 meter saja. Terdapat perbedaan unik antara jenis pohon cempaka dengan jenis pohon lainnya, yaitu untuk pohon bunga cempaka, anda akan menemukan seperti rambut atau bulu halus di bagian pohonnya. Ciri umum selanjutnya adalah pada bagian daun pohon cenderung elastis dan cukup tipis.

Pohon bunga cempaka ini tidak hanya dimanfaatkan pada bagian bunganya saja, tetapi banyak orang dari zaman dahulu yang telah memanfaatkan seluruh bagian pohonnya mulai dari batang, daun, serta kulit untuk berbagai kegunaan.

Kehebatan bunga ini bahkan terkenal hingga ke benua seberang lho, yaitu tepatnya di benua Eropa. Di negara perancis, tanaman ini digunakan untuk salah satu bahan dasar pembuatan parfum, tentu tidak lain karena aroma wangi yang dihasilkan oleh bunga cempaka.

Berikut akan disebutkan beberapa jenis pohon cempaka yaitu diantaranya :

Bunga cempaka putih

4 Jenis Pohon Cempaka Serta Berbagai Manfaatnya

Nah jenis bunga cempaka yang pertama ini sering disebut dengan bunga kantil. Banyak mitos yang menyebutkan bahwa bunga kantil merupakan bunga yang disukai oleh makhluk halus dan banyak digunakan dalam ritual gaib. Terlepas dari berbagai mitos tersebut, bunga cempaka putih sudah sangat terkenal di lingkungan masyarakat. Jenis pohon cempaka putih dapat tumbuh hingga sangat tinggi, yaitu mencapai 30 meter. Karakteristik dari jenis pohon cempaka ini adalah memiliki bulu halus di bagian ranting, serta bulu halus tersebut memiliki warna cenderung abu-abu. Sebelum mekar, bunga cempaka putih akan berwarna hijau lho. Biasanya bunga cempaka putih atau bunga kantil akan digunakan untuk upacara adat seperti pernikahan maupun untuk prosesi pemakaman.

Bunga cempaka merah

4 Jenis Pohon Cempaka Serta Berbagai Manfaatnya

Jenis bunga cempaka yang kedua ini memang tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan bunga cempaka jenis lainnya. Namun perlu diketahui bahwa bunga cempaka merah juga tidak kalah menariknya dengan bunga cempaka warna lainnya lho. Bunga ini memiliki karakteristik berupa bunga berukuran 5 hingga 7 centi serta memiliki aroma yang khas. Keunikan yang dimiliki oleh bunga cempaka ini yaitu waktu mekarnya hanya selama dua jam saja. Setelah melewati waktu tersebut maka akan layu. Karena keunikan dan dapat dibilang cukup langka, maka tidak heran jika harga bunga ini dibanderol cukup mahal, bahkan bisa mencapai 3 juta.

Bunga cempaka ungu

4 Jenis Pohon Cempaka Serta Berbagai Manfaatnya

Karakteristik yang dimiliki oleh bunga cempaka ungu yaitu hanya berbunga ketika memasuki awal musim hujan. Selain itu bunga ini dapat tumbuh subur jika ditanam di tempat yang memiliki hawa sejuk, yaitu pada kisaran suhu 20 hingga 26 derajat celcius. Biasanya tempat dengan suhu tersebut berada di dataran tinggi.

Bunga cempaka kuning

4 Jenis Pohon Cempaka Serta Berbagai Manfaatnya

Bunga cempaka jenis ini memiliki ciri khas mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 25 meter. Bunga cempaka kuning banyak tumbuh subur di wilayah Bali. Karakteristik bunga ini yaitu memiliki bentuk daun yang mirip seperti telur bulat dengan ujung runcing serta daunnya berwarna hijau. Perlu diketahui bahwa bunga cempaka kuning merupakan salah satu identitas dari provinsi Aceh lho.

 Berikut adalah kegunaan bunga cempaka :

Menyembuhkan perut kembung

Problem kesehatan ini biasanya diakibatkan oleh kandungan gas yang berlebihan di dalam perut. Sehingga hal ini menimbulkan sensasi perut seolah-olah penuh dan kencang. Efek yang ditimbulkan dari perut kembung biasanya sensasi kentut terus menerus bahkan hingga dorongan untuk bersendawa secara terus menerus. Untuk mengatasi problem ini anda dapat menggunakan ramuan dari bunga cempaka putih lho sebagai jamu minum.

Mampu mengatasi masalah bau badan tidak sedap

Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa bunga cempaka dapat mengobati bau badan tidak sedap karena bunga ini memiliki ciri khas berupa aroma yang sangat wangi. Dengan menggunakan ramuan dari bunga cempaka, maka bakteri penyebab bau badan akan berangsur hilang dan tergantikan dengan aroma wangi khas yang diciptakan oleh bunga cempaka.

Mengobati penyakit pernapasan

Salah satu penyakit yang menyerang organ pernapasan dan dapat diobati dengan menggunakan bunga cempaka adalah ISPA.

Mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Kandungan berupa alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang dimiliki bunga cempaka akan memperlancar pembentukan urin. Sehingga hal ini akan mendorong kegiatan pengeluaran racun dari dalam tubuh lebih lancar.

cek juga : cara menanam bunga cempaka

Bagikan: