HomeSeputar PertanianMetode dan Cara Menanam Labu Kuning Step by Step

Metode dan Cara Menanam Labu Kuning Step by Step

Apakah kalian tau bagaimana cara menanam labu kuning? Pasti sebagian orang sudah pada tahu akan hal tersebut. Akan tetapi tidak semuanya tahu metode dan cara budidaya labu kuning yang baik dan juga benar. Nah pada kesempatan kali ini di artikel ini juga akan membahas mengenai metode dan cara menanam labu kuning langkah demi langkahnya. Sebelum memasuki langkah demi langkah, mari kita simak sedikit mengenai labu kuning itu sendiri.

Cek Juga : Cara Menanam Timun Suri

Metode dan cara menanam labu kuning merupakan salah satu buah yang sudah sangat terkenal dimana-mana dan bahkan di luar negeri pun labu kuning ini menjadi salah satu ikon untuk meramaikannya malam haloween pada musim gugur. Tidak hanya dijadikan sebagai hiasan atau dekorasi  buah labu kuning ini juga dimanfaatkan untuk berbagai macam bahan dasar makanan. Contohnya yaitu seperti di Indonesia, labu kuning ini dijadikan salah satu bahan dasar makanan kolak pada bulan Ramadhan. Nah bagaimana sih cara menanam labu kuning untuk mendapatkan buah labu yang baik dan juga berkualitas? Mari kita simak pembahasan mengenai cara menanam labu kuning dibawah ini

Cara Menanam Labu Kuning

Pembibitan labu kuning

Langkah awal pada metode dan cara menanam labu kuning ialah pembibitan. Labu kuning ini merupakan jenis tanaman yang mudah dibudidayakan. Dan cara budidayanya menggunakan cara generatif atau menggunakan biji. Pembibitan ini bisa kalian dapatkan dari buah labu yang sudah tua atau kalian bisa membelinya di toko-toko yang menyediakan bibit untuk budidaya buah labu. Sebelum kalian menanam, maka pastikan terlebih dahulu benih yang kalian gunakan itu mempunyai kualitas yang bagus. Dan berikut merupakan cara untuk mnendapatkan benih yang berkualitas bagus:

  • Pertama pilihlah buah yang baik dan juga bagus yakni memiliki ukuran yang besar, berwarna kulit cerah serta mempunyai pangkal buah yang kecil
  • Kedua, biarkan buah tersebut matang di pohonnya sendiri
  • Setelah buah matang lalu buah tersebut petik serta simpan selama 7 hari
  • Setelah itu potong secara melintang untuk mengambil bijinya
  • Berikutnya cuci biji tersebut secara menyeluruh dan rendam. Pilihlah biji tenggelam
  • Biarkan kering dibawah sinar matahari selama 3 hari hingga 4 hari
  • Setelah biji tersebut kering, maka biji sudah bisa ditanam atau disimpan
  • Apabila kalian ingin menyimpan bijinya, maka bungkuslah menggunakan kertas atau aluminium foil dan ikat dengan erat
  • Benih yang dibungkus tadi disimpan didalam toples lalu diberi arang atau abu

Persiapan lahan

Langkah selanjutanya pada cara menanam labu kuning yaitu pesiapan lahan. Labu kuning ini merupakan jenis tanaman yang memerlukan banyak ruang untuk pertumbuhannya. Maka labu kuning ditanam lebih sering ditanam  ditanah dibandingkan di dalam pot. Hal tersebut dikarenakan salah satu karakteristik pohon labu kuning ini menjalar atau merambat yang menyebabkan luas lahan sangat mempengaruhi pertumbuhan labu kuning tersebut. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman labu adalah tanah aluvial berhumus, tanah yang gembur kering berkas rawa, tanah andosol, tanah merah, dan tanah grumosol

Berikut adalah beberapa langkah untuk persiapan lahan labu kuning:

  • Pertama harus dipastikan terlebih dahulu area yang akan dipakai itu bersih dari gulma atau tanaman pengganggu. Apabila ada, maka tanaman liar itu bisa dipotong secara manual atau bisa juga dengan bantuan pemotong rumput. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa rumput yang dipotong itu dibakar hingga akhir atau habis. Sebab dikhawatirkan bila ada tumpukan rumput yang membusuk bisa menyebabkan sumber penyakit atau hama bagi tanaman kalian.
  • Kedua harus dipastikan yaitu lahan tersebut tidak hanya bebas dari gulma akan tetapi bebas dari bebatuan besar juga.
  • Lalu tidak adanya pohon atau bangunan besar yang dapat menghalangi labu kuning dari paparan sinar matahari.
  • Kemudian lahan ini harus mempunyai tanah yang gembur agar mampu menyerap air dan penyerapan air pada tanahnya bagus. Karena labu kuning ini membutuhkan air yang banyak untuk bisa tumbuh. Apabila daya serap tanah terhadap air tersebut kurang dan juga mengakibatkan air tersebut menggenang maka pertumbuhan labu kuning ini akan terhambat.
  • Apabila tanah tersebut telah digemburkan dengan menggunakan cangkul atau traktor, berikutnya yaitu dibuat bedengan yang berfungsi sebagai media tanam labu kuning tersebut. Bedengan memiliki lebar 1 meter dan ketinggian 30 cm. Untuk panjang bisa disesuaikan dengan yang ada.
  • Dan jika lahan yang kalian siapkan itu lumayan besar, maka buatlah bendengan lebih dari satu bedengan.
  • Jangan lupa juga buatlah lubang tanam dengan diameter sekitar 10 cm dan lebar 1 meter. Dan setiap lubang berjarak 40cm.
  • Lalu jangan lupa beri pupuk untuk pupuk dasar dan diamkan selama 1-2 minggu di setiap lubangnya.

 Tahap penanaman labu kuning

Tahap selanjutnya pada cara menanam labu kuning yaitu tahap penanaman labu kunng itu sendiri. Dikarenakn lahannya sudah siap, maka memasuki tahap penanaman labu kuning. Berikut dibawah ini langkah-langkah untuk penanaman labu kuning:

  • Pertama bersihkan terlebih dahulu tanah dari gulma
  • Lalu buatlah lubang tanam dengan diameter 25cm dan kedalaman 20cm. kemudai tambahkan pupuk ke dalam lubang tersebut. jangan lupa campurkan pupuk dengan tanah dari lubang tanam bekas serta diamkan selama satu minggu
  • Apabila sudah memasuki satu minggu, maka tanam benih labu kuning dengan 2 benih per lubang
  • Agar mencegah tanaman dari serangan siput ataupun cacing, kalian dapat menaburkan abu sekam ke dalam lubang tanam tersebut.

Perawatan serta pemeliharaan

Selain cara menanam labu kuning, tentu saja tanaman yang ditanam membutuhkan perawatan serta pemeliharaan. Berikut cara perawatan dan juga pemeliharaan untuk tanaman labu kuning:

  • Penyiraman. Penyiraman ini dilakukan secara rutin pada pagi hari dan juga sore hari atau dilakukan secukupnya agar tidak membuat lahan menjadi lembab dan tidak menggenangi lahan tanam
  • Pemupukan. Pemberian pupuk pada tanaman ini dilakukan secara rutin pada setiap 3 bulan sekali sejak saat penanaman benih.
  • Penyulaman.¬† Pada umumnya benih labu ini berkecambah 7 hari setelah tanam dan tunas akan terlihat di permukaan, apabila kalian melihat benih yang tidak tumbuh, maka segeralah gali lubang di tanah dan tambahkan benih baru untuk mengisi yang kosong tadi. Dengan melakukan cara ini maka anda dapat memastikan semua tanaman labu kuning akan dipanen dalam waktu yang bersamaan.
  • Penyiangan. Mulailah melakukan penyiangan saat tanaman berumur 3 hingga 4 minggu. Kalian dapat menggunakan cara manual untuk membasmi gulma atau tanaman liar. Pada musim kemarau gulma tidak tumbuh dengan cepat. Akan tetapi pada musim hujan gulma tersebut tumbuh secara cepat dan tidak heran jika kalian lebih giat menghilangkan gulma pada musim hujan.
  • Pemberian air atau lanjaran. Tanaman labu kuning ini termasuk tanaman yang merambat serta memerlukan lahan yang luas untuk tumbuh dan juga untuk berkembang. Untuk mempermudah perawatannya maka memberikan lanjaran ini dapat menjadi solusi agar tanaman labu kuning kalian tidak merambat tidak beraturan.
  • Pengendalian hama serta penyakit.¬†

Pemanenan

Setelah dilakukannya penanaman sserta perawatan, maka saatnya pemanenan. Untuk masa pemanenan ini memasuki usia tanaman sekitar 80 hari setelah tanaman di tanam. Labu kuning yang siap panen memiliki ciri-ciri seperti buahnya berwarna cerah, berkulit keras dan juga batangnya mongering.

Nah itulah cara menanam labu kuning. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian terimakasih!

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here