Beberapa jenis tanaman hias gantung

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tampilan rumah baik dari dalam maupun luar merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Cara membuat rumah agar tampak menarik dapat anda lakukan dengan melalui banyak jalan, salah satunya dengan menambahkan hiasan di depan rumah. Biasanya para ibu-ibu sering menambahkan dekorasi berupa tanaman hias yang ditempatkan di pot maupun polybag di depan rumah. Namun bagi anda yang mungkin memiliki keterbatasan ruang di halaman rumah, anda bisa lho tetap mempercantik tampilan rumah dengan tanaman hias gantung. Uniknya lagi, tanaman hias gantung ini bisa anda tempatkan baik di halaman rumah maupun di dalam rumah. Tidak kalah dengan tanaman hijau lainnya, tanaman hias gantung juga dapat memberikan suasana sejuk dan memproduksi oksigen yang segar. Berikut adalah beberapa contoh tanaman hias gantung yang bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mempercantik desain rumah yaitu diantaranya :

Tanaman sirih gading

Bagi pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Nama lain dari sirih gading yaitu tanaman blaster heart maupun sirih belanda. Secara sekilas memang bagian daun tanaman gantung ini hamper sama dengan daun tanaman sirih yang kita kenal pada umumnya, inilah alasan mengapa tumbuhan hias ini dinamakan sirih gading. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman sirih gading yaitu hanya terdiri atas batang serta daun. Sirih gantung tidak memiliki bunga. Jika anda menempatkan tanaman sirih gading pada suatu pot, maka tanaman ini akan tumbuh dengan menjuntai ke bawah.

Tanaman lili paris

Jenis tanaman hias gantung kedua yang bisa menjadi pilihan anda untuk mempercantik rumah anda yaitu lili paris. Nama lain yang dimiliki oleh tanaman lili paris yaitu spider plant. Tentu dari namanya saja sudah terbayang bukan bahwa bentuk daun tanaman lili paris secara sekilas hamper sama dengan kaki hewan laba-laba. Karakteristik yang dimiliki adalah daunnya berwarna hijau dengan garis putih di sekitar tepinya. Perawatan tanaman ini juga sangatlah mudah, jadi cocok untuk dibudidayakan bagi pemula.

Tanaman kaktus anggur

Tanaman kaktus anggur juga sering disebut dengan tanaman sedum morganianum. Keunikan yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu pada warnanya yang menyerupai anggur, yaitu hijau pucat. Hal inilah yang membuat jenis kaktus anggur ini berbeda dengan kaktus lain pada umumnya. Hingga saat ini sudah banyak rumah minimalis yang menggunakan tanaman kaktus anggur untuk dekorasi.

Tanaman pakis boston

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman pakis boston merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diburu oleh masyarakat. Salah satu hal yang menjadi alasannya adalah penampilan tanaman ini yang menarik dan cantik, cocok dijadikan dekorasi rumah. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman pakis boston yaitu daunnya berwarna hijau yang terang, sehingga akan menambahkan kesan sejuk di ruangan yang ditempatinya. Daun pakis boston juga tumbuh sangat lebat, tentunya hal ini menambah daya Tarik tersendiri. Sama seperti tanaman hias gantung sebelumnya, yaitu tidak memerlukan rangkaian perawatan yang rumit, sehingga tentunya hal ini akan cocok bagi anda yang memiliki kegiatan padat dan tidak memiliki cukup waktu untuk merawat tanaman-tanaman.

Tanaman dischidia geri

Tanaman hias gantung selanjutnya yang cocok untuk dekorasi rumah yaitu discheria geri. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu bentuk bagian daunnya berukuran kecil serta pipih. Selain itu bagian daunnya juga tumbuh secara sejajar dengan batang serta menjuntai ke bawah, tentunya sangat cocok jika dijadikan tanaman hias gantung dan mempercantik ruangan anda. Namun satu hal yang harus anda perhatikan adalah, keunikan tanaman ini dibandingkan tanaman hias gantung lainnya yaitu mengenai kebutuhan cahaya matahari. Tanaman dischidia geri justru tidak akan tumbuh optimal jika anda meletakkannya pada suatu tempat yang terkena banyak sinar matahari. Sehingga anda tidak perlu menempatkan tanaman ini di pintu,, jendela, maupun lahan terbuka, sehingga sangat disarankan bagi anda untuk menempatkannya di bawah pohon naungan atau di dalam rumah yang tidak terkena banyak sinar matahari.

Tanaman peperomia hope

Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu seluruh bagian batang serta daunnya berwarna hijau, namun terdapat sedikit perbedaan yaitu apabila di bagian batang warna hijaunya lebih muda apabila dibandingkan dengan bagian daunnya. Tanaman peperomia hope merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam jenis sukulen. Selain itu keunikan yang dimiliki oleh tanaman ini adalah daunnya yang memiliki bentuk tebal namun agak pipik serta tumbuh dengan menjuntai ke bagian bawah. Sama halnya dengan tanaman hias gantung sebelumnya, tanaman peperomia hope cenderung tidak terlalu menyukai cahaya matahari yang berlebihan, alasannya karena hal tersebut akan membuat warna daun tidak menarik. Sehingga tempatkanlah di tempat yang sejuk dan hangat.

Tanaman cindapsus

Tanaman cindapsus justru memiliki karakteristik yang berbeda dengan kedua tanaman hias gantung sebelumnya. Perbedaannya terletak pada kebutuhannya akan sinar matahari. Tanaman cindapsus membutuhkan banyak paparan sinar matahari, hal ini bertujuan untuk semakin membuat menarik warna pada bagian daunnya. Jika dilihat sekilas, tanaman cindapsus memang sedikit mirip dengan tanaman sirih gading, keduanya sama-sama memiliki daun yang lebar serta pipih dan tumbuh secara menggerombol. Satu hal yang membedakannya yaitu jika pada tanaman cindapsus bagian daunnya terdapat sedikit corak yang berwarna putih. Walaupun tanaman ini membutuhkan banyak cahaya matahari, anda tetap bisa menggunakannya sebagai hiasan di dalam ruangan lho, hanya saja anda harus rutin untuk membawa tanaman ini ke luar ruangan agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Bagikan: