HomeSeputar PertanianYUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam bangkok aduan yang memiliki harga yang cukup tinggi, ciri khas ayam Bangkok adalah memiliki tubuh yang gagah dan tinggi serta tatapan matanya yang tajam. Perlu diketahui bahwa jenis jenis ayam Bangkok ada beberapa macam diantaranya ayam Bangkok wiring, wangkas, jail, blorok, dan lain-lain. Banyak orang-orang yang memelihara ayam Bangkok sebagai hobi karena bentuknya yang gagah dan menarik perhatian. Ayam Bangkok mempunyai keunggulan diantaranya memiliki leher yang panjang, ayam Bangkok yang sehat memiliki postur tubuh yang besar, sisiknya berwarna kuning dan rapih, dan lain-lain.

Cek juga : cara merawat ayam bangkok

 Jenis-jenis ayam Bangkok diantaranya sebagai berikut:

Ayam Bangkok wangkas

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Jenis-jenis ayam Bangkok yang pertama adalah ayam Bangkok wangkas, ayam ini biasanya memiliki warna dasar kuning kemerahan atau keemasan. Ayam Bangkok yang satu ini sering dijadikan indukan agar memiliki keturunan dengan kualitas yang baik karena jenis ayam Bangkok ini tidak diragukan lagi, ayam Bangkok wangkas adalah trah atau keturunan juara. Maka dari itu, ayam Bangkok jenis ini dikenal lebih unggul dari pada jenis ayam Bangkok lainnya. Ayam Bangkok wangkas memiliki dua jenis yaitu wangkas emas yang di dominasi dengan warna emas dan wangkas geni yang di dominasi dengan warna merah, namun dari segi keunggulannya kedua ayam tersebut tidak berbeda dan sama-sama unggul.

Ayam Bangkok wiring

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Jenis-jenis ayam Bangkok yang selanjutnya adalah ayam Bangkok wiring, ayam ini memiliki warna dasar hitam, warna bulu rawisnya kemerahan, dan ekornya berwarna kuning kemerahan yang tidak kalah cantik dari jenis-jenis ayam Bangkok lainnya. Menurut pembicaraan orang-orang Thailand, ayam Bangkok wiring biasa dijadikan sebagai persembahan bagi para raja di Thailand. Diketahui ada dua jenis ayam Bangkok wiring yaitu wiring kuning yang di dominasi dengan bulu rawis dominan kuning dan wiring galih yang di dominasi warna kecoklatan atau merah tua. Ayam Bangkok wiring dikenal memiliki keakuratan dalam menyerang lawannya.

Ayam Bangkok pakhoy

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Jenis-jenis ayam Bangkok yang ketiga adalah ayam Bangkok pakhoy, ayam ini berasal dari Myanmar. Jenis ayam ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Ayam Bangkok pakhoy memiliki warna dasar hitam dengan bulu rawis di bagian lehernya yang berwarna merah agak kecoklatan. Jenis ayam ini, tidak diragukan lagi olehorang-orang sehingga tidak heran jika banyak yang mencari jenis ayam Bangkok pakhoy ini. 

Ayam Bangkok jail

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Sama dengan jenis-jenis ayam Bangkok lainnya, ayam Bangkok jail memiliki warna yang tak kalah cantiknya. Ciri khas dari ayam Bangkok jail ini adalah adanya corak bintik kuning, hitam, merah dan putih yang tersusun secara rapih. Ayam jail adalah ayam yang lincah dan aktiv serta agresif, akan tetapi ayam Bangkok jail ini memiliki kekurangan yaitu sering merasa cepat kelelahan atau kehabisan nafas yang disebabkan karena keagresifan ayam Bangkok yang satu ini.

Ayam Bangkok blorok

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Ayam Bangkok blorok adalah ayam yang tidak beda jauh dengan jenis ayam Bangkok jali karena dalam segi warna hampir memiliki warna yang sama dan hampir tidak ada perbedaan. Akan tetapi kita bisa memperhatikan coorak bintik yang terdapat pada ayam Bangkok blorok ini, karena corak bintik ayam jail lebih rapih dibandingkan dengan corak ayam blorok, kemudian ayam Bangkok blorok didominasi dengan warna putih, sedangkan jenis ayam Bangkok jail didominasi dengan warna kuning. Jenis ayam blorok yang sering di incar masyarakat adalah jenis blorok madu, hal ini disebabkan karena ayam blorok madu memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan ayam blorok biasa. Ayam blorok madu memiliki keunggulan dalam kecerdasan bertarung, daya tahan yang kuat, serta warna yang lebih menarik dibandingkan dengan ayam blorok biasa. 

Ayam Bangkok klawu

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Jenis-jenis ayam Bangkok lainnya adalah ayam Bangkok klawu, nama ini diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti ayam Bangkok abu-abu. Sudah terbayang dari namanya, ayam  klawu ini memiliki warna yang didominasi abu-abu. Ayam ini juga menjadi salah satu pilihan dalam ayam aduan, karena memiliki kelebihan pukulan yang lumayan keras, ideal dalam menyerang lawan saat bertarung dan ayam ini bisa mengatur ritme menyerang. Ayam klawu ini dikenal memiliki panggilan sesuai warna yang dimilikinya, misalnya jika berwarna abu-abu dengan corak merah maka disebut klawu geni dan sebagainya.

Ayam Bangkok Mathai

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Ayam Bangkok Mathai memiliki sedikit perbedaan dari jenis-jenis ayam Bangkok lainnya, pasalnya ayam Bangkok Mathai ini adalah persilangan antara ayam Burma dan Thailand. Karena banyak orang-orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan ayam Bangkok yang terbaik dan juara itu salah satunya adalah dengan menyilangkan antar ras ayam. Ayam Bangkok Mathai ini memiliki keunggulan diantaranya yaitu memiliki gerakan yang cepat dan juga mempunyai tehnik bertarung yang kuat. 

Ayam Bangkok Putih

YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Jenis-jenis ayam Bangkok yang terakhir adalah ayam Bangkok putih. Seperti terdengar dari namanya, ayam ini memiliki warna dasar putih. Ayam Bangkok putih ini biasa dijadikan peliharaan karena warnanya yang cantik dan indah. Akan tetapi, jangan salah ayam Bangkok putih ini juga memiliki kemampuan bertarung yang tidak kalah tangguhnya, karena sama-sama memiliki lompatan yang cepat dan pukulan yang keras sama seperti jenis-jenis ayam Bangkok lainnya.

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis ayam Bangkok yang popular sampai saat ini. Seiring berjalannya waktu semakin banyak jenis ayam hasil persilangan yang tidak kalah unggulnya, dan pada dasarnya ayam Bangkok memiliki kelebihannya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here