HomeTanaman Obat7 Manfaat Daun Tapak Liman yang Perlu Anda Ketahui

7 Manfaat Daun Tapak Liman yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman yang memiliki nama latin yaitu Elephantopus Scaber L. ini merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan tumbuh liar di Indonesia. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di pinggiran sawah atau jalan. Pada mulanya, tanaman ini berasal dari wilayah India serta Mexico, namun seiring dengan perkembangannya, tanaman tapak liman sudah menyebar ke berbagai benua, mulai dari Amerika, Asia, eropa, Australia, hingga Eropa. Tenyata manfaat daun tapak liman ini sangat beragam khususnya dibidang kesehatan.

Ciri khas atau karakteristik yang dimiliki oleh tanaman tapak liman yaitu diantara adalah mampu tumbuh tinggi, yaitu mulai 10 cm hingga 80 cm. selain itu,dalam satu bagian, ia memiliki 6 helai daun, yang mana daun tersebut berbentuk seperti kelopak daun tumbuhan spatulate, dengan ujung daun yang berbentuk membulat. Bagian daun tanaman tapak liman ini memiliki Panjang yaitu 3 cm hingga 8 cm, dengan lebar 1 cm hingga 6 cm. Tanaman tapak liman ini memiliki ciri unik yaitu memiliki rasa yang cukup pahit, serta pedas. Selain itu, sensasi yang dimilik oleh tanaman ini yaitu memberikan efek sejuk. Daun tanaman tapak liman ini memiliki warna hijau tua dan sering ditemukan tumbuh Bersama jenis rerumputan lain.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat daun tapak liman cukup beragam, khususnya di dunia Kesehatan. Berikut adalah 7 manfaat daun tapak liman yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsinya ;

1. Daun tapak liman ampuh dalam mengobati penyakit diabetes

manfaat daun tapak liman yang pertama adalah mampu menyembuhkan penyakit gula darah atau diabetes. Penyakit diabetes atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit gula adalah suatu kondisi gangguan Kesehatan yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Penyakit diabetes ini memiliki 2 golongan, yakni diabetes tipe I dan diabetes tipe II. Penyakit ini harus segera ditangani karena jika dibiarkan akan menimbulkan dampak yang lebih kronis lagi, seperti misalnya komplikasi atau pembusukan di bagian tubuh yang luka, sehingga penderita diabetes ini sebisa mungkin jangan sampai memiliki luka. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes adalah dengan ramuan daun tapak liman. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan berupa trienolida. Kandungan tersebut memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga secara lebih lanjut senyawa tersebut akan memberikan stimulant sehingga insulin diproduksi dalam pancreas. Insulin berguna untuk mengubah gula menjadi energi.

2. Daun tapak liman efektif dalam mencegah perkembangan kanker di dalam tubuh. 

manfaat daun tapak liman yang kedua yaitu dapat mengobati kanker. Kanker merupakan Salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang timbul darai pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak bisa terkontrol. Salah satu ramuan alami yang bia digunakan untuk mengobati kanker adalah daun tapak liman. Hal ini selaras dengan salah satu penelitian tahun 2012 yang menyebutkan bahwa kandungan senyawa sesquiterpene lactones yang ada di dalam daun tapak liman efektif sebagai anti kanker. 

3. Daun tapak liman mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh

Selanjutnya masih berkaitan dengan manfaat daun tapak liman , yaitu mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas biasanya akan menyebabkan berbagai macam penyakit dan problem Kesehatan jika masuk ke dalam tubuh. Kandungan anti oksidan yang dimiliki oleh daun tapak liman ini salah satunya mampu mencegah radikal bebas. Selain itu zat anti oksidan mampu menghambat kerusakan sel di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Resiko lebih parah yaitu jika radikal bebas masuk ke tubuh dalam jumlah besar, maka aka nada potensi tubuh terserang kanker.

4. Daun tapak liman mengandung senyawa yang bersifat antimikroba

Manfaat daun tapak liman selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi mikroba. Mikroba yang menginfeksi tubuh seseorang akan menyebabkan gangguan Kesehatan yang beragam, seperti misalnya adalah penyakit influenza, hingga batuk serta pilek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi dari mikroba tersebut adalah melalui konsumsi ramuan daun tapak liman. Diketahui bahwa di dalam daun tapak liman terdapat kandungan yaitu yang bersifat anti mikroba, sehingga secara tidak langsung ia dapat menekan pertumbuhan dan perkembangan mikroba di dalam tubuh.

5. Daun tapak liman bermanfaat sebagai antiseptic

manfaat daun tapak liman kelima adalah memiliki kemampuan yang setara dengan zat antiseptic. Hamper sama dengan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, daun tapak liman memiliki kegunaan untuk menekan dan memperlambat perkembangan mikroorganisme yang tumbuh di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa mikroorganisme adalah salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit. Selain itu, dengan memanfaatkan ramuan daun tapak liman, maka ia bisa membantu untuk mengatasi luka serta dapat meredakan sakit demam, misalnya menurunkan suhu tubuh.

6. Daun tapak liman efektif dalam menjalankan peran sebagai antihepatotoksik

manfaat daun tapak liman keenam yaitu mencegah kerusakan hati. Hepatotoksik adalah kondisi dimana terjadi kerusakan hati yang diakibatkan oleh paparan zat kimia, racun, dan sejenisnya. Untuk mengatasi problem Kesehatan hepatotoksik, salah satu cara yang disarankan adalah dengan menggunakan obat alami, yaitu ramuan daun tapak liman. Di dalam daun tapak liman terdapat kandungan senyawa yang memiliki kegunaan sebagai anti hepatotoksik. Pernyataan ini didapatkan dari hasil penelitian pada tikus, yang mana terbukti bahwa senyawa di dalamnya mampu mengobati kerusakan pada organ hati. Senyawa yang bersifat antihepatotoksik ini juga bisa ditemukan dalam tumbuhan lain seperti danggui, akar teki, serta temulawak

7. Daun tapak liman berguna untuk mengobati diare 

manfaat daun tapak liman yang terakhir yaitu mengobati diare. Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan beresiko untuk membuat tubuh kehilangan cairan jika tidak segera ditangani. Senyawa dalam daun tapak liman menurut beberapa sumber memiliki kemampuan dalam mengobati problem Kesehatan tersebut. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh pengobatan tradisional masyarakat Nepal yang telah lebih dulu memanfaatkan ramuan daun tapak liman dalam menyembuhkan keluhan diare. 

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here