Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman bunga merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk menghias. Hal ini dikarenakan bentuk dan tampilan bunga yang menarik, sehingga menambah kesan indah bagi objek yang dihias menggunakan sentuhan bunga. Selain itu tanaman bunga juga memiliki aroma yang wangi, tak heran jika banyak kegiatan atau aktivitas yang menambahkan tanaman bunga agar muncul aroma wangi yang khas. Namun ternyata tidak hanya berguna sebagai hiasan saja lho, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan manusia.

Berikut adalah 5 jenis tanaman bunga yang memiliki kegunaan bagi tubuh dan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat :

Bunga lavender

Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman bunga yang satu ini. Lavender memiliki ciri khas yaitu berwarna ungu. Pasti banyak diantara kita yang mengenal jenis bunga ini dari produk pengusir nyamuk bukan ? ya benar sekali. Jenis Lavender memang memiliki kegunaan dalam mengusir berbagai jenis serangga, yang mana diantara salah satu jenis serangga tersebut adalah nyamuk.

Maka tidak heran jika tanaman bunga lavender banyak digunakan dalam bahan baku pembuatan obat pengusir nyamuk, biasanya ditemukan dalam lotion maupun obat pengusir nyamuk lainnya. Sama seperti jenis bunga yang lainnya, selain untuk mengusir serangga, Lavender ternyata juga memiliki aroma khas yang menenangkan. Karena aroma yang menenangkan tersebut, maka tanaman bunga jenis ini mampu mengatasi gangguan kecemasan atau stress yang dialami oleh seseorang.

Selain untuk mengatasi rasa stress, Lavender juga dapat digunakan untuk mencegah kemungkinan perasaan depresi lho. Kandungan lain yang dimiliki oleh bunga lavender adalah berupa kalsium, zat besi, serta vitamin A. kandungan-kandungan tersebut berguna dalam mengurangi gejala yang dialami ketika fase pra-menstruasi serta karena adanya kandungan vitamin A, maka tidak mengherankan jika tanaman bunga lavender dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mata manusia.

Mawar

Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

Bunga mawar merupakan suatu jenis tanaman bunga yang kerap digunakan untuk acara-acara penting maupun symbol ucapan selamat dan harmonisme. Namun siapa sangka dibalik kecantikan bunga mawar, ternyata banyak tersimpan kegunaan tersembunyi khususnya untuk kesehatan. Mawar memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin serta antioksidan.

Selain kedua zat tersebut, Mawar juga memiliki kandungan vitamin C dan air yang cukup tinggi. Banyak olahan makanan maupun minuman yang menggunakan campuran bahan berupa Mawar, seperti misalnya the, kue, serta ice cream. Sejak zaman dahulu, di wilayah Tiongkok, jenis tanaman bunga ini banyak dimanfaatkan untuk aktivitas pengobatan apabila terjadi gangguan pencernaan.

Selain itu ramuan bunga mawar juga ampuh dalam mengatasi inflamai atau peradangan. Bagi kaum hawa yang memiliki keluhan berupa periode menstruasi tidak teratur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ramuan herbal bunga mawar ini.

   Chamomile

Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

Bagi pecinta drama korea pasti tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini ya. Chamomile sering digunakan sebagai campuran dalam minuman teh. Kandungan chamomile yaitu memiliki sensasi yang menenangkan sehingga tidak jarang bahwa teh chamomile memiliki kemampuan dalam memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Chamomile juga memiliki tingkat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas. Efek yang ditimbulkan adalah melancarkan pencernaan di dalam tubuh, meningkatkan kesehatan organ jantung, serta dapat menjaga kadar glukosa di dalam tubuh agar tidak melebihi batas normal. Kegunaan yang terakhir tersebut mampu mengatasi problem yang dialami oleh penderita penyakit gula darah atau diabetes.

Suatu penelitian banyak yang menyebutkan bahwa penderita yang memiliki kebiasaan meminum teh dengan chamomile maka ampuh dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih saja.

Dandelion

Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

Tanaman bunga jenis dandelion ini banyak ditemukan tumbuh subur di wilayah pegunungan. Dandelion memiliki bentuk yang cantik sehingga banyak digunakan untuk objek foto. Di samping memiliki keindahan bentuk bunga, dandelion menyimpan seribu manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia.

Bunga yang memiliki biji putih halus ini mengandung banyak vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, serta vitamin K. ketiga jenis vitamin tersebut sangat berguna bagi tubuh manusia. Selain itu, ada juga kandungan vitamin E dan vitamin B walaupun tidak sebanyak vitamin A,C, dan K. untuk jenis mineral yang terkandung dalam Dandelion ini yaitu berupa zat besi, magnesium, kalium, serta kalsium.

Perlu diketahui bahwa bunga dandelion memiliki kemampuan dalam mengikat radikal bebas karena memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu tanaman bunga ini juga ampuh dalam mencegah peradangan karena kandungan anti inflamasi di dalamnya. Untuk mengolah bunga ini, anda dapat mencampurkannya dalam salad, sup, maupun minuman the.

Bunga telang

Tidak hanya indah, 5 tanaman bunga yang berkhasiat sebagai tanaman obat

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal jenis bunga yang satu ini. Bunga telang memiliki ciri khas yaitu berwarna biru. Nama ilmiah dari Telang yaitu Clitoria Ternatea. Bunga telang merupakan jenis bunga yang berasal dari daratan asia tenggara. Karena warnanya yang cantik tersebut, maka tidak heran jika bunga telang banyak dimanfaatkan untuk mewarnai makanan.

Walaupun berasal dari daratan asia tenggara, bunga ini terkenal hingga ke India lho karena manfaatnya bagi tubuh manusia. Berbagai manfaat dari bunga telang yaitu mampu meningkatkan kinerja otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat manusia. Hal ini dikarenakan ada kandungan asetilkolin yang mana mampu meningkatkan kinerja neurotransmitter. Selain itu bunga telang juga mampu mengatasi rasa stress, cemas, hingga depresi lho.

Cek juga : 7 Tanaman hias gantung yang dapat anda tanam dirumah

Bagikan: