HomeSeputar Pertanian3 CARA MEMBUAT BONSAI ADENIUM, SI CANTIK PENGHIAS RUMAH ANDA!

3 CARA MEMBUAT BONSAI ADENIUM, SI CANTIK PENGHIAS RUMAH ANDA!

Bonsai adenium atau bonsai kamboja merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bunga yang sangat cantik dan memiliki bonggol yang menyerupai umbi. Beberapa informasi yang ditemukan bahwa tanaman adenium ini awalnya hidup di padang pasir yang berada di wilayah Afrika Selatan serta daerah Timur Tengah, namun seiring berjalannya waktu tanaman bonsai adenium ini dapat menyesuaikan pertumbuhannya sehingga menyebar ke berbagai negara di Asia seperti Indonesia, India, Vietnam, Thailand dan Taiwan. 

Cek Juga: Cara membuat bonsai bunga bougenville

Bonsai adenium menjadi salah satu tanaman hias favorit karena keindahan bunga dan bentuknya. Uniknya lagi, banyak sekali tutorial yang menyediakan informasi bagaimana membentuk batang cabang bonsai menjadi bentuk yang diinginkan sehingga menghasilkan gaya bonsai yang unik dan menjadi bonsai yang menarik dan indah.

Cara membuat bonsai adenium ini tergolong tidak sulit, asalkan kita mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan sesuai ketentuan, karena jika kita membuat dan merawatnya dengan benar maka hasilnya juga akan maksimal. Bonsai adenium yang dirawat dan tumbuh dengan baik tingginya dapat mencapai 4 meter jika dilakukan dengan benar. Dan tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat bonsai adenium unik untuk membuahkan bonsai yang bagus dan cantik , berikut cara membuat bonsai adenium unik yang baik khususnya bagi pemula:

Cara mambuat Bonsai Adenium:

Bonggol bonsai adenium yang besar lebih menarik

Cara membuat bonsai adenium yang pertama adalah dalam memperhatikan bonggolnya, karena salah satu bagian unik yang dimiliki oleh bonsai adenium ini yaitu bonggolnya. Dan hal tersebut menjadi salah satu alasan para penggemar bonsai menyukai tanaman bonsai adenium ini. Semakin besar bonggol yang dimiliki oleh tanaman bonsai tersebut, semakin menarik tanaman tersebut. Apalagi kalau bentuk bonggolnya yang unik, hal tersebut semakin menambah daya tarik orang-orang yang melihatnya. Salah satu cara membuat bonsai adenium dalam upaya membesarkan bagian bonggolnya yaitu:

  • Program akar

Salah satu cara membuat bonsai adenium dalam upaya membesarkan bonggolnya yaitu dengan program akar, cara yang satu ini merupakan cara yang sering digunakan oleh para pembudidaya bonsai adenium. Hasil akhirnya biasanya, bonggol akan tumbuh menyerupai kaki gurita. Cara yang dapat dilakukan dengan program ini yaitu: (1) Dengan memotong adenium seperti halnya melakukan stek batang akan tetapi di perbatasan bonggol dan batangnya, (2) kupas kulit ada sekeliling lingkaran bekas botongan adenium tadi, (3) untuk mencegah pembusukan, jamur, dan lainnya oleskan luka tersebut menggunakan obat seperti fungisida atau bawang merah, kemudian biarkan terkena angin hingga mengering (4) gunakan Styrofoam untuk alat penutup luka, (5) tanam kembali adenium akan tetapi tanpa pupuk dasar, (5) penyiraman diusahakan lebih jarang, guna menghindari pembusukan  

  • Mengubur bonggol

Untuk sebagian pembudidaya yang kurang berpengalaman dan tidak mau mengambil resiko, bisa memilih salah satu alternative dalam upaya membesarkan bonggol bonsai adenium dengan menguburnya. Media tanam yang digunakan dalam proses ini yaitu biasanya dicampur dengan bahan bonsai tambahan, diantaranya biji kapuk, pasir gua, dan lainnya. Akan tetapi kelemahannya bahan tersebut agak sulit didapatkan, maka dari itu cukup dengan menguburnya dengan media yang sudah cocok sebelumnya asalkan media yang dipakai tersebut lunak dan gembur.

