4 Jenis tanaman air yang bermanfaat untuk kesehatan

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Pada umumnya jenis tanaman ada yang hidup di tanah, menumpang pada tanaman lain, dan ada yang hidup di air. Tanaman yang memiliki habitat di air ini sering disebut sebagai hidrofit. Ternyata ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh tanaman yang hidup di lingkungan air lho, misalnya saja struktur tubuh tanaman yang tidak terlalu kaku, hal ini disebabkan oleh di dalam tubuh tumbuhan tersebut banyak tersusun oleh air. Ciri yang lain yaitu memiliki kutikula yang tipis. Secara umum bagian daun yang dimiliki oleh tanaman yang hidup di air yaitu cenderung datar, seperti contohnya daun tanaman teratai. Bagian akarnya cukup ringan, karena untuk hidup di air, akar tanaman tidak memerlukan daya tahan yang terlalu kuat. Berikut adalah berbagai jenis tanaman air beserta manfaatnya bagi kesehatan :

Tanaman eceng gondok

Tanaman air yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, serta vitamin B1. Eceng gondok saat ini banyak yang dimanfaatkan sebagai bahan membuat berbagai macam kerajian, contohnya yaitu kerajinan topi maupun tas. Namun siapa sangka bahwa sebenarnya tumbuhan eceng gondok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mampu menyembuhkan maag

Tanaman eceng gondok memiliki kandungan yang mampu mengontrol asam lambung, sehingga tidak heran jika eceng gondok dipercaya dapat menyembuhkan sakit maag. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit ini disebabkan oleh kadar asam lambung yang tinggi.

  • Mengobati penyakit gatal pada kulit

Ada banyak hal yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal, yang paling sering yaitu akibat bakteri maupun alergi. Selain menggunakan obat oles, ternyata anda bisa mencoba menyembuhkan penyakit gatal-gatal dengan memanfaatkan daun eceng gondok. Dan olahlah menjadi obat salep setelah dihaluskan.

  • Menyembuhkan sakit gigi

Ketika terserang sakit gigi, memang rasa sakitnya akan terasa hingga ke kepala. Salah satu ramuan alami yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan sakit gigi yaitu berbahan dasar eceng gondok. Hal ini latarbelakangi oleh kandungan kalsium yang ada di dalam eceng gondok dan mampu menyehatkan gigi. Selain kandungan kalsium, di dalamnya juga terdapat zat anti inflamasi dan anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

Bunga teratai

Tanaman air yang kedua pastinya sudah tidak asing di telinga pembaca. Tanaman yang memiliki ciri khas yaitu berupa daunnya yang melebar banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Bunga teratai sejak zaman dahulu banyak digunakan untuk obat herbal serta bahan masakan. Berbagai kegunaan bunga teratai untuk masalah kesehatan diantaranya :

  • Membantu melancarkan periode datang bulan

Bagi kaum hawa, periode haid yang tidak teratur sering menyebabkan rasa was-was karena dikhawatirkan jika ada penyakit yang menyerang Rahim namun tidak kita sadari. Salah satu cara untuk melancarkan haid yaitu dengan menggunakan ramuan teratai.

  • Menyembuhkan diare

Penyakit diare tidak bisa disepelekan, karena dapat membuat tubuh dehidrasi. Cara menyembuhkan diare yaitu bisa menggunakan biji teratai yang telah diolah dalam air hangat. Ramuan ini sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu di Tiongkok.

  • Menurunkan berat badan

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa uji coba yang dilakukan dengan objek tikus, menghasilkan suatu kondisi yang mengejutkan, yaitu dengan pakai ramuan teratai pada penelitian tersebut ampuh untuk mencegah berat badan tikus agar tidak meningkat.

Apu-apu

Tanaman air yang satu ini bisa anda temui di sepanjang sungai. Namun untuk berbagai wilayah di Indonesia banyak yang menyebutnya dengan nama berbeda, misalnya saja di Sulawesi disebut dengan poda poda, lalu di Jawa disebut dengan kajeng apu, dan di Kalimantan disebut dengan tayapu. Tanaman apu apu ini memiliki khasiat untuk mencegah penyakit rematik. Selain itu kandungan anti inflamasi yang dimilikinya juga dapat menyembuhkan peradangan pada tubuh. Penemuan terbaru menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi apu-apu dapat menyembuhkan penyakit susah kencing, karena memiliki sifat sebagai peluruh kencing lho.

Tanaman lotus

Tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan untuk ramuan pengobatan herbal, terutama di wilayah Asia Timur serta Asia Tenggara. Diantara kegunaan lotus bagi kesehatan yaitu :

  • Menyembuhkan penyakit diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Penyakit diabetes harus segera disembuhkan agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit diabetes yaitu menggunakan ramuan herbal dari tanaman lotus. Bagian akar tanaman lotus mengandung karbohidrat kompleks serta serat, yang sangat baik untuk penyandang diabetes. Selain itu kandungan tersebut juga dapat mengontrol kadar lemak pada darah sehingga anda dapat terhindar dari sakit kardiovaskuler

  • Dapat menjaga tubuh dari hipertensi

Kandungan dari tanaman lotus berupa kalium memiliki kemampuan dalam elastisitas pembuluh darah. Sehingga hal ini akan melahirkan potensi pembuluh darah tetap lebar dan aliran darah tetap lancar. Tentunya hal ini akan menghindarkan kita dari potensi terserangnya hipertensi.

  • Menyehatkan system pencernaan

Setelah disebutkan sebelumnya bahwa tanaman lotus memiliki kandungan berupa serat. Serat inilah yang akan menyehatkan system pencernaan khususnya pada usus besar. Permasalahan yang sering timbul pada usus besar yaitu sembelit. Nah apabila anda sedang mengalami permasalahan berupa susah buang air besar, sangat dianjurkan untuk mencoba ramuan herbal berbahan dasar tanaman lotus.

 

Bagikan: