HomeTanaman ObatManfaat Pasak Bumi Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Pasak Bumi Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Pasak bumi merupakan salah satu jenis obat herbal yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan atau menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasak bumi ini masuk ke dalam deretan bahan obat-obatan herbal sejak zaman dahulu lho. Karena manfaat pasak bumi untuk kesehatan sangat baik untuk tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, ada suatu sumber yang menyatakan bahwa penggunaan tanaman pasak bumi untuk bidang kesehatan sudah berlangsung hampir ribuan tahun. Bukan hanya di Indonesia, pasak bumi juga banyak dimanfaatkan dan tumbuh di negara-negara bagian Asia Tenggara lainnya. 

cek juga info tentang : manfaat tanaman keladi tikus untuk kesehatan

Pasak bumi ini merupakan bagian akar dari pohon semak hijau yang bernama Eurycoma longifolia. Negara yang banyak mengolah pasak bumi menjadi ramuan yaitu diantaranya negara tetangga kita, lebih tepatnya adalah Malaysia, Vietnam, dan negara-negara asia tenggara lainnya. pada pasak bumi terkandung banyak senyawa dan zat yang bagus untuk kesehatan tubuh, yaitu diantaranya berupa flavonoid, alkaloid, dan masih banyak lagi lainnya. di dalam pasak bumi juga ditemukan kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Dari berbagai kandungan tersebut, tidak heran jika pasak bumi ampuh digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu diantaranya infeksi bakteri maupun virus, inflames, demam, disfungsi ereksi, hingga infertilitas pada laki-laki. 

Berikut adalah ulasan singkat manfaat pasak bumi untuk kesehatan :

Pasak bumi efektif dalam menyembuhkan problem disfungsi ereksi

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa manfaat pasak bumi untuk kesehatan dapat mengoptimalkan seksualitas pria, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Evidence Based Complementary and Alternative Modern. Pada penelitian tersebut dinyatakan bahwa sebanyak 109 laki-laki yang berperan sebagai objek penelitian telah mengalami peningkatan gairah seksualitas setelah mengkonsumsi pasak bumi secara rutin. Gairah seksual yang dimaksud adalah berupa peningkatan jumlah sperma, air mana, hingga peningkatan kualitas sperma.

Pasak bumi bermanfaat dalam mengatasi kesuburan

Suatu penelitian dari Asian Journal of Andrology memberikan pernyataan melalui risetnya yaitu dengan mengkonsumsi 200 mg ekstrak dari pasak bumi dalam kurun waktu 3 bulan hingga 9 bulan efektif dalam meningkatkan kualitas cairan sperma.

Pasak bumi berguna dalam peningkatan energy bagi pria

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang ketiga ini berkaitan dengan energy saat berhubungan intim. Yakni pasak bumi memiliki kegunaan dalam peningkatan aliran darah ke penis. Sehingga secara langsung mampu mengatasi problem berupa disfungsi ereksi. Selain itu, sama seperti manfaat yang telah disebabkan sebelumnya bahwa pasak bumi dapat mengoptimalkan kualitas dan produksi sperma.

Menstabilkan emosi dan meredakan stress

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan ini sudah pernah dinyatakan oleh Journal of the International Society of Sport Nutrition lho. Menurut penelitian mereka menggunakan 63 orang sebagai objek riset dan salah satu kegiatan dalam risetnya yaitu mengkonsumsi suplemen yang berisi pasak bumi secara rutin dalam kurun waktu tertentu. Hasil dari penelitian ini yaitu 63 objek penelitian tersebut terbukti memiliki tingkat stress yang stabil dibandingkan sebelumnya. 

Namun walaupun pasak bumi memiliki kegunaan yang sangat banyak untuk tubuh, tetap aja ada efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai dosis sehingga sangat penting untuk memperhatikan cara mengkonsumsi pasak bumi. Misalnya saja ada beberapa kasus bahwa suplemen yang berisi pasak bumi terpapar merkuri. Sehingga jika anda ingin mengkonsumsi pasak bumi yang dijual dalam bentuk jadi harus diperhatikan betul izin edar dari BPOM. 

Berikut adalah beberapa cara mengkonsumsi pasak bumi yang dapat anda lakukan secara aman dan benar :

Cara mengkonsumsi pasak bumi harus disesuaikan dengan tujuan konsumsi

Tips cara mengkonsumsi manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang pertama adalah berkaitan dengan tujuan. Tujuan untuk mengkonsumsi pasak bumi pada masing-masing individu pasti bermacam-macam. Mungkin ada yang bertujuan untuk meningkatkan kesuburan atau meningkatkan stamina, dan bahkan mungkin untuk mencegah penuaan dini misalnya. Sehingga dosis dan frekuensi konsumsi juga berbeda. Misalnya saja untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, anda bisa mengkonsumsi ekstrak dari pasak bumi sebanyak kurang lebih 200 miligram dalam satu hari. Konsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal. Diketahui bahwa dengan mengkonsumsi 200 mg dalam satu hari, efektif dalam mencegah penurunan kadar testosterone di dalam tubuh pria. Misalnya jika untuk tujuan meningkatkan massa otot, anda bisa mengkonsumsi dalam dosis 100 miligram per harinya. Konsumsilah ekstrak pasak bumi secara rutin dan teratur, kurang lebih 30-35 hari berturut turut. Diketahui bahwa para atlet sering menggunakan pasak bumi dalam peningkatan massa ototnya.

Cara mengkonsumsi pasak bumi melalui pencampuran dengan minuman herbal tradisional

Cara mengkonsumsi manfaat pasak bumi untuk kesehatan selanjutnya yaitu mencampurkannya dengan minuman tradisional. Untuk beberapa daerah di Indonesia yang masih kental dengan nuansa tradisional, mereka lebih sering mengkonsumsinya dengan cara ini. Salah satu jenis minuman tradisional yang dicampur dengan pasak bumi adalah sejenis arak yang mana dibuat dari fermentasi beras. Dosisnya pun juga tidak sembarangan, misalnya 2 hingga 3 ruas akar pasak bumi dicampurkan dengan setengah sampai 1 botol arak. Ukuran akar yang dimaksud sekitar 500 mililiter. Akar pasak bumi yang dicampurkan dalam arak sebelumnya harus diolah terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dilakukan pemotongan dalam beberapa ruas. Lalu selanjutnya dicincang atau diserut. Selanjutnya adalah lakukan penjemuran. Proses ini memakan waktu 1 hari, tujuannya agar getah maupun jamur yang ada di pasak bumi bisa hilang. Jika sudah kering, campurkan dengan arak, perendaman ini dilakukan kurang lebih 3 hari 3 malam. 

Cara mengkonsumsi pasak bumi dengan metode perebusan

Cara mengkonsumsi manfaat pasak bumi untuk kesehatan dengan metode ini dikenal lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan cara lainnya. anda cukup merebus daun dari pasak bumi selama beberapa saat dalam air yang mendidih. Untuk selanjutnya diminum secara rutin. Biasanya air rebusan daun pasak bumi ampuh dalam mengobati problem pencernaan seperti diare. 

Nah diatas merupakan sekilas tips dan trik cara mengkonsumsi manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang baik dan benar. Selamat mencoba ya.

Must Read

Related News

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here