HomeSeputar PertanianMENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Bunga eforbia adalah salah satu bunga yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari, bunga eforbia memiliki warna yang berbagai macam seperti merah, kuning, putih, dan lainnya. Jenis bunga eforbia juga beragam mulai dari jenis siamese ruby, margaretha, red label, dan maish banyak lagi. Selain memiliki bentuk yang unik dan cantik, bunga eforbia ini memiliki beberapa bagian pada tubuhnya yang bisa dijadikan sebagai obat yang memiliki senyawa saponin dan tannin yang bersifat sebagai antimikroba pada beberapa bakteri. 

Cek juga : 7 jenis tanaman hias gantung

Bunga ini termasuk bunga yang memiliki toleransi tinggi terhadap suhu udara, bunga eforbia ini dapat tumbuh di dataran rendah yang bersuhu hangat pada siang hari sampai dataran tinggi yang suhunya relatif rendah. Bunga Euphorbia milii atau yang sering kita sebut bunga eforbia adalah tumbuhan semak dan tegak yang tingginya kurang lebih 40 hingga 180 cm. Bunga eforbia merupakan peka terhadap cahaya pada malam hari sama dengan bunga kastuba. Bunga eforbia biasa dijadikan tanaman hias pot, namun ada juga yang menanamnya sebagai tanaman pagar. 

Cek juga : 5 tanaman bunga yang bermanfaat sebagai tanaman obat

Berikut 7 jenis bunga eforbia yang unik dan cantik:

Red label

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang pertama adalah jenis red label, bunga jenis ini memiliki bentuk ukuran yang berbeda dari jenis bunga edforbia lainnya, Karena memiliki bentuk yang lebih kecil yaitu sebesar kancing baju. Meskipun memiliki bentuk yang kecil tapi bunga ini tetap cantik dan mempesona seperti bunga eforbia lainnya.

Siamese ruby

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang selanjutnya adalah jenis Siamese ruby, bunga ini dikabarkan berasal dari negeri siam atau yang sering kita sebut sebagai Thailand. Dan kata ruby mengacu pada fancy rose yang berwarna pink. Maka dari itu, bunga ini dinamakan jenis Siamese ruby. Jenis bunga eforbia yang satu ini memiliki warna dasar berwarna merah dengan garis hijau di bagian tengah bunga. Kumpulan bunga yang ada di ujung batang tanaman eforbia ini terlihat seperti membentuk mahkota, sehingga memiliki bentuk yang unik ditambah dengan warnanya yang cantik. 

Red chrismas

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Bunga jenis ini tidak kalah cantiknya dengan jenis bunga eforbia lainnya, warna merahnya yang anggun membuat tampilan bunga eforbia ini lebih memikat dan cantik. Jenis red chrismas ini memiliki ukuran bunga yang terbilang kecil, meskipun begitu bunga ini terlihat cantik meski dari sela-sela daunnya yang hijau. Bunga eforbia jenis ini bagus dengan percabangannya yang banyak sehingga lebih tegak dan kokoh. Bunga eforbia jenis ini juga sering dijadikan hiasan khususnya di hari-hari besar.

Margaretha

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Tidak kalah dengan jenis bunga eforbia yang lainnya, jenis ini juga mempunyai warna yang sangat menarik. Jenis margaretha memiliki warna dasar pink yang lembutdengan hiasan corak merah muda yang terlihat seperti membentuk batik. Jenis bunga eforbia yang satu ini juga sering dijadikan koleksi lantaran warnanya yang cantik yang nampak seperti corak batik. Ukuran bunga jenis margaretha ini berukuran sedang dengan jumlah yang tidak kalah banyak rimbun.

Hard Candy

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang selanjutnya yaitu jenis hard candy, bunga ini memiliki pink lembut dan corak merah pada bunga jenis ini muncul secara acak sehingga terlihat lebih unik.Ditambah lagi dengan dompolan bunga yang rimbun dan segar menjadikan nilai tambah kecantikan pada bunga eforbia jenis hard candy ini.

Hawaian sunset

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang satu ini memiliki warna bunga yang didasari dengan warna kuning dan merah seperti matahari tenggelam atau sunset, oleh karena itu jenis bunga eforbia yang satu ini dinamakan hawai sunset. Setiap bunga pada jenis ini ada sedikit corak merah dan hijau,. Bunganya biasanya menyelimuti batangsampai tidak menyisihkan tempat untuk bagian daunnya. Jenis bunga eforbia ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingan dengan jenis bunga eforbia lainnya, maka dari itu tidak heran banyak orang-orang yang mencari eforbia jenis ini untuk dijadikan koleksi. 

Snow angel

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang terakhir adalah jenis snow angel. Seperti terdengar dari namanya snow angel, bunga ini memiliki warna yang cantik dan menawan sehingga terlihat sepertti putri salju. Bunga eforbia jenis ini memiliki warna putih dan pink dengan sedikit hiasan warna kuning yang berada di tengah mahkota bunga, bunga jenis snow angel ini berukuran agak kecil, tetapi dengan jumlah yang banyak sehingga terlihat cantik dan anggun. 

Amygdaloides

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis bunga eforbia yang satu ini agak berbeda dengan lainnya. Pasalnya, bunga eforbia memiliki duri yang banyak di bagian batangnya, tapi lain halnya dengan jenis bunga eforbia yang satu ini karena jenis ini tidak memiliki duri di bagian batangnya. Jenis Amygdaloides ini dikabarkan berasal dari hutan Eropa, yang mempunyai ciri-ciri berwarna hijau di seluruh tubuhnya. 

Jade of bird

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis eforbia ini memiliki bunga yang sangat rimbun di banding dengan jenis lainnya, ciri khas inilah yang membedakan jenis eforbia jade of bird dengan jenis lainnya. Karena bunganya yang menumpuk-numpuk dan sangat rimbun.

Milii

MENGENAL 10 JENIS BUNGA EFORBIA

Jenis yang terakhir merupakan jenis eforbia yang sering kita temukan dibandingkan jenis lainnya, warna dari jenis eforbia ini beragam mulai dari putih, merah, dan oren. Harganyapun terbilang terjangkau, meskipun begitu jenis eforbia ini juga tidak kalah cantik dan menawan karena keindahan warnanya yang mennawan.

Berikut penjelasan mengenai bunga eforbia dan jenis-jenisnya, semua jenis bunga eforbia memiliki bentuk dan warna yang cantik. Maka, tidak heran kalau bunga yang satu ini sering dijadikan hiasan pajangan di pot maupun di halaman rumah.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here