HomeTanaman ObatCara Membuat Asam Amino dari Daun Kelor

Cara Membuat Asam Amino dari Daun Kelor

Asam amino merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tanaman yang secara langsung dapat diserap oleh tanaman itu sendiri. Asam amino ini bisa dibuat oleh kita sendiri dengan bahan utama yang mudah yaitu seperti daun kelor. Bagaimana cara membuat pupuk asam amino dari daun kelor sebagai bahan utamanya? Di kesempatan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuat pupuk asam amino dari daun kelor. Sebelum memasuki penjelasan pembuatan pupuk asam amino, mari kita mengetahui daun kelor itu sendiri dan fungsi dari asam amino untuk tanaman. 

Cek juga: Cara Menanam Daun Kelor

Mengenal Daun Kelor dan asam amino

Daun kelor (Moringa Oleifera) merupakan  jenis tanaman yang akan kaya nutrisi yang berfungsi sebagai sumber protein yag tinggi bagi tubuh manusia dan mempunyai segudang manfaat lainnya. Selain itu daun kelor ini juga dijadikan sebagai bahan baku / bahan utama untuk membuat pupuk organik cair ataupun padat dengan beberapa kandungan gizi / kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tanaman yaitu seperti zat besi, magnesium, tembaga, kalium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C dan lain sebagainya. 

Cek juga : Cara mengolah daun kelor

Asam amino yaitu zat yang mudah mengkristal, biasanya larut di dalam air, sedikit atau bahkan tidak larut dalam alkohol serta tidak larut sama sekali di dalam air, yang berarti bahwa asam amino lebih mudah larut dalam pelarut polar dan tidak larut dalam pelarut nonpolar. 

Adapun fungsi asam amino sebagai pupuk asam amino yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai sumber tambahan nutrisi nitrogen
  • Agen chelating untuk logam. Asam amino mempunyai fungsi ion logam chelating serta mudah untuk membawa unsur-unsur medium dan juga jejak seperti kalsium, magnesium, besi, mangan, seng, tembaga dan lain sebagainya. yang diperlukan oleh tanaman ke dalam tanaman juga. Asam amino ini mempu meningkatkan pemanfaatan berbagai nutrisi tanaman.
  • Asam amino pada tanaman yakni sebagai promotor dan juga katalis yang memiliki fungsi sebagai sintesis berbagai enzim pada tanaman. Asam amino tersebut sangat mudah berasimilasi dan mudah untuk terurai oleh bakteri bila di dalam tanah sehingga tak cocok untuk digunakan sebagai pupuk dasar dalam tanah. Namun sebaliknya hal itu dibuat menjadi pupuk daun serta disemprotkan pada daun untuk memungkinkan tanaman mampu menyerap asam amino dan juga elemen lainnya melalui daun tersebut.

Nah itu dia kita telah mengetahui apa itu daun kelor dan juga fungsi asam amino bagi tanaman. 

Cara membuat asam amino dari daun kelor: 

Alat dan bahan

  • 1 kilogram daun kelor
  • 10 Liter air beras
  • EM4 Pertanian
  • ½ kilogram gula pasir
  • Air
  • Pisau
  • 1 ons gula jawa 
  • Wadah 
  • Blender 

Tahapan cara membuat asam amino dari daun kelor :

  • Yang pertama dilakukan dalam cara membuat asam amino dari daun kelor  yaitu pisahkan terlebih dahulu daun kelor dari batangnya.
  • Hal kedua yang dilakukan yaitu menghaluskan atau melarutkan 1 ons gula jawa dengan cara diris agar lebih mudah larut.
  • Setelah daun kelor dipisahkan, maka blender daun kelor beserta larutan gula jawa, tambahkan 1 butir telur serta cairan EM4 satu tutup botol. Kemudian blender bahan-bahan tersebut hingga semua bahan tercapmpur dengan merata.
  • Dan yang terakhir dari cara membuat asam amino dari daun kelor ini yaitu masukkan hasil blender tadi pada botol dan tutup rapat-rapat untuk prosesnya fermentasi. Proses fermentasi tersebut berlangsung selama sekitar 1 bulan lamanya.
  • Setelah 1 bulan berlalu, asam amino dari daun kelor tersebut siap digunakan untuk diaplikasikan pada tanaman. Adapun untuk pemakaiannya yaitu memiliki dosis 50 ml asam amino untuk diencerkan ke dalam 1 liter air.
  • Selain bahan-bahan tersebut, untuk mendapatkan asam amino yang lebih bagus lagi direkomendasikan untuk mencampurkan urine atau air kencing kelinci dengan perbandingan yang setara pada ekstrak daun kelor atau anda juga dapat menambahkan air kelapa. Contohnya yaitu dengan satu gelas cairan kental daun kelor, satu gelas lagi cairan air kencing kelinci serta 30 gelas air yang dicampurkan menjadi satu. Untuk air kencing kelinci ini harus sudah berumur fermentasi lebih dari 6 bulan. Serta akan lebih bagus lagi bila telah melewat usia fermentasi selama ssatu tahun. 

Nah itu dia cara membuat asam amino dari daun kelor. 

Cek juga : Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Manfaat asam amino:

  • Asam amino dapat menghindari stress dari lingkungan yakni kondisi stress lingkungan ini yaitu seperti suhu tinggi, kelembaban rendah, kekeringan, serangan hama, banjir ataupun fitotoksik yang diakibatkan oleh pestisida yang mempunyai efek negative terhadap metobolisme tanaman yang mengakibatkan penurunan kualitas serta kuantitas produksi tanaman.
  • Asam amino mampu meningkatkan klorofil serta laju fotosintesis.
  • Asam amino menjadi agen kelasi unsur hara mikro yaitu ikatan kimia antara agen pengkelat ion logam.
  • Asam amino digunakan sebagai hormon pengatur pertumbuhan pada tanaman. Hormon tanaman yaitu seperti auksin, sitokinin, giberelin serta hormone terkait dengan terbentuknya bunga dihasilkan dari sintesis aasam amino.
  • Asam amino untuk mengatur pembukaan stomata, dimana stomata pada tanaman berperan dalam regulasi keseimbangan kelembaban pada tanaman yang melewati proses transpirasi serta membantu pengangkutan nutrisi di dalam tanaman.
  • Asam amino mampu meningkatkan aktivitas mikroba tanah. 

Dan tanaman yang diberi asam amino dari daun kelor tersebut diketahui mempunyai kemampuan untuk tumbuh lebih cepat, lebih kuat serta lebih berat. Asam amino ini juga bisa untuk meningkatkan kadar pH dalam tanah dan menjaganya agar tetap subur dalam waktu yang begitu lama. 

Demikian artikel mengenai cara membuat asam amino dari daun kelor. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk pembuatan asam amino dari daun kelor.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here