  • Menggunakan pot bentuk ceper

Penggunaan pot ceper dalam tanaman bonsai adenium dipercaya dapat mempengaruhi pertumbuhan bonggol adenium itu sendiri. Pertumbuhan bonggolnya akan lebih terhambat kebawah dan kemudian akan lebih condong tumbuh ke bagian atas.

Mengatur Pertumbuhan Cabang

Cara membuat bonsai adenium yang selanjutnya yaitu dengan mengatur pertumbuhan cabang adenium, karena tidak hanya pada bagian bonggolnya, bagian cabang pada bonsai adenium ini juga menjadi salah satu daya tarik para pembudidaya bonsai adenium sehingga banyak pembudidaya mempelajari cara memperbanyak cabang adenium dan cara untuk membentuk cabang agar terlihat lebih indah. Tanaman bonsai adenium yang memiliki cabang yang banyak dan rapih memiliki nilai tambah dibandingkan dengan bonsai adenium yang hanya memiliki cabang yang sedikit. Untuk itu, sangat penting dalam merawat cabang adenium itu sendiri.

Salah satu cara untuk merawat cabang bonsai adenium ini bisa dengan memperbanyak pertumbuhan dari bonsai tersebut menggunakan teknik pruning atau pemangkasan. Teknik tersebut digunakan untuk memperbanyak cabang pada bonsai adenium, akan tetapi biasanya cabang-cabang yang dihasilkan belum tertata dan rapih, maka dari itu perlu dilakukan teknik pengawatan guna menghasilkan bentuk cabang yang bagus dan rapih. Salah satu cara membuat bonsai adenium dalam upaya memperbanyak cabangnya, yaitu dengan menggunakan tusuk gigi, berikut cara memperbanyak cabang bonsai adenium dengan tusuk gigi:

  • Waktu pemotongan

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu memilih waktu pemotongan, usahakan dilakukan saat adenium dalam kondisi optimal, saat metabolisme adenium sedang berada pada puncaknya, dan dalam melakukan proses ini dianjurkan dilakukan pada musim kemarau.

  • Posisi tumbuhnya mata tunas

Mata tunas tidak tumbuh dengan sembarangan melainkan akan tumbuh pada bekas daun yang sudah lama gugur. Jika akan membuat 2 cabang baru, maka cari bagian yang memiliki 2 titik daun gugur dan kemudian potong sedikit atasnya.

  • Proses pruning

Proses pruning yaitu melakukan pemotongan dengan menyisakan bagian bawah cabang tersebut sekitar beberapa sentimeter saja. Kemudian pangkas seluruh cabang yang ada samapi gundul, potong cabang yang ada serapih mungkin.

  • Mengoleskan fungisida

Setelah pemotongan cabang, kemudian oleskan fungisida pada setiap luka bekas potongan tersebut.

  • Menancapkan tusuk gigi

Gunakan tusuk gigi yang ditusukkan pada bagian bekas potongan guna merangsang pertumbuhan cabang. Dengan cara potong tusuk gigi menjadi dua bagian kemudian tancapkan tusuk gigi pada setiap luka adenium bekas pemangkasan, pastikan tusuk di bagian tengahnya.

Perawatan Bunga Adenium

Tidak hanya bonggol dan cabangnya, cara membentuk bonsai adenium juga perlu perlu memperhatikan bunganya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar bunga adenium tersebut dapat tumbuh dengan subur, salah satu caranya dengan teknis stress air, caranya dengan adenium tersebut di diamkantanpa disiram selama kurang lebih 1 minggu, kemudian siram adenium dengan larutan NPK sesuai dosis lakukan hal tersebut secara berulang sampai bakal bunga sudah mulai muncul.

Cek juga : Cara membuat bonsai melati

Berikut cara membuat bonsai adenium yang baik khususnya bagi pemula, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here