HomeSeputar PertanianINILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Burung merpati adalah salah satu jenis unggas yang memiliki bentuk dan warna yang cantik, tidak heran burung merpati ini banyak dipelihara orang-orang sebagai hobi. Jenis-jenis burung merpati ada berbagai macam diantaranya ada jenis oriental frill, Modena, ekor pita dan merpati domestik. Setiap merpati memiliki warna dan bentuk yang unik, di Indonesia biasanya burung merpati ini biasa dijadikan sebagai burung penerbang atau burung kontes, hal ini dikarenakan merpati mempunyai suara yang merdu dan juga mempunya kemampuan sebagai penerbang yang cukup handal. Burung merpati adalah salah satu jenis burung yang jinak pada manusia, dan memiliki harga yang bervariatif, tidak hanya itu burung merpati juga berbeda dari jenis-jenis burung lainnya burung merpati biasa dijadikan sebagai lambang kesetiaan. 

Berikut 7 jenis-jenis burung merpati yang memiliki warna yang cantik dan unik: 

Merpati domestik 

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Jenis-jenis bung merpati yang pertama adalah merpati domestic. Sama seperti burung merpati yang lainnya, merpati domestik biasa dijadikan binatang peliharaan, seebagai hobi, da nada juga yang dimakan. Merpati domestik terdiri dari beberapa jenis yaitu jenis raja, peliharaan atau burung kontes, dan jeis hias. Merpati domestik raja dikenal dengan dagingnya yang tebal, maka dari itu orang-orang banyak yang memanfaatkan dagingnya untuk di konsumsi, akan tetapi merpati jenis ini sangat rendah dalam kemampuan bertahan hidup. Merpati burung kontes memiliki warna yang tak kalah cantiknya, burung ini biasanya berwarna biru putih dan juga biasanya dijadikan sebagai burung kontes. Kemudian ada burung merpati jenis hias, merpati ini sama seperti jenis-jenis burung merpati lainnya dimana biasanya dijadikan sebagai merpati kontes, disamping itu juga.

Merpati ekor pita

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Jenis-jenis burung merpati yang kedua adalah merpati ekor pita, merpati ekor pita adalah merpati yang biasa hidup di alam liar dimana banyak terdapat di Amerika Utara hingga pasifik. Makanan merpati ekor pita diantaranya buah beri, biji-bijian, dan lain-lain. Merpati ekor pita memiliki panjang sekitar 14 sampai 18 inchi yang dimana paruh dan kakinya berwarna kuning terang. Pada umunya, burung ini terdapat di pinggiran hutan atau di perkebunan yang terdapat banyak peohonan.

Merpati Modena

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Seperti terdengar dari namanya, burung merpati ini berasal dari daerah Modena Italia. Burung merpati ini mempunya tubuh yang bulat dan gemuk serta ekornya yang anggun dengan keseluruhan tubuhnya yang berukuran kurang lebih 25 cm. Jenis merpati Modena ini didominasi dengan warna putih di tubuhnya dan bercorak warna warni di bagian ekornya. Hingga saat ini merpati Modena sudah semakin menyebar salah satunya sudah ada di Indonesia, merpati Modena didominasi dengan warna putih dan memiliki bentuk yang tak kalah cantik dari jenis-jenis burung merpati pada umumnya.

Merpati oriental frill

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Merpati oriental frill adalah merpati yang berasal dari dataran Eropa yaitu Turki. Jenis merpati ini adalah termasuk merpati senior karena sudah ada sejak masa kesultanan Turki dan sampai ada sampai saat ini. Ada dua variasi yang dimiliki oleh merpati oriental frill antara lain classic oriental frill dan modern oriental frill. Dimana kedua varietasn itu memiliki ciri-ciri yang hampir sama dan sulit untuk di bedakan, akan tetapi kita bisa membedakannya dari segi bentuk karena jenis classic oriental frill memiliki tubuh yang lebih pendek dari pada jenis modern oriental frill. 

Merpati Jacobin

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Jenis-jenis burung merpati yang lainnya adalah merpati Jacobin. Burung merpati ini sangat menarik perhatian, karena bentuknya yang unik dan modis serta dengan bulunya yang lebat membentuk seperti jaket, jenis burung ini berkembang biak di Eropa pada abad ke 16. Postur tubuhnya tegak dan gagah, ekornyapun menjuntai ke lantai. Maka dari itu, tak heran jika banyak para kolektor merpati yang mencari jenis burung merpati ini. Dan seiring berjalannya waktu, peminat burung ini semakin bertambah, ditambah lagi dengan perawatannya yang lumayan mudah menambah daya tarik para pecinta burung merpati. Meskipun merpati Jacobin ini mempunyai bentuk yang cantik dan unik, akan tetapi jenis merpati ini sangat rapuh dan tidak bisa terbang terlalu jauh disebabkan oleh bulu lebat di lehernya. 

Merpati brongsong

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Merpati brongsong agak berbeda dari jenis-jenis burung merpati yang sebelumnya kita bahas, merpati brongsong ini adalah burung merpati lokal yang banyak terdapat di Indonesia. Biasanya kita dapat menemukan jenis merpati brongsong ini di daerah Kediri, Blitar, Jawa Timur, dan daerah lainnya. Jenis merpati brongsor ini memiliki ciri khas yaitu badannya yang berukuran lumayan besar, memiliki jambul yang lebar di bagian kepala hingga ke pipi, memiliki garis dada  pada bulu yang memisahkan antara bagian leher dan juga dadanya, akan tetapi bagian kakinya tidak terdapat bulu. Jenis merpati ini banyak ditemukan yang berwarna biru, abu-abu, hitam, merah, dan coklat.

Merpati wulung

INILAH 7 JENIS-JENIS BURUNG MERPATI YANG CANTIK DAN UNIK!

Merpati wulung sama dengan jenis merpati brongsong yaitu sama-sama jenis merpati lokal yang tentunya ada di Indonesia. Merpati wulung mempunyai corak warna sama seperti elang wulung, itu sebabnya merpati ini disebut sebagai jenis merpati wulung karena corak warnanya yang sama tersebut. Jenis merpati ini, sama seperti jenis-jenis burung merpati pada umumnya, yaitu sama-sama banyak dicari atau dijadikan sebagaipeliharaan atau hobi oleh orang-orang yang hobi memelihara burung merpati. Merpati wulung memiliki tubuh yang sedang dan memiliki jambul di kepalanya. 

Berikut jenis-jenis burung merpati yang memiliki warna dan bentuk yang unik. Semoga bermanfaat!

CEK JUGA : YUK KENALI, 8 JENIS-JENIS AYAM BANGKOK

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here