HomeSeputar PertanianKETAHUI! INILAH 4 MANFAAT TETES TEBU UNTUK TANAMAN

KETAHUI! INILAH 4 MANFAAT TETES TEBU UNTUK TANAMAN

Ada beberapa manfaat tetes tebu untuk tanaman salah satu manfaatnya yang tidak asing lagi terdengar yaitu sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Manfaat tetes tebu untuk tanaman atau molase merupakan suatu hasil dari pengolahan gula dengan tekstur yang cair tetapi tidak juga encer, atau merupakan limbah utama dari pemurnian gula. Untuk mendapatkan tetes tebu tersebut dengan menghancurkan tetes tebu tersebut untuk mengambil air perasannya, setelah diambil kemudian dipanaskan sampai seperti kristal gula, kristal gula tersebut biasanya menghasilkan air, dan air inlah yang sering kita sebut dengan tetes tebu atau molase. 

Proses pemurnian gula tersebut terdiri dari 3 tahapan yang dimana masing-masing tahapannya bisa menghasilkan sejenis produk dari tetes tebu yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Pada umumnya, tetes tebu ini biasanya dimanfaatkan untuk pemanis salah satunya untuk pemanis dalam membuat kue. Akan tetapi perlu diingat bahwa tiap tetes tebu yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan jika dilihat dari nutrisinya tetes tebu ini dipercaya lebih menyehatkan karena kandungan vitamin dan juga mineralnya yang menyehatkan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam tetes tebu yaitu:

  • Kalium, sebanyak 6%
  • Kalsium, sebanyak 3%
  • Besi, sebanyak 5%
  • Mangan, kurang lebih sekitar 13%
  • Magnesium, sebanyak 12%
  • Vitamin B6,  sebanyak 8%
  • Selenium, dengan banyak 6%
  • Tembaga, sebanyak 11%

Berdasarkan kandungan nutrisi pada tetes tebu yang beragam, hal ini menyebabkan tetes tebu ini memiliki manfaat yang beragam salah satunya manfaat tetes tebu untuk tanaman. 

Berikut manfaat tetes tebu untuk tanaman yang perlu kamu ketahui.

Pembuatan Pupuk Organik

Manfaat tetes tebu untuk tanaman yang pertama yaitu berfungsi sebagai pembuatan pupuk organik. Tetes tebu dapat dijadikan salah satu bahan dasar pembuatan pupuk organik yang akan membantu kita menghasilkan tanaman yang berkualitas. Sudah dijelaskan sebelumnya jika tetes tebu ini dapat digunakan untuk campuran dalam pembuatan kompos dengan sistem aerob. Dengan sistem aerob ini bisa dibuat tanpa menggunakan bantuan cetakan atau tutup plastic hitam. 

Tidak sedikit para petani yang lebih memilih membuat kompos dengan sistem tersebut, hal tersebut karena dengan pupuk kompos sistem aerob ini membutuhkan waktu yang lebih cepat saat proses pembuatannya, yaitu memerlukan kurang lebih 7 hingga 10 hari sebelum nantinya akana digunakan. Selain menggunakan campuran tetes tebu, pembuatan kompos dengan sistem aerob juga membutuhkan campuran yang lainnya seperti kotoran ternak, sekam, dedak, jerami, kapur pertanian, dan lainnya. Pupuk organik dengan campuran tetes tebu dapat dimanfaatkan sebagai penyedia unsur hara untuk tanaman, serta membantu meningkatkan populasi mikroorganisme yang sangat bermanfaat di tanah. Dampak positif yang didapat dengan di berinya pupuk kompos organik tersebut maka tanaman akan lebih tahan terhadap serangan penyakit dan juga hama. 

Tetes tebu atau molase mempunyai kandungan konsentrasi kimia yang terbilang cukup rbesar, diantaranya yaitu belerang, besi, potasium, dan zat gizi mikro dari bahan tebu asli. Cara yang sederhana membuat pupuk dengan bahan tetes tebu yakni sebagai berikut:

  • Tuangkan tetes tebu yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam 1 hingga 3 sdm
  • Kemudian, setelah di tuangkan tambahkan air secukupnya 
  • Setelah itu, semprotkan pada daun tanaman atau bisa dengan menuangkan tetes tebu tersebut ke tanah
  • Saat kita menyemprotkan langsung pada bagian daun tanaman tersebut, gula dan nutrisi pada tetes tebu dapat diserap dengan cepat
  • Dianjurkan untuk menggunakan tetes tebu atau molase di kebun, karena memiliki manfaat sebagai tambahan dalam memberantas hama, selain itu juga tetes tebu atau molase ini bisa membantu meningkatkan vitalitas tanaman secara lebih menyeluruh. Sehingga dapat menjadi salah satu upaya dalam mengusir hama atau penyakit lainnya yang dapat mengganggu tanaman.
  • Lakukan proses berikut setiap 2 minggu guna mendapatkan hasil yang baik. Dengan begitu menjadi salah satu cara yang baik, tidak beracun, dan juga dapat menghemat biaya dalam pemeliharaan tanaman kita.

Menyuburkan Tanaman

Manfaat tetes tebu untuk tanaman yang selanjutnya yaitu dapat membantu menyuburkan tanaman. Selain karena mudah dan juga murah, molase atau tetes tebu dapat digunakan sebagai ‘makanan’ bagi tanaman tersebut. Pupuk tanaman dari tetes tebu dipercaya sebagai salah satu cara untuk membantu menumbuhkan tanaman agar subur dan tumbuh dengan sehat. Tidak hanya itu, tetes tebu ini juga dapat membantu kita menghindari tanaman yang kita tanam dari gangguan atau serangan hama yang hinggap pada tanaman. 

Menjaga Kesehatan Tanaman

Manfaat tetes tebu untuk tanaman yang lainnya adalah menjaga kesehatan tanaman. Seperti yang kita ketahui bahwa molase atau tetes tebu merupakan cairan manis yang terbuat dari tebu. Tetes tebu yang merupakan sumber karbohidrat alami dipercaya dapat membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman juga menunjang pertumbuhan yang sehat dan kuat. Bagaimanapun juga tanaman yang kuat dan sehat akan menghasilkan kualitas yang baik pula. 

Perangsang Bunga dan Buah

Perangsang bunga dan buah menjadi salah satu manfaat tetes tebu untuk tanaman. Tidak sedikit para petani yang kebingungan bagaimana cara merangsang bunga dan buah pada tanaman, karena ketika sudah saatnya tanaman tersebut berbunga dan juga berbuah, ada saja hal-hal yang mengakibatkan tanaman tersebut tidak berbuah, jika berbunga pun terus mengalami kerontokan dan hingga akhirnya tidak berbuah. Hal tersebut menjadi salah satu masalah para petani, sebenarnya banyak produk-produk yang berguna untuk merangsang bunga dan buah pada tanaman dengan harga yang cukup pahal, sayangnya tidak semua petani mampu membeli produk perangsang bunga dan buah tersebut. Maka dari itu, sebagai penggantinya dengan bahan dan harga yang murah serta mudah yaitu dengan membuatnya sendiri dan mencampurkan tetes tebu. 

Berikut ulasan mengenai manfaat tetes tebu untuk tanaman. Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu tetes tebu dan apa saja manfaatnya untuk tanaman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here