Cara Budidaya Tanaman Toga di Lahan Sempit

by | Jan 24, 2021 | Tanaman Obat, Budidaya | 0 comments

Bagikan:

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman TOGA atau cara budidaya tanaman TOGA? TOGA diambil dari singkatan Tanaman Obat Keluarga. Komponen TOGA meliputi berbagai jenis tanaman herbal yang memiliki kemampuan menyembuhkan macam-macam penyakit atau sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanaman herbal yang dimaksud adalah dapat berupa bagian-bagian tumbuhan mulai dari daun, bunga, akar, umbi, dan bagian tubuh tanaman herbal lainnya.

Manfaat memiliki TOGA (tanaman obat keluarga) di rumah yaitu selain untuk penyembuh penyakit, juga dapat digunakan sebagai tanaman penambah keindahan di sekitar rumah. Bahkan apabila anda menanam tanaman herbal tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, maka ada peluang untuk dijadikan bisnis lho. Jadi akan berguna untuk tahu cara budidaya tanaman toga, terutama di lahan sempit.

Tanaman yang masuk dalam kategori TOGA diantaranya berupa tanaman herbal dari rempah-rempah, tanaman obat dari tumbuhan berbuah, tanaman obat dari tumbuhan berbunga, dan tanaman obat dari daun tumbuhan.

Contoh Tanaman TOGA

Contoh dari ke 4 jenis tanaman TOGA tersebut diantaranya :

Tanaman obat dari tumbuhan berbuah :

  1. Buah alpukat
  2. Buah papaya
  3. Jeruk nipis
  4. Buah belimbing
  5. Mengkudu
  6. Buah jambu biji
  7. Buah srikaya
  8. Pare

Tanaman obat dari tumbuhan rempah-rempah :

  1. Kunyit
  2. Kayu manis
  3. Kencur
  4. Kapulaga
  5. Jintan hitam
  6. Lengkuas
  7. Jahe
  8. Temulawak

Tanaman obat dari tumbuhan berbunga :

  1. Bunga kemuning
  2. Tanaman kumis kucing
  3. Bunga matahari
  4. Bunga kenop

Tanaman obat dari bagian daun tumbuhan :

  1. Tanaman lidah buaya
  2. Tanaman daun seledri
  3. Daun kelor
  4. Sayuran kangkung

Dan masih banyak lagi jenis tanaman obat yang masuk ke dalam kategori TOGA.

Cara budidaya tanaman TOGA

Untuk memulai cara budidaya tanaman TOGA, yang harus dipersiapkan pertama kali adalah media tanam. Bagi anda yang ingin memulai proses budidaya tetapi hanya memiliki lahan yang sempit, hal ini tidak menjadi masalah. Ada beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan, diantaranya yaitu :

Tips dan trik menanam temulawak di lahan yang sempit

Temulawak memiliki kegunaan sebagai anti inflamasi serta mampu menyembuhkan penyakit hepatitis B dan meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Berikut adalah cara budidaya temulawak apabila terkendala lahan yang sempit :

Siapkan bahan media tanam yaitu berupa tanah, pupuk kandang, serta pupuk kompos. Ketiga bahan tersebut pastikan tercampur secara merata. Selanjutnya siapkan polybag sebagai wadah media tanam. Masukkan bahan yang telah tercampur tersebut ke dalam polybag. Anda juga dapat menggunakan alternatif selain polybag, yaitu adalah menggunakan pot. Langkah ketiga adalah memasukkan bibit yang telah disiapkan ke dalam wadah media tanam. Pastikan bibit yang digunakan adalah bibit yang sehat dan terbebas dari penyakit. Lakukan penyiraman secara rutin dan taruhlah di tempat yang cukup sinar matahari.

Menanam jahe di lahan yang sempit

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat baik digunakan untuk pengobatan atau sekedar sebagai sajian minuman saja, sehingga budidaya tanaman toga ini sangat baik anda lakukan dirumah. Jahe memiliki sensasi yang hangat dan melegakan ketika dikonsumsi, sehingga ampuh untuk mengobati masuk angin, batuk, dan penyakit lainnya. Cara menanam jahe apabila terkendala lahan yang sempit yaitu :

Menyiapkan bahan untuk media tanam yaitu berupa pupuk humus serta pupuk kandang. Komposisi kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1. Pastikan kedua bahan tersebut tercampur secara merata lalu masukkan ke dalam wadah berupa pot atau polybag. Selanjutnya tanamlah bibit jahe dan lakukan penyiraman secara teratur. Pastikan tanah di dalam pot atau polybag tidak berlebihan

Menanam tanaman pare dalam lahan sempit

Tanaman yang satu ini memang terkenal dengan rasa yang pahit apabila dikonsumsi. Namun dibalik itu semua, tanaman pare juga memiliki banyak manfaat lho, diantaranya iatu mampu menyembuhkan penyakit pernafasan, penyakit gula darah, hingga mengobati sulit buang air besar. Jadi jangan ragu untuk budidaya tanaman toga yang satu ini. Berikut adalah cara membudidayakan pare secara sederhana :

Pertama siapkan bahan media tanam yaitu diantaranya berupa pupuk humus serta pupuk kandang. Campurlah kedua bahan secara merata dan masukkan ke dalam wadah berupa polybag maupun pot. Masukkan bibit pare berupa biji pare pada polybag maupun pot yang telah diisi bahan media tanam. Siramlah secara teratur.

Menamam seledri pada lahan sempit

Seledri sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran berbagai masakan seperti misalnya hidangan bakso maupun soto. Dibalik itu, tanaman seledri memiliki kegunaan yang luar biasa lho, yaitu mampu menyembuhkan penyakit ginjal serta asam urat. Karena kegunaan dan khasiatnya yang begitu banyak, budidaya tanaman toga yang satu ini menjadi wajib untuk anda lakukan dirumah. Berikut adalah cara menanam tanaman seledri :

Siapkan biji dari tanaman seledri. Biji yang telah disiapkan tersebut harus direndam menggunakan air hangat kurang lebih selama 60 menit. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian biji seledri tersebut pada media tanam berupa bedengan. Bedengan tersebut tersusun dari tanah dan kompos yang telah dicampur. Komposisi kedua bahan tersebut yaitu 2 : 1.  Perlu diperhatikan bahwa anda harus menggunakan plastic yang bening. Tujuannya adalah agar tanaman seledri tidak menerima air hujan maupun sinar matahari yang berlebihan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan seperti penyiraman yang teratur. Tunggu hingga 30 hari, apabila sudah muncul beberapa daun maka anda dapat memindahkannya ke wadah polybag maupun pot.

Menanam kencur dengan lahan sempit

Kencur banyak diolah untuk menjadi minuman penambah stamina lho, jadi jangan sampai ketinggalan untuk budidaya tanaman toga satu ini ya. Berikut adalah cara menanam kencur yaitu :

Siapkan bagian rimpang dari tanaman kencur yang telah dipotong kecil-kecil. Lalu tanamlah rimpang tersebut pada wadah berupa tanah atau pot. Isi wadah tersebut dengan menggunakan media tanam berupa tanah dengan kaya humus serta pupuk, baik kandang maupun kompos. Lakukan perawatan yang rutin seperti penyiraman maupun pemberantasan gulma.

Itulah beberapa cara budidaya tanaman toga yang mungkin bisa anda lakukan dirumah. Semoga bermanfaat

Bagikan: