6 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

by | Jan 20, 2021 | Tips Sehat, Cara Konsumsi | 0 comments

Bagikan:

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan sudah terbukti sejak dulu. Jahe merupakan salah satu bahan dasar ramuan herbal yang sejak zaman dahulu dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kegiatan pengobatan. Hal ini dikarenakan banyak kandungan zat atau senyawa baik yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dibutuhkan dalam proses pengobatan suatu penyakit, jahe juga sering dikonsumsi sebagai sajian minuman sama halnya dengan hidangan minuman lain seperti kopi maupun teh misalnya. Hidangan minuman jahe sering disebut sebagai wedang jahe.

Menurut artinya, wedang berasal dari Bahasa jawa, yaitu memiliki arti minuman yang dihidangkan ketika panas. Memang pada umumnya sajian jahe selalu disajikan dalam keadaan hangat atau panas. Wedang jahe tersusun dari banyak komposisi sederhana, yaitu diantaranya jahe segar yang telah dipotong atau diiris menjadi beberapa bagian, lalu ditambah dengan gula jawa, atau gula pasir sesuai selera, setelahnya ditambahkan air panas. Selain itu biasanya ada bahan campuran lain yang ditambahkan guna menciptakan rasa yang lebih menarik, seperti misalnya dengan menambahkan daun pandan, cengkeh, kayu manis, hingga batang serai atau bahkan susu. 

Manfaat Wedang Jahe

Seperti yang telah diketahui oleh mayoritas masyarakat, bahwa manfaat wedang jahe sangat banyak, selain untuk pengobatan penyakit, tetapi juga berguna untuk sekedar menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat wedang jahe yang dapat anda rasakan diantaranya adalah:

Sebagai anti inflamasi

Jahe memiliki kegunaan dan memberikan efek berupa anti peradangan atau anti inflamasi. Karena manfaat inilah dengan mengkonsumsi wedang jahe maka dipercaya mampu menyembuhkan radang sendi. Anti peradangan yang diciptakan oleh jahe mampu menurunkan dampak penyakit rematik. Biasanya penyakit rematik banyak menyerang individu dengan usia cukup lanjut, yaitu sekitar 40 hingga 60 tahun. Sehingga sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi wedang jahe agar terhindar dari radang sendi.

Mampu menurunkan rasa mual

Rasa mual atau dorongan ingin muntah sering dirasakan baik ketika sedang terserang masuk angin, kelelahan, bahkan ketika sedang melakukan perjalanan. Biasanya untuk mengurangi atau menghilangkan rasa mual ini, anda dapat mencobanya dengan mengkonsumsi minuman jahe yang hangat. Setelah mengkonsumsi minuman ini akan menimbulkan perasaan yang nyaman dan mendorong tubuh rileks.

Dapat meningkatkan kesehatan pernafasan

Gangguan pada organ pernafasan biasanya berupa batuk maupun flu dapat diatasi dengan mengkonsumsi wedang jahe. Sensasi hangat yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman ini akan membuat tenggorokan menjadi lebih hangat dan rileks.

Mampu digunakan untuk menurunkan berat badan berlebih

Bagi anda yang sedang melakukan kegiatan diet, maka sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi ramuan herbal berupa wedang jahe. Hal ini dikarenakan wedang jahe memiliki kemampuan dalam meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. Sehingga lemak akan dengan cepat terbakar dan tidak mengendap di dalam tubuh. 

Jahe kaya akan anti oksidan

Antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Biasanya radikal bebas tersebut jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker bahkan penyakit jantung dan penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi wedang jahe, maka dipercaya mampu mengurangi potensi tubuh terkena penyakit tumor maupun kanker lho.

Dapat mengontrol kadar gula darah 

Gula darah yang melebihi batas normal di dalam tubuh akan menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit diabetes ini jika dibiarkan terus menerus justru akan menimbulkan banyak penyakit komplikasi yang dapat berakibat fatal. Beberapa penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi wedang jahe sangat berguna untuk proses pengobatan penyakit diabetes dan mampu menjaga kadar glukosa dalam darah supaya dalam batas normal.

Manfaat wedang jahe yang telah di atas sebenarnya hanya sebagian kecil lho, masih banyak manfaat lain yang dapat anda rasakan ketika rutin meminum wedang jahe. Sehingga untuk mengobati beberapa macam penyakit tidak harus selalu menggunakan obat kimiawi ya, anda juga disarankan mencoba pengobatan alternative seperti ramuan herbal wedang jahe misalnya.

Cara Membuat Wedang Jahe

Untuk mengolah wedang jahe cukup sederhana lho. Berikut beberapa macam cara pengolahan wedang jahe diantaranya yaitu :

  1. Cara pengolahan yang pertama yaitu pilihlah jahe yang memiliki kualitas bagus, yaitu adalah jahe yang sudah cukup tua dan segar. Hal ini dilatarbelakangi oleh  aroma serta rasa yang dimiliki jahe tersebut akan lebih kuat. Selanjutnya bersihkan kulit jahe hingga bersih, bisa menggunakan pisau maupun alat lain.

    Alternative lain untuk menciptakan rasa yang makin kuat adalah dengan melakukan proses pembakaran terlebih dahulu sebelum dikupas. Lalu setelah jahe bersih dari kulitnya, dilakukanlah perebusan dengan menggunakan air, pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar. Biarkan hingga mendidih. Untuk menciptakan rasa yang sedikit manis, tambahkan gula, anda dapat menggunakan gula pasir maupun gula jawa.
  2. Cara pengolahan yang kedua yaitu dengan menambahkan berbagai macam tambahan bahan campuran seperti kapulaga, cengkeh, serai, hingga daun pandan. Pertama pangganglah jahe terlebih dahulu, angkat jahe apabila sudah berwarna kecokelatan. Lalu rebuslah jahe tersebut dengan bahan campuran di atas. Tunggu hingga air mendidih. Apabila sudah mendidih, biarkan hingga air rebusan yang tersisa kurang lebih seperempat dari jumlah takaran air ketika awal merebus. Setelah itu langkah terakhir adalah lakukan penyaringan. Tahap ini bertujuan untuk memisahkan air dengan ampasnya. 
  3. Cara pengolahan wedang jahe yang ketiga yaitu dengan menambahkan bahan campuran berupa susu ke dalam wedang jahe. Pilihan susu yaitu bisa menggunakan susu segar maupun susu bubuk/kental manis. Cara yang pertama untuk penggunaan susu segar, maka rebuslah jahe bersama dengan susu segar, serai, serta daun pandan. Tunggulah hingga rebusan tersebut mendidih. Hidangkan dengan menambahkan gula. Lalu apabila anda menggunakan susu bubuk atau kental manis, campurkanlah ketika rebusan jahe, serai, dan daun pandan sesaat sebelum disajikan.
Bagikan: