HomeTips SehatCara membuat Cuka Apel

Cara membuat Cuka Apel

Cara membuat cuka apel bisa dibilang tidak terlalu sulit. Karena, pada dasarnya cara membuat cuka apel itu menggunakan metode fermentasi. Cara membuat cuka apel bisa dibilang mudah karena dalam proses pembuatannya tidak dibutuhkan keahlian khusus didalamnya. Oleh karena cuka apel memiliki segudang manfaat dan cara membuat cuka apel juga terbilang tidak sulit, maka tidak heran jika masyarakat banyak yang membuat olahan cuka apel secara mandiri.  Cuka apel yang dibuat mandiri akan menghemat dari berbagai aspek mulai dari bahan, biaya, dan jumlah yang diinginkan. 

Cek juga info tentang : Cara membuat jamu beras kencur yang kaya dengan manfaat

Manfaat dari cuka apel sudah tidak diragukan lagi. Namun, dalam pengonsumsian cuka apel ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, mulai dari takaran yang dikonsumsi, kadar cuka apel yang digunakan, waktu pengonsumisan, dan kondisi tubuh saat pengonsumsian  merupakan beberapa hal yang haru diperhatikan. 

Cara membuat cuka apel terbilang praktis, dan itu alasan sederhana yang membuat seseorang ingin membuat cuka apel sera mandiri. 

Berikut cara membuat cuka apel, dijabarkan sebagai berikut :

Cari apel yang bagus dan segar

Sebagai langkah pertama cara membuat cuka apel, hal pertama kali yang harus dilakukan yaitu memperoleh apel yang bagus dan segar. Meskipun apel akan difermentasi dalam waktu yang terbilang lama, pemilihan apel menentukan cita rasa akhir dari cuka apel yang dibuat. Maka, pemilihan apel yang berkualitas diharapkan mendapatkan hasil cuka apel yang berkualitas dan yang terbaik. Jika ingin mendapatkan cuka apel yang lebih kompleks dan kuat, disarankan menggunakan kombinasi jenis apel yang berbeda. Misalnya dua apel manis dikombinasikan dengan satu apel dengan rasa yang tajam. Kombinasi jenis apel ini bertujuan untuk mendapatkan cuka yang agak tajam.

Cuci bersih apel yang telah disiapkan

Setelah pemilihan jenis apel apa yang akan digunakan. Kemudian cuci bersih apel dengan air. Bersihkan apel dengan menyeluruh gosok dan bilas dengan air agar hal yang tidak diinginkan tidak ikut masuk ke dalam cuka. Makin banyak apel yang digunakan maka, makin banyak pula cuka yang dihasilkan.

Potong apel

Langkah ketiga cara membuat cuka apel yaitu memotong apel menjadi kotak-kotak kecil.

Pindahkan apel yang telah dipotong ke toples kaca

Setelah apel dipotong dengan bentuk dadu. Langkah selanjutnya cara membuat cuka apel yaitu memindahkan apel ke toples kaca. Yang mana toples kaca sudah dibersihkan dan disterilkan. Kemudian, isi toples hingga penuh ¾ bagian. Dalam melakukan fermentasi jangan menggunakan wadah yang berbahan besi tahan karat karena keasaman cuka mampu merusak baja, sehingga logam bisa arut dan mengubah rasa cuka.

Rendam apel

Cara membuat cuka apel selanjutnya yaitu rendam potongan apel dalam toples dengan air dan pastikan bahwa apel terendam seluruhnya agar fermentasi yang dilakukan berhasil dan apel tidak membusuk. Jika apel membusuk maka akan merusak cuka secara keseluruhan.

Tambahkan 1 sendok teh atau kira-kira 4 gram gula kristal

Setelah merendam apel dengan air, kemudian tambahkan 1 sendok teh atau kira-kira 4 gram gula kristal. Pastikan gula terlarut dengan rata dalam toples fermentasi. Gula ini akan terefermentasi sehingga berubah menjadi alkohol dan sari buah apel akan menjadi cuka apel. Alternatif lain selain gula bisa menggantinya dengan madu atau jenis gula lainnya.

Tutup Toples dengan kain saring

Langkah selanjutnya cara membuat cuka apel yaitu menutup toples kaca dengan kain saring yang diikat dengan karet gelang. Sehingga toples akan tetap tertutup dan gas hasil fermentasi tetap bisa keluar.

Simpan toples ditempat yang gelap dan hangat

Tahap selanjutnya dalam cara membuat cuka apel yaitu masuk ke tahap fermentasi cuka. Simpan toples ditempat yang gelap dan hangat. Dan juga toples ditaruh di tempat dengan suhu ruang yaitu sekitar 20 derajat celsius.

Aduk campuran setiap hari atau 2x sehari

Rutin mengaduk campuran setiap sekali ataupun dua kali sehari. Mengaduk rutin bertujuan untuk membantu proses fermentasi.

Tunggu hingga apel tenggelam di dasar topless

Jika sudah tenggelam hal ini menandai bahwa apel sudah terfermentasi dan apel tersebut sudah tidak diperlukan lagi untuk membuat cuka.

Saring apel dari air sarinya

Kemudian saring apel dari air sari apel kemudian tuang sari apel kembali ke toples, dan tutp kembali dengan kain saring dan ikat dengan karet gelang.

Tunggu hingga 3-6 minggu

Langkah selanjutnya cara membuat cuka apel yaitu membiarkan sari apel selama 3-6 minggu agar terfermentasi. Tidak lupa untuk mengaduknya dengan rutin setiap hari yang sudah ditentukan.

Pindahkan cuka yang telah terfermentasi ke toples kaca yang memiliki tutup

Cara membuat cuka apel selanjutnya yaitu memindahkan cuka yang telah terfermentasi ke toples kaca yang memiliki tutup. Sebelum itu pastikan toples baru yang digunakan sudah steril dan bersih.

Pastikan menyimpan cuka di lemari es agar tidak rusak

Langkah terakhir dari cara membuat cuka apel yaitu pastikan menyimpan cuka di lemari es agar tidak rusak. Karena, dengan menyimpan cuka apel di kulkas maka mampu menghentikan proses fermentasi, dan jika disimpan disuhu ruangan maka cuka bisa terus terfermentasi.

Dari penjabaran diatas memang untuk membuat cuka apel terbilang sangat mudah. Cara membuat cuka apel memiliki step-step yang mampu dikerjakan oleh orang yang bukan ahlinya. Meski begitu dalam pembuatan cuka apel dibutuhkan waktu yang terbilang lama. Oleh karena itu, jika memang benar-benar sedang membutuhkan cuka apel, sangat disarankan untuk membelinya saja di toko terdekat.

Cara membuat cuka apel memperllihatkan tahapan-tahapan yang panjang dalam sebuah proses. Maka dari itu, cara membuat cuka apel dibutuhkan keuletan dan ketelitian yang bagus agar tingkat keberhasilan cuka itu tinggi. Jika ingin mengonsumsi cuka apel pastikan lakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Karena ada beberapa kondisi yang membaut sesorang tidak boleh mengonsumsi cuka apel. Dengan mengetahui kondisi tubuh maka sebagai seorang manusia akan mengetahui dan menimbangkan hal apa yang ingin diperoleh dari manfaat cuka apel. Sehingga cuka apel mampu bekerja dengan efisien sesuai harapan.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here