HomeTips SehatTau manfaat Ginseng merah korea?. Ini cara mengkonsumsinya

Tau manfaat Ginseng merah korea?. Ini cara mengkonsumsinya

Siapa disini yang suka menonton drama korea ? pasti tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini bukan. Biasanya ginseng merah ini dikonsumsi dalam bentuk ekstrak, minuman, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman ginseng merah ini memiliki banyak kegunaan. Manfaat ginseng merah korea juga sangat banyak loh khususnya di dunia kesehatan dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

cek juga info tentang : manfaat pasak bumi untuk kesehatan dan cara mengkonsumsinya

Bukan hanya untuk baru-baru ini lho, manfaat ginseng merah korea sebagai bahan pengobatan sudah dilakukan sejak zaman dahulu lho. Beberapa kandungan yang ditemukan dalam tanaman ginseng merah ini yaitu diantaranya ada minyak atsiri yang memberikan sensasi rasa agak pedas, lalu ada kandungan sterol, polisakarida, pektin, gula, hingga berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, dan masih banyak lagi kandungan senyawa mikro lainnya. Banyaknya kandungan baik dalam ginseng merah sejalan dengan beragamnya manfaat dan khasiat yang bisa anda rasakan ketika mengonsumsinya. 

Berikut adalah sekilas beberapa manfaat ginseng merah korea :

Ginseng efektif digunakan sebagai anti aging atau membuat tubuh tetap awet muda

Sifat anti aging atau pencegahan penuaan dini saat ini banyak dimasukkan ke dalam komponen pembentuk skin care. Nah ternyata selain menggunakan produk skincare, anda juga bisa lho memanfaatkan bahan alami yang tentunya mampu meminimalisir penggunaan zat-zat kimiawi, yaitu salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ginseng. Kandungan di dalam ginseng yang mampu menghambat munculnya tanda penuaan yaitu antioksidan. Antioksidan yang cukup tinggi di dalam ginseng memilikik kemampuan dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, yang mana radikal bebas tersebut dapat merusak sel yang sehat.

Ginseng korea dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes

Mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea secara rutin dapat membantu tubuh dalam mengontrol gula darah di dalam tubuh. Sehingga penyakit diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang berlebih bisa dicegah. Bagian dari ginseng merah yang bisa dimanfaatkan adalah akar, daun, dan buahnya.

Ginseng merah dapat dimanfaatkan untuk meredakan stress

Dengan mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea secara rutin, anda akan merasakan efek yaitu saraf dan tubuh lebih rileks. Sehingga kondisi emosi yang tidak stabil berupa stress bisa diredakan. 

Mampu mengoptimalkan kinerja otak

Menurut beberapa penelitian salah satunya dari The Cochrane Library menyatakan bahwa ginseng memiliki kegunaan untuk mengoptimalkan kognitif seseorang lho. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan di dalamnya yang bisa meningkatkan tingkat focus dan konsentrasi seseorang.

Namun walaupun memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti yang dipaparkan sebelumnya, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi secara terus menerus setiap hari lho. Menurut beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahwa cara mengkonsumsi ginseng merah korea yang optimal yaitu kurang lebih 3 kali dalam satu minggu. 

Berikut adalah beberapa cara mengkonsumsi ginseng merah korea yang aman dan benar :

Pastikan ginseng yang akan diolah dalam kondisi yang baik dan berkualitas

Cara mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea yang pertama adalah pastikan kualitasnya. Ginseng merah korea yang memiliki kualitas tinggi tentunya akan mengandung senyawa baik yang tinggi pula. Jangan memilih ginseng yang sudah busuk atau dalam keadaan terinfeksi virus ya

Perhatikan takaran konsumsi

Cara mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea yang kedua adalah pastikan dosis atau takaran. Dosis atau takaran sangat penting untuk diperhatikan, karena jika kita mengkonsumsi dalam kadar yang berlebihan, yang terjadi justru akan timbul efek samping yang buruk pada tubuh, padahal niat kita untuk mengkonsumsi ginseng agar tumbuh jadi lebih sehat bukan ?

Mengkonsumsi ginseng merah dalam bentuk produk jadi

Cara mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea ketiga adalah dengan pembelian produk jadi. Saat ini sudah banyak toko atau apotek yang menjual produk ginseng merah dalam kemasan. Dan tentunya cara ini lebih mudah dan lebih simple dibandingkan dengan mengolah secara mandiri. Di dalam kemasan juga sudah tercantum frekuensi atau dosis yang dianjurkan untuk konsumsi untuk berbagai golongan usia. Biasanya dosis optimal dalam mengkonsumsi ramuan ginseng ini 2 hingga 3 gram dalam satu hari, namun jika anda masih baru dalam konsumsi ginseng, maka cobalah dahulu untuk mengkonsumsi 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.

Mengkonsumsi ginseng merah dalam bentuk teh

Cara mengkonsumsi manfaat ginseng merah korea yang keempat yaitu melalui pengolahan teh. Selain membeli produk jadi, ada alternative lain jika anda ingin membuat ramuan secara alami, yaitu dengan diolah sebagai teh. Tentunya untuk cara ini anda memerlukan bagian akar ginseng yang telah diiris. Dan selanjutnya irisan tersebut dimasak menggunakan wadah berupa panic yang berasal dari gelas maupun perak ya, hal ini bertujuan agar nutrisi baik di dalam ginseng tidak rusak ketika direbus. Lakukan perebusan selama kurang lebih 60 menit.

Mengkonsumsi ginseng dalam bentuk bubuk

cara mengkonsumsi ginseng merah korea yang kelima adalah dengan mengolahnya menjadi bubuk. Bubuk ginseng ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan, atau dalam bentuk kapsul. Jika anda mengkonsumsi dalam bentuk kapsul, maka perhatikan dosis yang dianjurkan oleh dokter ataupun tenaga kesehatan. Selain dimasukkan dalam kapsul, bubuk ginseng juga bisa dikonsumsi dengan menempatkan bubuk di bawah lidah, tujuannya yaitu agar kandungan di dalam bubuk ginseng ini dapat diserap ke dalam tubuh secara langsung.

Mengkonsumsi ginseng dengan oral

Cara mengkonsumsi ginseng merah korea yang terakhir yaitu melalui aktivitas oral yaitu dengan metode pengunyahan. Jadi siapkan terlebih dahulu akar tanaman ginseng merah kore yang sudah kering. Jika sudah disiapkan, lakukan perebusan secara singkat, kurang lebih dengan durasi 5 menit saja. Rebuslah dengan menggunakan air mendidih. Tujuan dari perebusan ini agar akar ginseng menjadi lebih empuk. Setelah direbus, tiriskan dan tunggu hingga hangat. Kunyahlah akar ginseng tersebut layaknya kita mengunyah permen karet. 

Nah sobat, itulah sedikit tips cara mengkonsumsi ginseng merah korea. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba ya.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here