8 jenis bunga Bougenville

by | Jan 13, 2021 | Budidaya | 0 comments

Bagikan:

Tanaman bunga bougenville atau sering disebut sebagai bunga kertas merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditemukan di Indonesia. Terdapat beberapa jenis bunga bougenville. Bunga ini memiliki nama ilmiah yaitu Bougainvillea. Biasanya bunga bougenville banyak dibudidayakan di sekitar pekarangan atau taman rumah. Menurut asal usulnya, bunga kertas berasal dari benua Amerika lho, lebih tepatnya bunga kertas berasal dari wilayah Amerika Selatan. Ciri khas yang dimiliki oleh bunga kertas yaitu ia memiliki beberapa kebiasaan seperti salah satunya adalah akan meronttokan beberapa bagian daun ketika memasuki waktu berbunga. Mungkin diantara pembaca penasaran ya, mengapa bunga bougenville memiliki nama lain yaitu bunga kertas ? menurut cerita beberapa nenek moyang, mereka menyebutnya bunga kertas karena tekstur seludang bunga yang sangat tipis dan menyerupai kertas, sehingga muncullah sebutan bunga kertas hingga saat ini.

Namun apakah anda tahu bahwa nama bougenville pada bunga ini berasal dari nama seseorang lho. Lebih tepatnya nama bougenville diambil dari nama seorang prajurit yang berasal dari Angkatan laut Prancis, yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville. Keunikan yang dimiliki oleh bunga bougenville yaitu tidak memerlukan perawatan budidaya yang sulit lho. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemampuan tumbuhnya di wilayah tropis, sehingga khususnya di negara Indonesia, bunga kertas dapat tumbuh subur bahkan mampu mencapai ketinggian 10 meter lho. Karakteristik lain yang dimiliki oleh bunga kertas yaitu memiliki duri pada bagian batang tanaman. Bagi anda yang menginginkan untuk membudidayakan bunga kertas, anda cukup menyiapkan keratin dari bagian batang lalu disemai dan ditaruh pada plastic maupun sejenis pot.

Seperti yang kita ketahui, terdapat beberapa jenis bunga bougenville, yaitu mulai bunga yang berwarna merah, bunga yang berwarna putih, bahkan ada yang berwarna ungu.

Berikut merupakan berbagai jenis bunga bougenville :

Afterglow

8 jenis bunga Bougenville

Jenis bunga bougenville Afterglow ini merupakan salah satu jenis bunga kertas yang banyak difavoritkan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menumbuhkan bunga alias bersemi yang berulang pada kurun waktu 1 tahun. Sehingga kita dapat menikmati keindahan mekarnya bunga Afterglow dalam frekuensi yang cukup sering setiap waktunya. Keindahan jenis bunga bougenville afterglow ini mampu mempercantik sekitar rumah anda, baik ketika anda tanam di pekarangan maupun di kebun. Karakteristik bougenville afterglow yaitu bagian bunga nya berwarna pink, merah, oranye, hingga koral.

California gold

8 jenis bunga Bougenville

Sesuai dengan namanya, warna jenis bunga bougenville ini identic dengan warna emas, yaitu kekuning-kuningan. Lebih tepatnya warnabougenville California gold ini perpaduan antara warna emas dan oranye. Keunikan yang dimiliki oleh bunga bougenville jenis ini yaitu ketika bunga sudah mulai bermekaran atau ketika memasuki semi, ia akan dengan cepat menggugurkan bagian bunga-bunga tersebut. Bunga kertas tipe ini juga memiliki jenis yang sama dengan bunga kertas kuning yang banyak ditanam oleh masyarakat.

Gold rush

8 jenis bunga Bougenville

Secara sekilas, mungkin penampakan dari bunga bougenville jenis gold rush ini hampir sama dengan jenis bunga bougenville California gold. Hal ini didasari oleh warna dasar bunga yang mirip emas, atau kekuning-kuningan. Namun, yang menjadi perbedaan antara bunga bougenville jenis gold rush dengan bunga bougenville California gold yaitu, warna kuning pada bunganya lebih cerah dan terang. Sudah terbayang bukan bagaimana cantiknya halaman rumah kamu jika ditanami dengan bougenville gold rush ?

Bambino baby Allison

8 jenis bunga Bougenville

Wah dari keempat jenis bunga bougenville, baru jenis keempat ini yang memiliki nama yang cukup panjang. Keunikan nama bunga kertas ini ternyata juga dibarengi dengan keindahan kelopak bunganya lho. Karakteristik bunga bougenville bambino baby Allison yaitu memiliki warna merah muda yang lembut. Tidak terlalu mencolok, tapi tetap menarik dan cantik.

Bambino baby lauren

8 jenis bunga Bougenville

Bunga kertas jenis ini memiliki karakteristik yang hamper sama dengan bougenville bambino baby Allison, hanya saja untuk bougenville bambino baby lauren ini warna bunganya cenderung menyerupai keunguan. Tidak kalah dengan jenis bougenville lain, bunga kertas bambino baby lauren juga memiliki aura warna yang lembut serta sangat cocok menghiasi pekarangan rumah anda lho. Perlu diketahui bahwa jenis bambino baby Allison dan bambino baby lauren ini secara umum akan semi ketika memasuki akhir musim semi, awal dari musim panas, serta ketika memasuki purna dari musim gugur.

Baby Victoria

8 jenis bunga Bougenville

Sama dengan bunga bougenville afterglow, bunga kertas baby Victoria ini memiliki keunikan yaitu mampu semi selama satu tahun penuh lho. Dipadukan dengan warna daun yang hijau disertai putih di bagian pinggirnya, akan membuat desain rumah menjadi lebih classy dan elegan. Ciri bunga bougenville baby Victoria yaitu perpaduan ungu dan magenta yang cukup strong.

Cherry blossom

8 jenis bunga Bougenville

jenis bunga bougenville ini tidak kalah unik dan menarik jika dibandingkan dengan keenam jenis bunga kertas sebelumnya. Warna bunga bougenville jenis cherry blossom yaitu cenderung pink, tetapi pada umumnya akan mendekati putih, sehingga kita bisa menyebut sebagai merah muda memudar. Sama halnya dengan bougenville baby Victoria, anda dapat menikmati keindahan bunga bougenville cherry blossom yang mekar sepanjang tahun

Alexandra

8 jenis bunga Bougenville

Bunga kertas jenis ini memiliki karakteristik yaitu bunganya berwarna ungu yang cerah serta ketika memasuki semi, maka bunga akan tumbuh secara rimbun.

Bagikan: