HomeSeputar Pertaniancara membuat bonsai bunga bougenville

cara membuat bonsai bunga bougenville

Cara membuat bonsai bunga bougenville atau biasa dikenal dengan sebutan bunga kertas ini merupakan salah satu tanaman hias yang sering ditanam di Indonesia. Tanaman ini bisa ditanam dengan cara membuat bonsai bunga bougenville. Cara membuat bonsai bunga bougenville ini pun tidaklah rumit sehingga banyak masyarakat yang telah melakukannya. 

Bunga bougenville ini memiliki nama ilmiahnya yaitu Bougainvillea. Bentuk dari tanaman ini yakni menyerupai pohon kecil yang indah walau nampak seperti pohon yang sulit untuk tumbuh dengan tegak. Warna bunganya yang indah menjadi daya tarik utama dari bunga bougenville tersebut. Pada bunga bougenville ini mempunyai beraneka ragam jenis yaitu seperti bambino majik, Alexandra sampai bambino baby lauren. Bunga ini disukai banyak orang dengan dijadikannya sebagai tanaman hias sebab dalam perawatannya yang cukup mudah dan juga cocok untuk tumbuh di daerah tropis.

Cek juga : 8 Jenis bunga bougenville

Pada umumnya bunga bougenville ini dibuat bonsai supaya mempunyai tampilan yang lebih cantik dan juga lebih menarik. Nah bagaimana cara membuat bonsai bunga bougenville? Mari kita simak caranya seperti dibawah ini:

Langkah-langkah cara membuat bonsai bunga bougenville

Siapkan alat dan bahan

Langkah pertama dalam membuat bonsai bunga bougenvil yaitu mempersiapkan alat dan juga bahan yang diperlukan.  Alat dan bahannya pun cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Pot
  • Pisau
  • Gunting tanaman
  • Tali atau kawat
  • Tang 
  • Sekop
  • Bibit bunga bougenville
  • Pupuk kandang atau pupuk kompos
  • Pupuk anorganik
  • Kerikil 
  • pasir
  • Plastik
  • Solasi 
  • Media tanam

Alat dan bahan yang digunakan tersebut bisa memakai peralatan yang ada dirumah atau kalian bisa mencarinya dengan membeli pada toko sekitar yang menjualnya. Pada media tanam dan pupuk pun bisa didapatkan dengan membeli pada toko tanaman hias yang berada di sekitar. Setelah alat dan bahan siap, lanjut pada tahap pembuatan bonsai bunga bougenville.

Memilih bibit bunga bougenville

Cara membuat bonsai bunga bougenville yang kedua yaitu berada dalam tahap pemilihan bibit bunga bougenville yang bagus dan juga berkualitas. Bibit bunga bougenville yang bagus dan berkualitas yaitu bibit yang memiliki kondisi sehat, daun subur serta memiliki warna hijau cerah dan terbebas dari hama serta penyakit. Bibit bunga ini dapat berasal dari hasil stek ataupun cangkok. Bibit bunga yang diambil dari hasil stek atau cangkok akan menghasilkan tanaman dengan akar yang kuat. Hal itu dikarenakan pada bibit tersebut tidak mempunyai akar tunggang melainkan lateral.

Menyiapkan media tanam

Setelah mendapatkan bibit bunga bougenville, maka selanjutnya menyiapkan media tanam yang baru jangan menggunakan media tanam bekas tanaman lain. Pada media tanam ini campurkan tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 2 : 1. Lalu kerikil terlebih dahulu dimasukkan pada bagian paling bawah pot supaya proses aerasi bisa berjalan dengan baik. Dan setelah kerikil masuk dalam pot jangan lupa juga masukkan bibit bunga bougenville ke dalam pot secara tegak lurus serta yang terakhir yaitu masukkan media tanam sampai penuh.

Supaya tanaman bonsai bisa berkembang dengan sempurna, maka pilihlah pot yang kuat serta kokoh. Cuci pot terlebih dahulu sebelum digunakan hingga bersih agar terbebas dari kotoran maupun hama serta penyakit yang menempel. Atau bisa juga dengan cara merendam pot dengan menggunakan larutan insektisida. Gunakan larutan tersebut dengan dosis 0,06 hingga 1% lalu jemur pot tersebut dibawah sinar matahari selama sekitar 10 hingga 15 menit.

Setelah melakukan persiapan media tanam dan juga pemindahan bibit bunga bougenville pada pot baru yang menjadi syarat untuk membuat bonsai bunga bougenville. Berikut merupakan cara membuat bonsai bunga bougenville untuk lebih rapi dan terlihat menarik:

Pemangkasan daun, cabang dan ranting

Lakukan pemangkasan daun yang tidak perlu pada tanaman bunga bougenville agar memperindah tampilan bonsai, selain itu pemangkasan daun ini juga bertujuan agar mengurangi penguapan yang berlebih sehingga tanaman tidak stress dan tidak mati. Selain pemangkasan pada daun, pemangkasan ini juga dilakukan pada cabang dan juga ranting yang terlihat kurang menarik. Pemangkasan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pisau atau gunting. Pemangkasan ini pun mesti hati-hati supaya tidak melukai cabang dan juga rantingnya. Cara supaya tidak melukai cabang beserta rantingnya pada pemangkasan yaitu dengan cara membungkus cabang serta ranting yang tidak dipangkas menggunakan karet ban. Setelah pemangkasan selesai dan saatnya untuk membentuk serta mempercantik bonsai bougenville ini.

Membuat kerangka bonsai

Nah car membuat bonsai bunga bougenville selanjutnya yaitu membuat kerangka dasar bonsai untuk mempercantik tampilan bonsai bunga bugenvill ini, siapkan beberapa alat seperti kawat, tali sert gunting untuk memotong. Dalam proses mempercantik tampilan bonsai ini diperlukan kreativitas masing-masing orang yang ingin membuat bonsai tersebut. Lakukan proses membonsai ini dengan sesuai selera masing-masing. Setelah kerangka dasar yang diinginkan sesuai selera tersebut sudah selesai dibuat, maka jangan lupa mengikatnya dengan kawat supaya posisinya tidak bergeser.  Kerangka bonsai sangatlah banyak bentuknya mulai dari tegak lurus sampai bentuk yang unik seperti mahkota asimetris atau bahkan bentuk batang yang berliku. Namun buatlah kerangka bonsai tersebut sesuai dengan selera masing-masing.

Perawatan bonsai

Setelah melakukan semuanya dan bonsai bunga bougenville tersebut sudah siap. Maka jangan lupa lakukan perawatan pada bonsai tersebut. Selama proses pertumbuhan tanaman tesebut maka pangkaslah beberapa daun yang tumbuh tak beraturan atau memangkas ranting yang bertumpang tindih agar bonsai tak rusak. Dan lakukan penyiraman pada tanaman bonsai dengan secukupnya saja supaya tanaman tidak kering.

Cek juga  cara membuat bonsai melati

Nah itu dia ulasan mengenai cara membuat bonsai bunga bougenville. Cukup mudah bukan? Semoga dengan ulasan cara membuat bonsai bunga bougenville ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin membuat bonsai bunga bougenville.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here