15 Manfaat Kunyit, Suplemen imunitas tubuh hingga Detoksifikasi Racun

by | Jun 10, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Kunyit yang merupakan golongan tanaman empon-emponan sering juga disebut sebagai kunir. Tanaman ini merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Pada kehidupan sehari-hari, kunyit banyak digunakan untuk tambahan bahan masakan, namun sebenarnya kunyit juga memiliki kegunaan di bidang kesehatan. Tanaman yang memiliki ciri khas warna kuning ini mengandung senyawa kurkumin, yang mana senyawa tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, khususnya dalam hal penyembuhan suatu penyakit. berikut adalah beberapa manfaat kunyit dalam dunia pengobatan :

1. Kunyit mampu meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat kunyit  yang pertama adalah berkaitan dengan peningkatan kekebalan tubuh. Pada kunyit, terdapat kandungan berupa zat kurkumin, yang mana zat tersebut bertanggung jawab dalam peningkatan imunitas tubuh. Imunitas diartikan sebagai kekuatan dalam melawan virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh kita. Sehingga dengan mengkonsumsi ramuan kunyit, secara tidak langsung kita bisa meningkatkan ‘benteng’ diri kita untuk terhindar dari infeksi penyakit. 

2. Kunyit juga dapat digunakan untuk menyembuhkan radang

Peradangan atau inflamasi yang menyerang tubuh dapat disembuhkan dengan konsumsi rempah-rempah yang satu ini. manfaat kunyit yang satu ini dikarenakan karena ada Kandungan berupa kurkumin serta memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa tersebut memiliki suatu efek yaitu berupa anti inflamasi poten. Nah cara kerjanya yaitu dengan menekan atau bahkan bisa menghentikan kinerja suatu enzim yang menjadi penyebab inflamasi pada tubuh manusia. 

3. Kunyit mampu meredakan mual

manfaat kunyit yang ketiga yaitu mampu mengurangi rasa mual pada tubuh. Mual biasanya diakibatkan oleh tekanan pada perut. Untuk meredakan keluhan mual, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kunyit lho. Hal ini dikarenakan kandungan berupa kurkumin yang ada pada kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan di perut. Sehingga dampaknya adalah perut akan terasa lebih lega, sehingga sensasi mual bisa berkurang.

4. Mampu menyembuhkan penyakit kembung

manfaat kunyit selanjutnya yaitu bisa menyembuhkan gejala kembung. Masih seputar kondisi perut, kondisi perut kembung biasanya ditandai dengan buang gas yang berlebihan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kunyit, karena kandungan kurkumin di dalamnya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan gas yang ada di perut.

5. Menyembuhkan nyeri haid

Untuk manfaat kunyit yang satu ini, yaitu berkaitan dengan problem kewanitaan yakni nyeri saat menstruasi. Selain menggunakan obat kimiawi, nyeri haid dapat disembuhkan dengan menggunakan jamu kunyit lho. Kunyit memiliki kemampuan dalam merileks kan kontraksi pada Rahim, sehingga hal ini menurunkan rasa nyeri saat haid

6. Kunyit dapat mengobati kanker

Masih seputar manfaat kunyit selanjutnya yaitu berupa curcumin yang terkandung di dalamnya. Curcumin tersebut ternyata efektif dalam membunuh sel tumor yang bersifat ganas dan merupakan penyebab kanker. 

7. Mampu menyembuhkan reaksi alergi

Zat kurkumin yang dimiliki oleh kunyit bisa kita sebut sebagai zat penyembuh berbagai macam penyakit, pasalnya mulai dari awal pembahasan manfaat kunyit terhadap penyembuhan suatu penyakit, selalu saja diawali dengan latar belakang berupa kandungan kurkumin pada kunyit. Begitu juga dengan masalah kesehatan alergi, karena kunyit mengandung kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin, maka kedua zat tersebut mampu menyembuhkan alergi karena dapat mengurangi sensasi rasa gatal pada tubuh akibat alergi.

8. Menjadi ‘tameng’ bakteri atau virus

Hamper semua penyakit yang menyerang manusia itu diakibatkan oleh infeksi dari bakteri maupun virus. Untuk menghambat infeksi tersebut, anda bisa memulai konsumsi kunyit hangat yang telah dicampur dengan air.

9. Kunyit dapat menjadi penawar racun

Salah satu contoh kegunaan kunyit sebagai penawar racun yaitu ketika seseorang terkena gigital ular. Jika anda sedang mengalami kejadian seperti itu, pertolongan pertama yang anda bisa coba adalah dengan memanfaatkan kunyit, karena tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghambat persebaran bisa ular yang mengalir pada aliran darah manusia. Selain itu, dengan memafaatkan kunyit, maka reaksi pembengkakan akibat gigitan ular tersebut juga bisa ditekan.

10. Kunyit dapat mengobati penyakit maag

Saat ini, penyakit maag merupakan salah satu golongan penyakit paling mematikan di dunia. Banyak penderita maag yang mengobatinya dengan konsumsi obat kimiawi dan dalam jangka waktu yang lama. Padahal, biasanya jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, justru akan menimbulkan ketergantungan. Cara alami yang bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mengobati maag adalah dengan memanfaatkan kunyit, karena ia mampu menurunkan intensitas kambuhnya maag dan dapat mengontrol produksi asam lambung.

11. Menjaga kadar gula darah pada level normal

Adanya ketidakseimbangan kadar gula darah dalam tubuh akan menimbulkan penyakit yang serius, misalnya saja jika kadar gula darah terlalu tinggi, maka yang terjadi adalah timbul penyakit diabetes. Nah salah satu cara mudah untuk mengontrol kestabilan gula darah adalah dengan mengkonsumsi kunyit yang kaya akan kandungan kurkumin.

12. Mengobati inflamasi pada usus

Inflamasi yang menyerang usus pada akhirnya akan menimbulkan permasalahan pada system pencernaan. Hal ini harus segera diatasi, karena jika terlambat maka akan berpotensi menciptakan diare yang kronis. Dengan mengkonsumsi kunyit, maka peradangan yang terjadi di usus dapat dikurangi, hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan dan kurkumin yang tinggi dalam kunyit.

13. Mampu menghambat infeksi jamur ataupun bakteri

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kunyit memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai macam bakteri atau jamur penyebab penyakit, karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

14. Sebagai alat diet yang tepat

Diet bertujuan untuk menurunkan berat badan, biasanya sering dilakukan dengan olahraga atau mengatur pola makan. Untuk menyukseskan program diet anda, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air kunyit, hal ini karena dengan mengkonsumsi air kunyit, secara tidak langsung anda bisa menurunkan berat badan dan menciptakan bentuk tubuh yang ideal.

  1. Menjaga kesehatan hati

manfaat kunyit yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan hati dari berbagai macam penyakit. Inti sari kunyit yang dikonsumsi secara rutin menurut beberapa penelitian sangat ampuh digunakan untuk menjaga kesehatan hati agar terhindar dari potensi kerusakan organ hati.

Bagikan: