7 Tanaman Obat Alami Nyeri Sendi Yang Ampuh

by | Jun 3, 2021 | Tips Sehat, Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

7 Tanaman Obat Alami Nyeri Sendi Yang Ampuh

Penyakit nyeri sendi dahulu pada umumnya sering menyerang individu yang berusia lanjut, namun saat ini penyakit nyeri sendi dapat menyerang siapapun dan dari kalangan umur muda maupun tua. Seseorang yang menderita nyeri sendi akan merasakan rasa sakit atau semacam rasa tidak nyaman di area persendian. Karena letak sendi ada di hamper seluruh tubuh, maka tidak heran jika penyakit nyeri sendi ini sangat menganggu aktivitas penderitanya. Untuk menyembuhkan nya disarankan mengkonsumsi obat alami nyeri sendi seperti kunyit, lidah buaya, cakar kucing dan tanaman herbal lainnya.

Penyakit nyeri sendi sejatinya adalah gejala yang ditimbulkan oleh beberapa macam penyakit, seperti misalnya penyakit arthritis atau yang sering dikenal sebagai radang sendi maupun penyakit bursitis yang juga sering dikenal sebagai peradangan bantalan sendi. Intensitas dan tingkat keparahan dari nyeri sendi ini juga beragam, yaitu mulai dari level ringan hingga jika dibiarkan terus menerus maka tidak menutup kemungkinan akan berkembang ke level yang akut atau kronis. Misalnya untuk arthritis, adalah radang sendi yang ditimbulkan oleh inflamasi dan memiliki dua jenis, yaitu Rheumatoid Arthritis atau disingkat sebagai RA dan jenis kedua adalah Osteoarthritis yang disingkat sebagai OA. 

Untuk menyembuhkan nyeri sendi, ada beberapa opsi atau pilihan, yaitu menggunakan obat kimiawi maupun menggunakan obat alami atau herbal. Tentunya jika memilih obat kimiawi, biasanya akan timbul efek samping atau pada umumnya disarankan untuk tidak dikonsumsi secara terus menerus dalam waktu yang lama. Opsi lain untuk mengobati nyeri sendi adalah menggunakan obat herbal, yang mana diolah dari tanaman alami dan dipercaya minim efek samping. Diantara tanaman obat alami nyeri sendi yang dapat dicoba yaitu :

1. Kunyit

tanaman obat alami nyeri sendi yang pertama yaitu kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman yang berasal dari kelompok empon-emponan. Selain berguna untuk bahan memasak, kunyit juga sering digunakan untuk ramuan atau jamu. Salah satu kegunaan kunyit sebagai ramuan adalah untuk mengobati penyakit nyeri sendi. Kandungan berupa kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki khasiat untuk mencegah inflamasi, sehingga mampu meredakan nyeri, kaku, maupun pembengkakan di area sendi. Menurut beberapa sumber, keampuhan kunyit sebagai Pereda inflamasi dan rasa nyeri ini setara dengan obat kimiawi NSAID, seperti misalnya ibuprofen.  

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lidah buaya lebih sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut maupun kulit. Namun tahukah anda bahwa lidah buaya memiliki kegunaan lain lho terutama di bidang kesehatan, yaitu bermanfaat sebagai tanaman obat alami nyeri sendi. Satu penelitian yaitu publikasi dari Central Europian Journal of Immunology menyatakan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi ekstrak lidah buaya, maka mampu mengurangi rasa nyeri sendi, terutama jenis osteoarthritis. Karena memiliki kandungan antiinflamasi, maka ekstrak lidah buaya ini mampu mencegah produksi enzim yang memicu peradangan dan diteruskan ke aliran darah. 

3. Cakar kucing

tanaman obat alami nyeri sendi yang ketiga adalah cakar kucing. Tanaman cakar kucing termasuk jenis tanaman alami yang mampu meredakan nyeri sendi. Bagian dari tanaman ini yang dapat dimanfaatkan untuk ramuan Pereda nyeri adalah kulit kayu serta bagian akarnya. Cakar kucing memiliki kandungan berupa anti peradangan, sehingga karena kandungan inilah nyeri sendi yang diakibatkan oleh reaksi inflamasi dapat dikurangi. Menurut beberapa sumber, tanaman ini mampu mengurangi faktor nekrosis tumor, yang mana hal ini hamper setara dengan obat kimiawi untuk rematik.

4. Ekstrak nanas

Masih berkaitan dengan tanaman obat alami nyeri sendi, posisi selanjutnya ditempati olek buah nanas. Buah nanas selain dapat dikonsumsi sebagai hidangan buah-buahan, ternyata juga menyimpan khasiat terutama dalam hal mengobati nyeri sendi. Sejak zaman dahulu, buah nanas sudah terkenal memiliki kemampuan untuk meredakan sensasi rasa nyeri yang ditimbulkan karena peradangan sendi. Kandungan yang dimiliki oleh nanas yaitu bromelain memiliki kegunaan untuk menekan rasa nyeri serta pembengkakan karena peradangan sendi. Namun bagi anda yang memiliki alergi terhadap nanas, perlu dipertimbangkan ya untuk menggunakan buah ini dalam hal pengobatan nyeri sendi

5. Jahe

tanaman obat alami nyeri sendi selanjutnya yaitu Jahe. Tanaman dalam kelompok empon-empon ini sudah menjadi rahasia umum bahwa ia mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman jahe adalah nyeri sendi. Di dalam jahe, ada kandungan berupa anti peradangan, yang mana kandungan senyawa tersebut dipercaya hamper setara dengan ibuprofen yang sering digunakan untuk mengobati rematik atau arthritis. 

6. Teh hijau

Selain untuk diet, teh hijau juga masuk dalam jajaran tanaman obat nyeri sendi lho. Jenis nyeri sendi yang dapat disembuhkan oleh the hijau adalah rheumatoid arthritis. Kandungan di dalam the hijau yaitu berupa polifenol epogallocatechin 3-gallate ini berfungsi sebagai antiinflamasi dan anti oksidan. Sehingga karena kandungan tersebut, selain ampuh untuk mengobati nyeri sendi, anda juga bisa menjaga kesehatan sendi dan tulang menggunakan ramuan the hijau lho. 

7. Cabai rawit

tanaman obat alami nyeri sendi yang terakhir yaitu cabai rawit. Siapa sangka ternyata cabai rawit selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata ia juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit lho. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh ramuan cabai rawit, yaitu adalah nyeri sendi. Cara pengobatannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan minyak zatun, lilin lebah parut, lalu boiler ganda, tabung gelas kaca dan cabai rawit. Selanjutnya panaskan bahan yang telah disiapkan tersebut, apabila sudah siap, gunakan olahan tersebut sebagai obat oles, dan dioleskan secara rutin di area sendi yang terasa nyeri agar mendapatkan hasil yang optimal. Biasanya ramuan tersebut dapat digunakan hingga 10 hari. 

Demikian adalah beberapa tanaman obat alami nyeri sendi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya

Bagikan: