Delapan mitos tentang penyakit diabetes

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Beberapa diantara kita mungkin sering mendengar penyakit gula darah atau bahkan kencing manis ? itu merupakan sebutan lain bagi penyakit diabetes lho. Diabetes merupakan suatu penyakit dimana terdapat kandungan gula darah atau glukosa yang tinggi di dalam darah. Dan perlu diketahui bahwa diabetes saat ini merupakan penyakit yang cukup mematikan di dunia di samping penyakit jantung maupun kanker. Sehingga penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus dilakukan penanganan lebih lanjut oleh ahlinya. Apabila diabetes diacuhkan dan dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama akan mendorong terbentuknya komplikasi di dalam tubuh dan akan menciptakan berbagai penyakit baru, diantaranya stroke, kebutaan, bahkan yang paling fatal adalah penyakit yang menyerang ginjal dan jantung. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang berlangsung dalam rentang waktu yang panjang. Diabetes merupakan penyakit tidak menular. Namun banyak sekali beberapa kabar burung yang berkaitan dengan penyakit diabetes ini, dan banyak diantaranya dipercaya oleh masyarakat begitu saja. Sehingga pada kali ini akan dibahas beberapa mitos yang sering beredar di kalangan masyarakat tentang penyakit diabetes, berikut diantara mitos-mitos tersebut :

Penderita diabetes merupakan individu berumur lebih dari 50 tahun

Statement ini jelas salah besar dan hanya merupakan mitos. Penyakit diabetes bukan disebabkan oleh factor usia lanjut, tetapi ada factor lain seperti garis keturunan yang mengidap penyakit diabetes. Sehingga untuk kalangan usia manapun memiliki resiko menjadi penderitas diabetes lho. Apalagi jika sejak muda gaya hidup nya tidak sehat, sering mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi tanpa diimbangi olahraga menciptakan potensi yang tinggi untuk terserang penyakit gula darah

Diabetes bukan merupakan jenis penyakit yang berakibat fatal

Pernyataan ini sangat menyesatkan bagi pembacanya, sehingga apabila ada yang mempercayainya, maka memberikan resiko yang cukup parah jika sudah menderita penyakit apalagi stadium akhir. Menurut berbagai sumber, terdapat fakta yang cukup mencengangkan lho terkait penyakit diabetes ini. Angka kematian penderita diabetes di seluruh dunia ternyata melebihi jumlah kematian yang diakibatkan oleh penyakit kanker dan AIDS. Saking berbahaya nya, penyakit diabetes memberikan sumbangsih dalam menciptakan resiko serangan jantung. Walaupun masih dalam gejala awal, namun bila tidak segera ditangani maka akan muncul berbagai komplikasi penyakit yang akan berakibat fatal bagi penderitanya.

Orang yang memiliki berat badan berlebih pasti menderita diabetes tipe 2

Fakta yang benar bahwa diabetes tidak hanya dipengaruhi oleh berat badan lho. Ada banyak factor lain yang mendorong munculnya penyakit ini seperti keturunan yang justru menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Tidak sedikit orang dengan proporsi tubuh ideal tetapi mengidap diabetes, begitu juga tidak sedikit pula orang yang kelebihan berat badan atau obesitas yang tidak menderita diabetes.

Penderita diabetes dilarang berolahraga

Memang apabila anda melakukan pengobatan dengan suntik insulin tidak boleh asal asalan dalam berolahraga. Tetapi bukan berarti hal tersebut diartikan sebagai larangan berolahraga ya. Olahraga sangat penting untuk kesehatan, begitu juga untuk penderita penyakit diabetes, hanya saja perlu dilakukan konsultasi dengan dokter atau ahli yang menangani sekiranya olahraga apa yang diperbolehkan untuk dilakukan.

Makan makanan dengan kadar gula tinggi menyebabkan terserangnya penyakit diabetes

Pada dasarnya tidak semua tipe diabetes diakibatkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tnggi. Untuk penderita diabetes tipe satu justru diakibatkan oleh diabetes autoimun, yang mana sel-sel nya sendiri merusak tempat produksi insulin di dalam tubuh. Selain itu, hal tersebut tidak ada kaitannya dengan konsumsi berlebihan jenis makanan atau minuman yang mengandung gula

Penderita diabetes dianjurkan untuk tidak menggunakan sandal atau alas kaki sejenisnya

Pernyataan ini justru salah besar, mengingat penyakit diabetes yang menimbulkan luka sulit disembuhkan, maka anjuran untuk berjalan tanpa pakai alas kaki akan sangat berbahaya. Bagi orang yang mengidap diabetes, ketika memiliki luka maka akan beresiko sulit kering, dan luka akan tetap basah, maka tidak heran jika banyak kejadian amputasi beberapa bagian tubuh karena problem ini. Sehingga sangat dianjurkan untuk tetap menggunakan alas kaki guna menghindari hal-hal yang dapat melahirkan luka di tubuh.

Diabetes terjadi karena di dalam tubuh tidak terdapat produksi insulin yang cukup

Faktanya untuk diabetes tipe 1 memang produksi insulin terganggu akibat sel-sel yang justru merusak tempat produksi insulin di pancreas, tetapi kondisi ini berbeda untuk diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 justru tubuh memproduksi kadar insulin pada jumlah yang cukup dan normal. Namun yang menjadi masalah dalam penderita diabetes tipe 2 ini yaitu terdapat resistensi insulin, sehingga penyerapan glukosa menjadi terhambat. Pada kondisi yang sudah parah, penderita diabetes tipe 2 akan terjadi gagal produksi insulin, sehingga tindakan suntik insulin menjadi diperlukan.

Deteksi gula rendah dapat dirasakan oleh tubuh tanpa harus menggunakan alat

Mungkin beberapa diantara kita sering menyimpulkan sendiri penyakit yang diderita hanya melalui gejala atau apa yang dirasakan oleh tubuh, seperti misalnya seseorang menyimpulkan gula darah sedang rendah kalau kepala terasa pusing, gemetar, dan yang lainnya. Padahal bisa saja indikasi-indikasi tersebut menunjukkan penyakit lain, seperti anemia misalnya ?. gejala lain yang sering disimpulkan sendiri oleh orang sebagai penyakit diabetes adalah intensitas buang air kecil yang cukup sering. Padahal bisa jadi hal tersebut mengindikasikan anda terkena infeksi kandung kemih. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang akurat adalah dengan memeriksakan diri ke dokter atau ke apotek.

Bagikan: