HomeTips Sehat7 Obat Herbal Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang dikarenakan endapan keras yang terbentuk dari zat di air seni. Prosesnya endapan itu disebut nephrolithiasis. Penyakit batu ginjal lebih sering dikenal dengan kencing batu biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci, sehingga mengakibatkan nyeri saat buang air kecil. untuk mengobati penyakit batu ginjal dapat menggunakan obat herbal batu ginjal alami yang bagus untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Batu ginjal biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini bisa disebabkan terlalu sering menahan buang air kecil dan kekurangan air putih. Penyakit tersebut juga bisa menimbulkan masalah seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing. Gejala batu ginjal yang umum terjadi adalah sakit luar biasa saat buang air kecil dan bisa juga mengalami nyeri pada bagian bawah perut dan di bagian belakang tubuh, khususnya pinggul.

Ciri-ciri batu ginjal juga bisa dilihat apabila Anda mengalami sakit pada paha, selangkangan, darah dalam urine, mual dan muntah-muntah. Jika mengalami gejala yang lebih serius, Anda perlu memeriksakan ke dokter guna mendapatkan penanganan dengan baik. Namun apabila belum terlalu parah, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran untuk membantu mengatasi batu ginjal.

Berikut adalah beberapa obat herbal batu ginjal :

Buah tin

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Buah tin sudah banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tak hanya buahnya, bahkan batang atau daunnya juga memiliki khasiat penting. Buah yang satu ini menjadi sumber vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, vitamin k, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi baik bagi tubuh. Buah tin maupun daunnya dipercaya sebagai obat herbal batu ginjal. Buah ini mengandung senyawa saponin dan alkaloid yang bermanfaat sebagai diuretic dan bisa mengatasi masalah ginjal. Selain itu, kandungan saponin dan alkaloid dalam daun tin dapat menghancurkan batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Kemudian batu ginjal yang telah hancur itu bisa terbawa saat buang air kecil.

Daun basil

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Basil adalah tanaman herbal yang daunnya sering digunakan untuk menyedapkan makanan. Seperti cuka apel, basil pun mengandung asam asetat yang diyakini berpotensi untuk meluruhkan batu ginjal dan mengurangi nyeri penderita penyakit ini. Kandungan molekul antioksidan dan anti radangnya juga berpotensi untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebagai obat herbal batu ginjal, kamu bisa meminum rebusan daun basil beberapa kali dalam sehari. Kamu pun dapat mengolah daun basil menjadi jus atau ditambahkan ke makanan lain seperti smoothie. Basil sebagai obat herbal batu ginjal alami bisa dikonsumsi maksimal selama enam minggu. Apabila terlalu lama menggunakan tanaman ini untuk tujuan pengobatan, beberapa efek samping pun bisa terjadi. Misalnya, gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan meningkatnya perdarahan.

Air putih

7 Obat Herbal Batu Ginjal

  Jenis air minum yang sehat adalah air putih biasa, air suling, purified water, distilled water. Minum air putih adalah obat herbal batu ginjal alami yang bisa bisa andalkan. Bahkan minum air putih juga penting untuk mencegah batu ginjal kembali terbentuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita harus minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan begitu, telah membantu meringankan kerja ginjal. Sementara beberapa ahli menyatakan bahwa minum air putih sebanyak 12 gelas per hari bisa bantu memperlambat tumpukan mineral di ginjal. Selain itu, kita juga sebaiknya selalu perhatikan warna urine. Bila berwarna kuning pekat, itu tanda tubuh mengalami dehidrasi dan dapat membuat tumpukan mineral semakin besar.

Jeruk nipis atau lemon

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Obat herbal batu ginjal selanjutnya adalah jeruk nipis atau lemon. Batu ginjal merupakan kristal mineral yang mengendap, sehingga akan menyakitkan ketika hendak buang air kecil. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa mencegahnya dengan perasan air jeruk nipis atau lemon. Kedua buah-buahan ini memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal. Segelas jus jeruk nipis atau lemon mampu mencegah pembentukan batu ginjal, berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine. Sehingga akan membantu memudahkan buang air kecil.

Seledri

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang dipercaya mampu digunakan sebagai obat herbal batu ginjal. Anda bisa mengolahnya menjadi jus seledri. Meski banyak orang yang menilai daun seledri memiliki bau atau aroma khas, tetapi seledri bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk ginjal. Jus seledri dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang mengeras dalam ginjal. Ramuan ini memiliki kandungan antioksidan dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan produksi urine, sehingga akan mengurangi risiko batu ginjal.

Cuka apel

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Cuka apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Tak sampai di situ, asam asetat juga memiliki kemampuan untuk mengikis nyeri yang disebabkan oleh masalah pada ginjal. Untuk mencoba khasiat cuka apel sebagai obat herbal batu ginjal, kamu bisa melarutkan dua sendok makan cuka apel ke sekitar 177 ml air. Kemudian, minumlah larutan tersebut sekali sehari dan tidak berlebihan. Apabila kamu merupakan pasien yang mengonsumsi dan menggunakan insulin, digoksin, serta diuretik, cuka apel tidak boleh dikonsumsi. Pasien yang menderita diabetes juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba cuka apel untuk mengatasi batu ginjal.

Buah delima

7 Obat Herbal Batu Ginjal

 Dengan kandungan molekul antioksidannya, jus delima juga telah lama dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Jus buah yang cantik ini diyakini mampu meluruhkan batu-batu yang terbentuk di tubuh beserta dengan racun lainnya. Tak sampai di situ, jus buah delima juga menurunkan kadar keasaman urine. Keasaman urine yang lebih rendah dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal di kemudian hari.

Itulah ramuan herbal yang dipercaya dapat menghancurkan batu ginjal. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi pembaca semua.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here