10 Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik yang Mudah Ditemukan

by | Jun 7, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Asam urat dan rematik merupakan jenis penyakit yang banyak menyerang seseorang, khususnya untuk usia lanjut, walaupun saat ini banyak orang muda yang juga mengidap penyakit tersebut. Sejatinya, asam urat menyerang seseorang dikarenakan adanya kondisi kadar asam urat yang meningkat di dalam darah sehingga melebihi dari batas normal. Untuk mengatasi penyakit ini tidak hanya menggunakan obat kimiawi saja ada juga tanaman obat asam urat dan rematik alami untuk mengobatinya.

Kadar asam urat yang meningkat ini kemudian mengendap dan menumpuk pada ruang-ruang sendi. Selanjutnya asam urat yang telah menumpuk dan melebihi batas normal tersebut menurut beberapa sumber dunia kedokteran, tidak akan kembali ke dalam darah, sehingga pada akhirnya yang terjadi adalah perubahan bentuk dari senyawa menjadi kristal. Yang mana Kristal tersebut selanjutnya akan masuk ke bagian sendi di dalam tubuh dan akan dikenali oleh system imunitas tubuh sebagai benda asing.

Sehingga dalam proses pemusnahan ‘benda asing’ tersebut, tidak heran jika penderita asam urat akan merasakan sensasi nyeri yang disebabkan oleh radang dan inflamasi akibat penghancuran Kristal asam urat oleh system imun. Tentunya karena hal tersebut akan menyebabkan sensasi yang kurang nyaman terutama ketika sedang beraktifitas. 

Memiliki gejala yang hampir sama dengan asam urat, rematik juga merupakan penyakit yang menyebabkan inflamasi bahkan pembengkakan di sekitar otot dan persendian. Lokasi persendian yang dapat terserang rematik juga bermacam-macam. Selama ini, mayoritas saran yang diberikan untuk meredakan penyakit rematik adalah dengan menggunakan obat kimiawi, seperti obat anti inflamasi, atau obat Pereda nyeri yang lainnya.

 Padahal untuk mengatasi asam urat dan rematik, ada beberapa cara alami yang dapat anda lakukan agar kadar asam urat bisa diturunkan dan dikembalikan ke kadar normal serta mampu meredakan penyakit rematik, diantara tanaman obat asam urat dan rematik yaitu :

1. Daun sambiloto

Tanaman obat asam urat dan rematik yang pertama yaitu ramuan daun sambiloto. Ciri khas daun sambiloto adalah memiliki rasa yang pahit, namun tanaman ini memiliki banyak kandungan yang berfungsi sebagai anti inflamasi, anti nyeri, serta mampu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun sambiloto diantaranya : keton, kalsium, natrium, alkane, natrium, dan flavonoid. 

2. Daun salam

tanaman obat asam urat dan rematik yang kedua yaitu daun salam. Daun salam tidak sulit ditemukan di sekitar lingkungan kita. Hal ini karena daun salam sering digunakan sebagai tambahan bumbu masakan. Namun disamping itu, daun salam juga memiliki khasiat sebagai obat untuk mengatasi asam urat lho. Hanya dengan meminum rebusan daun salam dan diminum secara rutin, maka dijamin asam urat akan reda.

3. Jahe merah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jahe memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat. Jahe merah dapat mengurangi sensasi inflamasi di sendi serta mampu mengurangi pengendapan asam urat di sendi.

4. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai tambahan bumbu masakan. Selain digunakan untuk masakan, kunyit juga memiliki kegunaan di bidang kesehatan. Salah satu kegunaan kunyit yaitu mampu mengobati penyakit rematik. Kandungan di dalam kunyit yaitu berupa curcumin memiliki kegunaan untuk mengurangi sensasi inflamasi atau peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh penyakit rematik.

5. Bawang putih

Rasa-rasanya sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa bawang putih selain berguna sebagai bumbu masakan, ia juga mampu mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah masuk ke dalam deretan tanaman obat asam urat dan rematik. Bawang putih memiliki kandungan diallyl disulfide, yang mana kandungan tersebut berungsi sebagai antiinflamasi, sehingga nyeri sendi akibat rematik dapat dikurangi.

6. Kayu manis

tanaman obat asam urat dan rematik selanjutnya adalah kayu manis. Pada berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, kayu manis sering digunakan untuk bahan pemanis ketika membuat kue. Namun di dunia kesehatan, kayu manis memiliki kegunaan yang terkenal, yaitu mampu mengurangi peradangan. Karena peradangan ini erat kaitannya dengan penyakit rematik, maka tidak heran jika kayu manis dapat dijadikan alternative untuk menyembuhkan rematik.

7. Teh hijau

Teh hijau sering digunakan sebagai ramuan detoksifikasi racun dan ramuan yang ampuh untuk diet. Namun tahukah anda bahwa teh hijau juga merupakan tanaman obat asam urat dan rematik. Di dalam the hijau terkandung senyawa polifenol, yang mana senyawa tersebut memiliki kegunaan yakni sebagai antioksidan dan ampuh untuk mencegah penyakit asam urat. Selain senyawa polifenol, the hijau juga memiliki kandungan berupa vitamin E serta vitamin C, yang mana keduanya berfungsi untuk mengobati penyakit asam urat.

8. Cabai rawit

Istilah ‘kecil-kecil cabai rawit’ ini memang pantas disematkan oleh tanaman cabai rawit. Karena selain dapat digunakan untuk bumbu masakan, cabai rawit juga masuk ke dalam jejeran tanaman obat asam urat dan rematik. Senyawa yang dikandung oleh cabai rawit yaitu berupa capsaicinoids yang mana senyawa tersebut merupakan salah satu obat alami yang mampu menyembuhkan rematik. 

9. Mahkota dewa

Tanaman mahkota dewa atau yang memiliki nama latin Phaleria Macrocarpa merupakan salah satu tanaman obat asam urat dan rematik. Zat yang terkandung dalam tanaman ini yaitu flavonoid berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan mampu mengobati penyakit asam urat.

10. Seledri

tanaman obat asam urat dan rematik yang terakhir adalah seledri. Tanaman hijau satu ini memiliki kandungan berupa zat apigen, matinol, phthalides, serta apiin. Yang mana keseluruhan zat tersebut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan garam serta cairan dalam tubuh, atau biasa dikenal dengan sebutan diuretic. Tanaman seledri ini juga memiliki kandungan fitosterol dan zat lainnya. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi seledri untuk mengobati penyakit asam urat, maka anda bisa coba untuk mulai membuat ramuan dengan takaran tertentu, seperti misalnya merebus daun dan batang seledri sejumah 60 gram dengan takaran air 200 cc. rebus hingga hanya menyisakan 100 cc dan ramuan siap diminum.

Bagikan: