HomeSeputar PertanianSULIT DIBEDAKAN, BERIKUT PERBEDAAN LELE DUMBO DAN SANGKURIANG

SULIT DIBEDAKAN, BERIKUT PERBEDAAN LELE DUMBO DAN SANGKURIANG

Pada umumnya perbedaan lele dumbo dan sangkuriang ada berbagai macam jenisnya, diantaranya lele dumbo dan juga sangkuriang, pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan lele dumbo dan sangkurian. Sepertinya sudah tidak asing lagi mendengar kata ikan lele, ikan air tawar ini banyak digemari orang-orang, selain karena rasanya yang enak dan gurih, ikan lele juga memiliki manfaat yang beragam untuk tubuh manusia. 

Kandungan vitamin dan mineral dalam ikan lele membantu meningkatkan kualitas kesehatan. Disamping itu juga lele mengandung tinggi protein, sumber zat besi, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko diabetes, dan kandungan lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika ikan yang satu ini memiliki banyak penggemar karena memiliki segudang manfaat. Tiap jenis lele memiliki ciri khas dan perbedaanya masing-masing khususnya untuk lele dumbo dan sangkuriang. 

Cek juga : 8 Jenis Sayur Untuk Pakan Lele

Berikut perbedaan lele dumbo dan sangkuriang:

Lele Dumbo

SULIT DIBEDAKAN, BERIKUT PERBEDAAN LELE DUMBO DAN SANGKURIANG

Lele dumbo adalah salah satu jenis lele unggul yang berasal dari Afrika. Lele ini berukuran besar disbanding dnegan jenis lele lainnya, maka dari itu lele yang satu ini dinamakan sebagai lele dumbo. Begitu juga dengan ukuran misai atau sungutnya yang lebih panjang. Lele jenis ini banyak kita temukan di rawa-rawa sungai di Afrika. Selain memiliki rasa yang enak, lele dumbo juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, berikut kelebihan lainnya dari jenis lele dumbo.

  • Lele dengan jenis ini memiliki masa tumbuh yang lebih cepat, hal tersebut menjadi nilai tambah dan daya tarik para pembudidaya ikan
  • Kandungan telur yang d produksi lele dumbo lebih banyak dibandingkan dengan jenis lele lainnya, dalam satu induk betina lele dumbo bisa memproduksi 8.000 hingga 10.000 butir telur.
  • Pemberian pakan dan pemeliharaan yang mudah menjadi salah satu kelebihan dari jenis lele yang satu ini.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai perbedaan lele dumbo dan sangkuriang lele, berikut ciri-ciri dari lele dumbo:

  • Salah satu perbedaan lele dumbo dan sangkuriang yaitu ikan lele dumbo memiliki alat pernapasan tambahan yang berupa aborescen, aborescen merupukan kulit tipis seperti spon, menggunakan alat pernapasan tersebut ikan lele dapat bertahan hidup dalam air dengan kondisi oksigen yang rendah
  • Ikan lele dumbo memiliki kulit tipis halus yang tidak bersisik dan juga bertekstur halus
  • Warna dari ikan lele dumbo ini yaitu hijau kehitaman, coklat kehitaman, hijau kecoklatan da nada juga lele dumbo yang bercorak totol-totol. 
  • Lele dumbo dengan corak totol-totol pada tubuhnya biasanya lele yang berasal dari daerah Paiton, Probolinggo Jawa Timur
  • Perbedaan lele dumbo dan sangkuriang yaitu dalam masa pembenihannya, lele dumbo biasanya memiliki kematangan pada waktu 4 hingga 5 bulan
  • Masih dalam masa pembenihannya, dalam masa pertumbuhan harian bobot benih 5 sampai 26 hari untuk lele dumbo yaitu 20,3%

Lele Sangkuriang

SULIT DIBEDAKAN, BERIKUT PERBEDAAN LELE DUMBO DAN SANGKURIANG

Lele sangkuriang merupakan jenis lele dari hasil persilangan antara lele dumbo dan jenis lele lokal. Jenis lele yang satu ini termasuk lele yang banyak dibudidayakan. Lele sangkuriang ini adalah jenis ikan omnivora atau pemakan semua. Sebenarnya lele jenis ini sudah lama diperkenalkan sejak dahulu, akan tetapi masih banyak masyarakat saat ini yang kurang mengenal jenis lele yang satu ini. Sebenarnya lele sangkuriang merupakan lele yang berasal dari jenis lele dumbo. Salah satu keunggulan lele jenis ini adalah jenis lele sangkuriang dapat dipijahkan dalam sepanjang tahun. Tidak hanya itu, berikut keunggulan yang dimiliki jenis lele sangkuriang:

  • Lele jenis sangkuriang ini dapat menghasilkan telur dengan frekuensi dan kuantitas yang cenderung lebih banyak selain itu ikan lele sangkuriang juga dapat berkembang biak dengan cepat. 
  • Jenis lele sangkuriang dapat hidup di air dengan kondisi yang minim, termasuk dalam air yang sedikit lele sangkuriang masih dapat bertahan hidup.
  • Lele sangkuriang mudah untuk dibudidayakan karena tidak terlalu banyak membutuhkan pakan
  • Ikan lele sangkuriang lebih pasif saat siang hari dan lebih aktif di malam hari

Untuk mengetahui perbedaan lele dumbo dan sangkuriang, maka bisa di perhatikan hal berikut

  • Lele sangkuriang memiliki sungut maxilar yang terdapat 2 jenis
  • Sungut bulat dalam terdapat dua jenis, dan sungut mandi bular luar yang terdiri dari 2 jenis
  • Ciri lainnya khususnya dalam bentuk badan lele sangkuriang yaitu bentuk badannya cenderung bulat, akan tetapi badannya lebih pipih ke samping dan juga tidak memiliki siskin seperti jenis lele pada umumnya. 
  • Warna dari jenis lele yang satu ini yaitu hitam kehijauan dan terdapat corak bintik pada kulit lele tersebut. 
  • Bentuk sirip pada lele sangkuriang yaitu terdapat 3 sirip tunggal, hampir sama dengan jenis lele dumbo. Sirip tunggal tersebut diantaranya ada sirip dubur, penggung, dan sirip ekor. Tidak hanya itu, lele sangkuriang juga memiliki sirip berpasangan yang terdapat di sirip perut dan sirip dada. 
  • Dalam masa pembenihannya, lele sangkuriang biasanya memiliki kematangan pada waktu 8 hingga 9 bulan, hal tersebut menjadi salah satu perbedaan lele dumbo dan sangkuriang
  • Tidak hanya bergerak dalam air, jenis lele yang satu ini juga  bisa bergerak di darat yang menggunakan sirip dada
  • Bentuk ekor yang dimiliki lele sangkuriang adalah benbentuk kipas.
  • Perbedaan lele dumbo dan sangkuriang yang selanjutnya yaitu masih dalam masa pembenihannya, untuk pertumbuhan harian bobot benih 5 sampai 26 hari lele sangkuriang yaitu 29,26%.

Cek Juga : Perbedaan Ikan Nila dan Mujair

Berikut perbedaan lele dumbo dan sangkuriang. Pada umumnya jenis lele dumbo dan sangkuriang memiliki banyak kesamaan dan sangat sulit dibedakan karena sebenarnya lele sangkuriang merupakan lele yang berasal dari jenis lele dumbo, akan tetapi sebenarnya mereka memiliki perbedaan dalam segi yang berbeda.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here