6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Penyakit batu ginjal merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya pengkristalan cairan pada bagian-bagian organ ginjal. Beberapa bagian ginjal yang sering menjadi tempat batu ginjal yaitu diantaranya kandung kemih, saluran kemih, ureter, maupun di dalam organ ginjal. Karena memiliki tekstur yang cukup padat, maka tidak mengherankan jika pengidap penyakit ini akan merasa kesakitan terutama ketika akan buang air kecil. Ada beberapa cara pengobatan bagi penderita penyakit ini mulai dari obat batu ginjal alami yang berasal dari bahan herbal, obat kimia, hingga operasi. Seperti yang kita ketahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital karena berkaitan dengan system ekskresi. Fungsi utama yang dimiliki ginjal adalah untuk mengatur tekanan darah serta bertanggung jawab dalam mengeluarkan hal-hal asing seperti racun yang terkandung dalam darah.

Penyakit batu ginjal bisa muncul salah satunya karena tubuh kekurangan cairan. Kebiasaan seperti kurang minum dapat menyebabkan asupan air tidak memenuhi batas normal. Sehingga hal ini akan berdampak pada kinerja anggota tubuh, salah satunya adalah terganggunya proses penyaringan darah yang terjadi di ginjal. Kebiasaan buruk lain yang dapat menyebabkan penyakit ini muncul yaitu sering menahan diri untuk buang air kecil. Tentunya hal ini menyebabkan potensi terjadinya pengkristalan cairan air seni sehingga membuat penyakit batu ginjal timbul. Apabila diperhatikan, kedua kebiasaan tersebut hanyalah beberapa contoh kecil yang menyebabkan penyakit batu ginjal muncul, tetapi sangat sering dilakukan oleh beberapa diantara kita tanpa disadari. Penyakit batu ginjal tidak bisa dianggap remeh karena memiliki potensi untuk menimbulkan komplikasi dan menyebabkan penderitanya kesulitan dalam system eksresi.

Berbahayanya penyakit tersebut mendorong kita untuk segera mengobati apabila muncul gejala-gejala yang menandakan adanya batu ginjal di dalam tubuh kita. Cara mengobati selain menggunakan obat kimiawi, anda juga dapat memanfaatkan obat alami atau obat herbal yang memiliki kemampuan hamper sama dengan obat kimiawi. Kelebihan penggunaan obat alami yaitu tidak membutuhkan biaya yang mahal, mudah didapat, dan minim efek samping.

Berikut 6 obat batu ginjal alami yang dapat anda coba bagi penderita penyakit batu ginjal :

Air putih

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebiasaan kurang minum air putih merupakan salah satu penyebab seseorang mengidap penyakit batu ginjal. Sehingga solusi dan obat batu ginjal alami yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit batu ginjal yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Sesuai anjuran kesehatan bahwa banyaknya air minum yang harus dikonsumsi dalam sehari adalah minimal 8 gelas. Sehingga jika kita minum air putih cukup, maka kinerja ginjal akan lebih ringan serta kemungkinan penumpukan mineral di dalam ginjal akan kecil. Saat ini di toilet-toilet umum sudah banyak dipasang informasi mengenai hubungan warna urine dengan kondisi kesehatan, semakin pekat warna urine, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat tumpukan mineral yang besar, sehingga akan menganggu kinerja ginjal.

Air lemon

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Obat batu ginjal alami selanjutnya adalah buah lemon. Buah lemon memiliki kandungan berupa sitrat, yang mana sitrat memiliki kemampuan dalam mengurangi potensi terbentuknya kalsium pada tubuh. Penelitian lain menyebutkan bahwa air lemon mampu memecah batu yang ada di dalam ginjal, sehingga ureter menjadi tidak tersumbat lagi.

Cuka apel

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Selain berfungsi untuk obat jerawat, cuka apel juga berfungsi sebagai obat batu ginjal alami. Cairan fermentasi dari apel ini memang dikenal memiliki aroma yang cukup tajam, tetapi memiliki seribu manfaat bagi tubuh. Sari dari cuka apel ini memiliki kemampuan dalam memecah dan menghancurkan batu ginjal lho. Fungsi lain yang dimiliki oleh cuka apel yaitu diantaranya dapat mengurangi sensasi rasa sakit akibat munculnya batu ginjal tersebut. Namun tetap saja sebelum menggunakan cuka apel untuk obat, anda terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan tenaga ahli, baik dokter maupun tenaga kesehatan lainnya.

Seledri

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Obat batu ginjal alami senajutnya adalah seledri. Sayuran yang satu ini sering kita temukan di berbagai olahan masakan, salah satunya adalah di makanan soto. Selain dimanfaatkan untuk sayuran, seledri juga dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam seledri yang dapat menghilangkan racun di dalam tubuh serta dapat menghilangkan mineral yang menumpuk pada ginjal yang berupa Kristal. Beberapa kandungan yang dimiliki seledri yaitu diantaranya antioksidan dan suatu senyawa yang membuat produksi air seni meningkat. Tentunya hal tersebut akan mengurangi potensi pengkristalan urine.

Buah delima

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Sejak zaman dahulu, buah delima dimanfaatkan untuk salah satu bahan pengobatan tradisional dan dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya sebagai obat batu ginjal alami. Kandungan di dalam buah delima yaitu mampu meningkatkan kinerja dan fungsi dari organ ginjal. Sehingga Kristal yang terbentuk akan hancur dan larut serta delima juga mampu menghilangkan racun di dalam tubuh karena berperan sebagai anti oksidan.

Kumis kucing

6 Obat batu ginjal alami bagi anda yang terkena penyakit batu ginjal

Tanaman ini sudah dikenal luas oleh masyarakat karena mampu dimanfaatkan untuk obat batu ginjal alami. Kandungan di dalam kumis kucing berupa anti oksidan, anti inflamasi, serta anti bakteri dapat membuat penyakit ini hilang dari tubuh penderitanya. Mekanisme kumis kucing dapat menyembuhkan sakit batu ginjal yaitu dengan merangsang kita untuk buang air kecil, sehingga potensi pengkristalan akan rendah dan sakit batu ginjal bisa teratasi. Selain dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit batu ginjal, ternyata kumis kucing juga mampu menyembuhkan sakit asam urat lho. Kandungan di dalam kumis kucing dapat mengontrol kadar asam urat sehingga tidak melebihi batas normal.

Bagikan: