HomeTanaman Obat15 Manfaat Tanaman Kunyit

15 Manfaat Tanaman Kunyit

Manfaat tanaman kunyit merupakan pembahasan yang tidak asing lagi untuk didengar. Manfaat tanaman kunyit yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga sebagai pelengkap bumbu dapur membuat tanaman ini sangat mudah di temui karena pembudidayaannya yang mudah. Dengan menanam atau membudidayakan tanaman kunyit orang-orang bisa merasakan manfaat tanaman kunyit secara maksimal. Untuk merasakan manfaat tanaman kunyit bisa dikatakan orang-orang memanfaatkan semua bagian tanaman kunyit untuk berbagai kebutuhan. Karena kunyit tidak hanya mampu memberikan manfaat secara kesehatan namun, juga sebagai penunjang kebutuhan lain. Maka, tumbuhan ini sangat berperan di kehidupan manusia.

Cek juga info tentang : 15 manfaat kunyit, suplemen imunitas tubuh hingga detoksifikasi racun

Kunyit memiliki nama latin  Curcuma longa Linn merupakan tanaman rempah-rempah dan juga tanaman obat yang menjadi ciri khas wilayah Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia biasa mengonsumsi tanaman kunyit yaitu sebagai pelengkap bumbu masakan atau diminum sebagai jamu untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman kunyit tergolong dalam kelompok tanaman jahe-jahean. Daun kunyit memiliki bentuk memanjang runcing dibagian ujungnya hampir mirip dengan daun bambu, dengan ukuran yang besar, dan warna daun hijau muda cerah dengan permukaan yang mengkilat.

Manfaat tanaman kunyit yang dapat dirasakan begitu banyak. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari daun kunyit, 

berikut penjelasan mengenai manfaat tanaman kunyit :

Tanaman kunyit sebagai pemberi warna alami pada makanan

Kunyit mampu menjadi alternatif sebagai pewarna makanan, ada baiknya jika memiliki kunyit menggunakan kunyit saja, karena pewarna buatan juga akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Pemberi rasa dan aroma yang khas pada masakan

Masakan yang menggunakan kunyit yaitu seperti gulai, rendang, pangek, ayam/ikan bakar, kalio, bubur manado, woku, dan lain sebagainya. Selagi ada bahan herbal, bumbu masakan herbal alangkah baiknya menggunakan yang herbal saja. Karena, mengonsumsi penyedap makanan atau biasa disebut micin dalam jangka panjang itu tidak baik dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Daun kunyit sebagai pengurang bau amis pada daging-dagingan

 Bau amis pada  daging terkadang mampu mengganggu lingkungan lainnya menjadi penyebab hadirnya lalat yang pastinya jika makanan di hinggapi lalat itu tidak baik untuk kesehatan karena lalat adalah sumber dari segala virus dan bakteri. Oleh karena itu, daun kunyit dapat menjadi alternatif masalah tersebut.

Manfaat tanaman kunyit selanjutnya yaitu sebagai obat batuk.

Karena, kunyit memiliki sifat antiradang dan antibakteri, sehingga kunyit mampu menjadi solusinya. Obat batuk dari kunyit dapat dibuat dengan memarut kunyit dan jahe sebesar kelingking kemudian seduh parutan jahe dan kunyit tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis. Obat herbal batu ini dpat dikonsumsi dua kali sehari.

Manfaat tanaman kunyit mampu mengobati radang.

 Kurkumin yang terkandung pada kunyit merupakan antioksidan yang mempunyai efek antiradang poten, dimana mampu menghentikan kerja enzim dan sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Sehingga mampu mengurangi radang dan mapu meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

Kandungan kurkumin pada kunyit mampu diresap kedalam aliran darah dan mengurangi tekanan pada perut

Hal ini menyebabkan tekanan pada perut akan teras ringan dan lega hingga dapat mengurangi rasa mual. Jika ingin hasil yang lebih maksimal dapat menambahkan air kunyit dengan lada hitam, karena lada hitam mengandung piperin yang dapat mempercepat proses kinerja dari kurkumin.

Manfaat tanaman kunyit selanjutnya yaitu mampu mengatasi perut kembung.

 Masih dengan kandungan kurkumin, kurmkumin membant mengurangi tekanan gas pada perut sehingga dapat membantu lambung untuk menghentikan produksi asam yang berlebihan.

Mengurangi nyeri saat haid

 Saat mengalami nyeri saat haid, banyak orang yang menyarankan untuk meminum jamu kunyit asam, karena kandungan kurkumin pada kunyit mampu melemaskan kontraksi rahim yang menjadi penyebab utama perut keram. Prostaglandin merupakan hormon yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit, kunyit mengurangi masuknya ion kalsium pada sel rahim, sehingga produksi prostaglandin berkurang.

Obat alami kanker

Kunyit ternyata memiliki beberapa jenis salah satunya ada jenis kunyit putih. Manfaat tanaman kunyit satu ini mampu memberikan manfaat untuk kanker rahim, payudara, dan usus besar. Kandungan kurkumin pada kunyit putih mampu membasmi sel tumor ganas penyebab kanker dan juga mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Tanaman kunyit sebagai obat alergi.

 Manfaat tanaman kunyit satu ini disebabkan karena kandungan kurkumin dan adanya kandungan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit. Senyawa ini memiliki fungsi sebagai anti alergi sehingga mampu menghilangkan rasa gatal pada tubuh. Kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin bekerja dengan menghambat aktivitas protein berlebihan sehingga mencegah lepasnya zat histamin yang menjadi penyebab munculnya alergi pada kulit.

Larutan kunyit hangat mampu meredekan sakit perut yang disebabkan keracunan makanan dan bakteri jahat. 

Manfaat tanaman kunyit ini juga mampu menyerang bakteri jahat yang menyerang organ intim wanita dan  yang menyerang mulut.

Manfaat tanaman kunyit sebagai pertolongan pertama pada gigitan ular. 

Aktivitas bisa ular  pada darah akan dihambat oleh kandungan kunyit, sehingga menghentikan pembengkakan dan penyebaran ke seluruh tubuh.

Sebagai obat maag

 Dengan mengonsumsi larutan kunyit secara rutin dapat mengurangi kambuhnya gejala maag. Kandungan kurkumin mengendalikan asam lambung dan empedu yang berlebihan.

Penanganan gejala diabetes

Kandungan kurkumin juga dapat menurunkan kadar glukosa pada darah dan dapat meningkatkan insulin sehingga penanganan gejala diabetes lebih mudah diatasi.

Mampu menurunkan berat badan

Untuk yang sedang menjalani diet mengonsumsi tanaman kunyit juga mampu menurunkan berat badan dan hasilnya akan maksimal ketika dikombinasikan dengan asam jawa.

Mengetahui berbagai manfaat tanaman kunyit di harapkan tanaman kunyit mampu menjadi pertolongan pertama atau  sebagai pelengkap kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, setiap orang harus memerhatikan kesehatan dan kebutuhan tubuh masing-masing karena, yang mengetahui kondisi tubuh adalah pribadi diri itu sendiri. Ketika sudah mengetahui kondisi tubuh sendiri, maka manfaat tanaman kunyit mungkin bisa jadi alternatif untuk tubuh diri sendiri sesuai dengan kandungan yang dimiliki tanaman kunyit. Maka, tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan kunyit di rumah.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here