10 Manfaat Daun Meniran, Cegah Radikal Bebas hingga Mengobati Hepatitis B

by | May 29, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman yang memiliki bentuk sangat mirip dengan putri malu ini adalah salah satu tanaman yang memiliki nilai sangat tinggi, khususnya kegunaan untuk dunia kesehatan. Namun sering kali kehadirannya diabaikan dan hanya dianggap sebagai rumput liar saja. Tanaman meniran atau yang dalam nama latin yaitu Phyllanthus Urinaria memang banyak tumbuh subur di pekarangan. Tanaman ini bisa beradaptasi di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 100 m dpl. Walaupun sering dianggap sebagai rumput liar, ternyata manfaat daun meniran ini mampu mengobati segala jenis penyakit dan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan

Beberapa karakteristik tumbuhan meniran yaitu mampu tumbuh dengan ketinggian lebih dari 1 meter. Bentuk bagian batangnya bulat serta tumbuh tegak lurus. Bagian daun tanaman meniran berukuran kecil dan memiliki jarak serta lonjong. Bagian bunga yang yang dimiliki oleh tanaman meniran tumbuh bagian ketiak daun. Diantara kandungan yang ditemukan dalam tanaman ini yaitu zat filantin, damar, kalium, dan masih banyak lainnya. Beberapa manfaat daun meniran untuk bidang kesehatan yaitu :

1. Daun meniran memiliki kemampuan menurunkan resiko terkena penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. 

manfaat daun meniran yang pertama adalah mampu mengobati penyakit ginjal melalui pengikisan ukuran batu yang mengendap di organ ginjal maupun kandung kemih. Sehingga melalui fungsi ini batu ginjal bisa dikeluarkan dalam ukuran kecil. Selain itu dengan mengkonsumsi daun meniran, di klaim mampu melonggarkan atau meningkatkan elastisitas ureter, sehingga akan memudahkan pengeluaran batu ginjal. 

2. Daun meniran dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh

manfaat daun meniran kedua yaitu berkaitan dengan kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika ia mampu menangkal radikal bebas ke dalam tubuh. Jika dibiarkan saja, radikal bebas berpotensi untuk menimbulkan kerusakan pada sel sehingga ada kemungkinan untuk menimbulkan berbagai penyakit. kandungan antioksidan pada daun meniran juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Konsumsi daun meniran bermanfaat untuk mencegah virus

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 menyatakan bahwa manfaat daun meniran dalam hal menangkal virus yang akan masuk ke dalam tubuh. Begitu juga dengan HIV dan penyakit hepatitis B bisa dicegah dengan mengkonsumsi tanaman ini lho.

4. Daun meniran mampu mencegah inflamasi

manfaat daun meniran selanjutnya adalah untuk mencegah peradangan. Kemampuannya ini diklaim hamper sama dengan ibuprofen lho. Di samping itu, bagi anda yang memiliki keluhan berupa peradangan lambung/tukak lambung, sangat disarankan untuk mencoba pengobatan menggunakan daun meniran karena dapat menenangkan peradangan pada dinding lambung.

5. Daun meniran dapat menimbulkan efek diuretic.

Poin kelima dari manfaat daun meniran yaitu memiliki efek diuretic. Efek diuretic adalah berkaitan dengan system eksresi pada tubuh. Salah satu zat yang berguna untuk meningkatkan efek diuretic adalah Phyllanthus niruri, yang mana zat tersebut terkandung dalam daun meniran. Yang perlu dietahui bahwa efek diuretic ini penting karena mampu mengeluarkan natrium serta air dari tubuh. Sehingga dampaknya secara tidak langsung adalah dapat mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang berkaitan dengan kandungan natrium dalam tubuh.

6. Daun meniran bertindak sebagai anti bakteri

Penyakit yang menyerang tubuh manusia sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Sehingga perlu dibentuk kekebalan tubuh agar dapat menangkal infeksi tersebut. Salah satu cara yang dapat anda lakukan agar terhindar dari infeksi bakteri yaitu dengan mengkonsumsi daun meniran. manfaat daun meniran yaitu Pada daun meniran terkandung zat phyllanthus niruri yang mampu menangkal mikro, khususnya bakteri H. pylori. Pada dasarnya, bakteri H. Phylori ini jika dalam jumlah normal tidak berbahaya, dan justru sering ditemukan dalam beberapa saluran pencernaan. Namun jika jumlahnya melebihi batas normal, biasanya akan menimbulkan beberapa penyakit seperti infeksi lambung bahkan mual.

7. Daun meniran efektif digunakan untuk mengobati diabetes

Diabetes atau yang lebih sering disebut dengan penyakit gula ini adalah suatu gangguan kesehatan ketika level gula darah dalam tubuh manusia melebihi batas normal. Sehingga langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa sembuh dari penyakit ini adalah dengan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. manfaat daun meniran lainnya yaitu ternyata kandungannya mempunyai sifat anti diabetes. Cara kerjanya adalah dengan mencegah penyerapan glukosa dalam tubuh dan mengalihkannya ke penyimpanan. Sehingga level gula darah di dalam tubuh bisa stabil.

8. Daun meniran bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh

Masih berkaitan dengan zat yang terkandung dalam daun meniran, yakni adalah phyllanthus niruri ternyata memiliki kemampuan dalam menekan perkembangan kanker di dalam tubuh, diantaranya adalah jenis kanker payudara dan kanker paru-paru. Pernyataan ini dikeluarkan sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 yakni zat berupa polifenol yang ditemukan di dalam daun meniran efektif dalam menekan potensi invasi, migrasi, serta adhesi dari sel kanker.

9. Daun meniran dapat meningkatkan kesehatan hati

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, kandungan dalam daun meniran yaitu phyllanthus polyphyluss, phyllanthus indofischeri, serta phyllanthus emblica memiliki kemampuan untuk menjaga sel hati dari kerusakan, terutama dari paparan hydrogen peroksida. 

10. Daun meniran mampu mengobati penyakit Hepatitis B. 

manfaat daun meniran  yang terakhir adalah dapat menyembuhkan hepatitis B. Hepatitis B adalah suatu jenis penyakit yang menyerang organ Hati, dan penyebabnya adalah virus Hepatitis B. penyakit ini bisa dikategorikan dua jenis, jenis yang pertama adalah penyakit hepatitis ringan atau bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan khusus, dan jenis kedua adalah penyakit hepatitis B kronis yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menetap dan bertahan di dalam organ hati. Nah karena daun meniran memiliki zat yang bersifat anti virus, maka bagi anda yang terinfeksi jenis penyakit ini disarankan untuk mencoba mengkonsumsi ramuan daun meniran, agar organ hati kembali sehat dan sembuh dari infeksi virus Hepatitis B.

Bagikan: