4 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Buah ciplukan merupakan jenis tanaman yang kerap kita temui tumbuh secara liar. Anda bisa menemukan buah ciplukan tumbuh secara liar di wilayah persawahan, ladang, maupun kebun. Rasa khas yang dimiliki oleh buah ini adalah sedikit masam namun ada sensasi rasa manis juga. Dahulu buah ini hanya sekedar dikonsumsi oleh anak-anak ketika bermain di sawah, namun siapa sangka ternyata buah ini menyimpan beribu manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Banyak kandungan zat dan senyawa yang penting dan memiliki kemampuan dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah ini juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tubuh manusia. Maka dengan gambaran singkat tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa tidak heran jika saat ini jenis tanaman ini banyak diburu oleh masyarakat, baik yang ingin untuk menyembuhkan penyakit maupun untuk sekedar menjaga kesehatan dan kebugaran. Berikut akan dijelaskan masing-masing kegunaan buah ini beserta step atau langkah dalam mengolahnya untuk menjadi obat. Diantara kegunaannya adalah sebagai berikut :

Mampu mengobati sakit batuk dan flu

Penyakit yang sering disebabkan oleh virus ini banyak menyerang manusia, baik kategori anak-anak maupun individu yang berumur dewasa. Kegunaan buah ciplukan dalam mengobati penyakit flu dan batuk ini dikarenakan memiliki kandungan zat atau senyawa yang tinggi akan antioksidan. Karena memiliki antioksidan yang tinggi, maka mampu mengikat radikal bebas di dalam tubuh serta mampu mengobati kedua jenis penyakit tersebut. Cara mengkonsumsi buah ciplukan untuk dijadikan obat herbal dalam menangani flu dan batuk adalah sebagai berikut :

Sediakan tanaman ciplukan. Lalu potonglah keseluruhan bagian dari tanaman ini. Masing-masing potongan memiliki ukuran 3 hingga 4 cm. setelah terpotong dengan rapi, maka langkah selanjutnya adalah penjemuran. Jemur bagian buah ciplukan tersebut hingga kering. Setelah itu, bungkus dengan rapat. Hal ini bertujuan supaya tidak lembap. Karena dibungkus, maka bagian tanaman ciplukan tersebut mampu tahan lama dan dapat digunakan sewaktu-waktu ketika butuh. Untuk mengolah dan menjadikan obat flu, sediakan 9 hingga 15 gram dari bagian tanaman ciplukan yang sudah kering tersebut. Lalu selanjutnya rebus dengan air hingga mendidih. Hasil rebusan tersebut ditunggu hingga air menjadi hangat dan ramuan dapat dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka konsumsilah secara rutin, yaitu 3 kali dalam sehari. Selain mampu mengobati penyakit flu maupun batuk, ternyata ramuan ini juga mampu menyembuhkan bronchitis dan gondongan

Menyembuhkan diabetes

Penyakit diabetes sering disebut juga dengan penyakit gula darah. Kandungan glukosa yang tinggi di dalam darah jika tidak ditangani secara cepat dan tepat maka dikhawatirkan akan berakibat fatal yaitu memampu menciptakan berbagai penyakit komplikasi. Menurut beberapa sumber, buah ciplukan memiliki kandungan atau senyawa yang mampu menurunkan kadar glukosa di dalam darah, sehingga secara sederhana buah ini mampu mengatasi problem dari penyakit diabetes ini.Selain itu, kandungan phyto chemicals berupa polifenol dan karoten yang dimiliki oleh buah ciplukan ternyata juga dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah, sehingga secara tersembunyi buah ciplukan juga mampu mengobati hipertensi. Biasanya hipertensi ditimbulkan oleh adanya kolesterol di dalam tubuh yang bersifat jahat, dan nantinya akan berdampak pada kerja jantung menjadi meningkat.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah ciplukan, selain mengobati hipertensi, maka secara tidak langsung juga dapat mengatasi masalah berupa kadar kolesterol jahat maupun jantung. Cara pengolahan buah ciplukan untuk mengobati diabetes kurang lebih hamper sama dengan ketika mengolah untuk dijadikan obat flu dan batuk, tetapi ada sedikit perbedaan yaitu ketika melalui langkah perebusan. Ketika merebus bagian dari tumbuhan ciplukan yang sudah dikeringkan, gunakan air sebanyak 2 gelas. Tunggu hingga mendidih sampai menyisakan satu gelas air. Setelah itu diamkan hingga ramuan dingin. Untuk memisahkan ampas dan air, maka gunakan saringan. Namun ampas yang telah disaring jangan langsung dibuang ya, hal ini dikarenakan ampas tersebut dapat direbus sekali lagi untuk membuat ramuan. Agar pengobatan diabetes bisa menghasilkan hasil yang optimal, maka konsumsilah secara rutin, yaitu setiap pagi dan sore.

Mengobati penyakit paru-paru

Penyakit yang menyerang organ pernapasan memang merupakan suatu penyakit yang fatal apabila tidak disembuhkan secara cepat. Dalam melakukan pengobatan, anda dapat memilih jalan alternative yaitu dengan mengolah tumbuhan ciplukan. Secara umum, mulai dari pengeringan hingga penyimpanan, step nya sama dengan kedua pengobatan sebelumnya. Namun perbedaannya terletak di langkah perebusan. Ketika masuk langkah perebusan, masukkan air kurang lebih 3 hingga 5 gelas. Tungggulah hingga mendidih. Lalu selanjutnya diamkan ramuan hingga dingin, jangan lupa untuk disaring dari ampas dan airnya ya. Ramuan tersebut dapat diminum sebanyak tiga kali dalam sehari. Konsumsi lah secara rutin agar pengobatan dapat memberikan hasil yang maksimal

Memiliki kemampuan dalam mengobati vertigo

Vertigo adalah sensasi rasa sakit pada kepala hingga seolah-olah sekeliling kita berputar. Cara mengobati vertigo yaitu bisa menggunakan obat kimiawi maupun obat alami. Nah untuk obat alami, anda dapat memanfaatkan ramuan dari tumbuhan ciplukan. Sama dengan step-step pengobatan penyakit sebelumnya, yaitu merebus bagian tumbuhan ciplukan yang sudah kering bersamaan dengan air yang mendidih. Lalu apabila sudah mendidih, tunggulah hingga dingin, jangan lupa untuk melakukan penyaringan agar terpisah antara air dan ampas. Konsumsilah ramuan herbal tersebut secara rutin, yaitu dengan mengkonsumsi 3 kali dalam sehari.

Bagikan: