5 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Daun suji dikenal masyarakat sebagai bahan pewarna makanan alami. Kemampuannya dalam menciptakan warna hijau pada olahan makanan membuat tumbuhan ini sering dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kue atau jenis makanan lainnya. Selain daun suji, ada jenis tumbuhan lain yang memiliki kemampuan yang sama yaitu sebagai pewarna hijau pada makanan, yaitu tumbuhan pandan. Banyak diantara kita yang masih sulit membedakan kedua tumbuhan tersebut. Selain bentuk tumbuhannya yang sama, ternyata kegunaan mereka juga sama. Namun beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai perbedaan daun suji dan daun pandan adalah sebagai berikut :

  • Ukuran

Ukuran yang dimiliki oleh daun suji cenderung lebih pendek, sedangkan ukuran daun pandan lebih panjang.

  • Daun

Dalam konteks bentuk daun, terdapat perbedaan yang cukup mencolok, yaitu untuk daun suji memiliki tekstur yang kasar karena terdapat sedikit gerigi pada daunnya. Sehingga hal ini menyebabkan daun suji memiliki tekstur yang tajam

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak manfaat daun suji karena tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan zat atau senyawa yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Senyawa tersebut diantaranya berupa saponin, alkaloid, polifenol, dan masih banyak senyawa baik lainnya. Karena kandungan tersebut, maka tidak heran apabila banyak penyakit yang mampu disembuhkan oleh ramuan herbal berbahan dasar daun suji. Cara mengolah daun suji untuk masing-masing pengobatan juga memiliki perbedaan lho.

Berikut manfaat daun suji dan cara pengolahannya :

Daun suji untuk mengobati batuk

Batuk merupakan salah satu problem kesehatan yang menyerang organ pernafasan. Penyakit ini dapat digolongkan menjadi penyakit batuk berdahak dan batuk kering. Salah satu manfaat daun suji adalah dapat menjadi bahan mengobati batuk. Cara pengolahannya adalah dengan merebus daun suji bersama dengan air. Lalu tunggulah hingga mendidih. Apabila rebusan air daun suji sudah mendidih, maka angkat dan diamkan. Ramuan ini bagus dikonsumsi ketika masih hangat agar menciptakan sensasi melegakan di tenggorokan. Menurut beberapa sumber, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengobatan batuk, anda dapat mengkonsumsi ramuannya secara rutin setiap hari, dengan frekuensi konsumsi yaitu 2 kali dalam sehari, yaitu ketika waktu pagi serta waktu sebelum tidur.

Ramuan daun suji mengatasi penyakit sipilis

Penyakit syphilis merupakan jenis penyakit yang menyerang alat vital bagian reproduksi. Penyakit ini dapat digolongkan menjadi penyakit menular seksual sehingga perlu diobati secara cepat dan tepat. Ciri atau gejala penyakit syphilis yaitu ketika buang air kecil terdapat nanah yang menyertainya. Perlu diketahui bahwa penyakit ini dapat muncul karena infeksi maupun virus yang tersebar, hal ini diakibatkan oleh hubungan intim yang tidak menggunakan pengaman dan berganti-ganti pasangan. Untuk mengobati penyakit ini menggunakan ramuan herbal daun suji sebagai salah satu manfaat daun suji. Caranya adalah  rebus daun suji dengan air hingga mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin. Minumlah ramuan tersebut ketika masih hangat. Konsumsi rebusan daun suji secara rutin dengan jumlah satu hingga dua gelas setiap kali meminumnya. Manfaat daun suji ketika mengkonsumsi ramuan ini yaitu untuk upaya mengurangi serta menghentikan keluarnya nanah ketika buang air kecil.

Mampu mengatasi penyakit leukemia, beri-beri, hingga nyeri ketika datang bulan

Beberapa manfaat daun suji lainnya adalah mampu membantu mengobati atau mengurangi penyakit leukimia, beri-beri dan nyeri saat datang bulan. Leukemia adalah suatu penyakit mematikan yang menyerang sel darah merah, yaitu apabila sel darah putih justru produksinya meningkat tajam dan melawan sel darah merah. Lalu penyakit beri-beri merupakan jenis penyakit yang timbul akibat kekurangan salah satu vitamin, yaitu vitamin B, sehingga penyakit jenis ini mempengaruhi kinerja system tubuh. Penyakit ketiga yang dapat diatasi oleh ramuan herbal daun suji adalah sensasi nyeri ketika dating bulan. Bagi kaum hawa, rasa sakit di perut ketika masa menstruasi memang sangat menyiksa, bahkan beberapa diantara penderitanya bisa sampai pingsan karena rasa sakit yang teramat parah. Ketiga penyakit tersebut dapat diobati dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun suji. Konsumsilah scara rutin yaitu setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan agar proses penyembuhannya dapat berlangsung secara cepat. Khusus untuk pengobatan nyeri ketika haid, anda dapat mengkonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu ketika waktu pagi dan malam menjelang tidur.

Mampu mengontrol kadar kolesterol

Manfaat daun suji lainnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol. Kolesterol di dalam tubuh dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu jenis kolesterol baik dan yang kedua adalah jenis kolesterol jahat. Yang menjadi problem yaitu apabila kadar kolesterol jahat di dalam tubuh melebihi batas normal. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit diantaranya tekanan darah tinggi hingga jantung. Cara mengolah daun suji agar dapat mengatasi problem kolesterol yaitu dengan mengkonsumsi daun rebusan daun suji secara rutin. Gunakan lima lembar daun yang telah bersih dan rebus menggunakan air dua gelas. Tunggu hingga mendidih serta tersisa satu gelas. Konsumsilah sebanyak 3 kali, yaitu ketika pagi, siang, dan malam hari. Ramuan ini dapat berfungsi untuk mengontrol kolesterol di dalam tubuh.

Dapat digunakan untuk menangkal racun di dalam tubuh

Manfaat daun suji selanjutnya dapat digunakan sebagai penangkal racun. Tanpa disadari, bakteri dan virus banyak yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk menghilangkan racun di dalam tubuh baik berupa bakteri maupun virus caranya adalah dengan menyiapkan kurang lebih sebanyak 20 gram akar tumbuhan daun suji. Lalu bersihkan bagian akar tersebut. Selanjutnya rebus dengan menggunakan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga mendidih dan tersisa hanya satu gelas. Minum sebanyak satu hari sekali.

Sekian beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Bagikan: