HomeTips SehatManfaat labu kuning untuk ibu hamil dan menyusui

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil dan menyusui

Labu kuning merupakan buah yang sangat terkenal dan banyak juga orang-orang mengonsumsi labu kuning ini untuk dijadikan berbagai macam aneka makanan. Buah ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan ternyata manfaat labu kuning untuk ibu hamil juga lho.  Labu kuning ini merupakan salah satu jenis buah yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil secara teratur dan juga rutin. Buah labu kuning ini memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, C dan juga B6. 

Cek juga : Makanan sehat untuk ibu hamil

Selain itu buah ini mengandung mineral yang penting yaitu zat besi dan juga seng. Pada buah labu yang isinya sekitar 100 gram tersebut memiliki sekitar 25 kalori, 92 gram air, 1 gram protein, vitamin E, K dan lain sebagainya. buah labu kuning ini juga mempunyai kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan mata serta organ tubuh lainnya. Buah ini banyak mengandung vitamin dan juga mineral yang baik untuk ibu hamil. Nah berikut di bawah ini beberapa yang merupakan manfaat labu kuning untuk ibu hamil:

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil dan meyusui

Dapat menjaga kadar gula darah

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil yang pertama yakni mampu menjaga kadar gula rendah. Dimana seorang ibu hamil ini rentan akan mengalami kenaikan gula darah yang berpotensi mengakibatkan diabetes gestasional. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan buah labu ini. Dengan cara dikonsumsi secara rutin, konsumsilah buah labu ini tanpa ada tambahan apapun hanya dengan mengonsumsi labu kuning saja.

Cek juga : 8 Mitos tentang penyakit diabetes

Meringankan keluhan kram kaki

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil yang kedua yaitu dapat meringankan keluhan kram kaki. Pada sebagian ibu-ibu hamil biasanya mengeluh merasakan kram kaki. Kondisi tersebut memang wajar dialami oleh ibu-ibu hamil. Akan tetapi apabila tidak diatasi dengan baik maka kram kaki ini tentunya akan mengganngu ativitas serta kenyaman ibu hamil. Maka dari itu untuk mengurangi keluhan tersebut, ibu hamil disarankan untuk melakukan peregangan, memijat kaki serta memberi kompresan yang hangat pada kaki atau tungkai yang kram. Dan selain hal itu, ibu hamil juga mampu mengatasinya dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, kalium serta magnesium seperti buah labu kuning, pisang, biji-bijan dan lain sebagainya.

Mengatasi kram perut

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil selanjutnya yakni mampu mengatasi kram perut  pada ibu hamil. Kram perut ini yaitu gangguan yang tidak bisa dihindari selama masa kehamilan. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara yaitu salah satunya dengan mengonsumsi buah labu kuning. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada labu kuning mampu membantu meringankan otot perut selama masa kehamilan sehingga mampu menghindari kram perut.

Membantu mengurangi risiko diare

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil berikutnya yaitu dapat membantu mengurangi risiko diare. Dengan mengonsumsi buah labu kuning ini juga ternayata bisa membantu mengurangi risiko diare pada ibu hamil. Selain itu buah labu kuning ini juga dapat mengurangi kemungkinan infrksi pada perut selama masa kehamilan.

Dapat mencegah sembelit

Selain bisa mengurangi risiko diare, manfaat labu kuning untuk ibu hamil juga mampu mencegah sembelit selama masa kehamilan. Supaya lebih nikmat lagi dalam mengonsumsi labu kuning ini, kalian bisa tambahkan dengan plain youghurt sebanyak 1 hingga 2 sendok makan pada labu kuning tersebut.

Membantu perkembangan janin

Manfaat labu kuning untuk ibu hamil lainnya yakni bisa membantu perkembangan janin pada ibu hamil, karena berkat kandungan vitamin, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor dan lainnya yang terdapat pada labu kuning tersebut. Dengan kandungan folat pada buah labu kuning itu baik untuk mendukung tumbuh kembang janin serta mampu mencegahnya mengalami cacat tabung saraf. Supaya bisa mendapatkan manfaat labu kuning secara ideal maka pilihlah labu kuning yang masih segar serta tak sedang mengalami pembusukan yakni tidak mempunyai bercaj hitam san lunak jika disentuh  serta mempunyai batang yang kering.  

Menjaga daya tahan tubuh

Labu kuning ini banyak mengandug gizi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil. Dengan kandungan vitamin dan atioksidan pada buah ini mempunyai peranan penting dan juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil agar tetap kuat. Dan sehingga ibu hamil dapat terhindar dari risiko penyakit.

Menjaga kesehatan mata

Pada buah labu kuning ini mempunyai kandungan vitamin A serta antioksidan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Dengan kombinasi nutrisi tersebut pun dapat menurunkan risiko kerusakan pada sel-sel saraf mata dan retina. Dan selain itu, asupan vitamin A dan lutein yang cukup pun mempunyai tanggung jawab yang penting dalam mendukung pembentukan serta perkembangan pada organ-organ janin seperti jantung, paru-paru, mata, otak, ginjal, tulang serta kulit.

Mampun mengontrol berat badan

Pada ibu hamil kenaikan berat berat merupakan hal yang wajar. Akan tetapi apabila berat badan yang berlebihan pada ibu hamil tidak atur dengan baik maka akan membahayakan kesehatan ibu hamil beserta janinnya. Untuk mencegah kenaikan berat badan pada ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mempunyai banyak nutrisi yang rendah kalori, seperti buah labu kuning ini. Labu kuning memiliki kandungan serat yang bisa membuat ibu hamil kenyang lebih lama.

Jangan lupa apabila ingin mengonsumsi labu kuning tersebut, maka cucilah terlebih dahulu hingg bersih lalu memasaknya hingga matang.

Nah itu dia artikel mengenai manfaat labu kuning untuk ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat untuk para ibu-ibu  hamil dan calon ibu hamil diluar sana. Selain mengonsumsi labu kuning ini, ibu hamil tentunya harus banyak mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar janin beserta ibu hamilnya tetaplah sehat. Dan selain itu jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin ke dokter kandungan ya ibu-ibu hamil. Sekian terimakasih.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here