6 Manfaat Tapak Dara, Mengobati Diabetes hingga Kanker

by | May 21, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Tumbuhan tapak dara merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia. Tumbuhan ini berasal dari wilayah Madagascar dengan nama latin yaitu Catharanthus roseus. Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan ini yaitu memiliki tampilan bunga yang cantik, sehingga tidak heran jika tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu koleksi tanaman hias yang ditempatkan di halaman rumah. Selain itu banyak sekali manfaat tapak dara untuk kesehatan dan mampu mengobati penyakit diabetes hingga kanker.

Bagian batang tanaman tapak dara memiliki tekstur yang lentur, dan untuk bagian daunnya memiliki bentuk cenderung oval. Bunga tapak dara biasanya memiliki warna ungu muda. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 1 meter lho. Tanaman tapak dara dapat tumbuh subur di wilayah tropis, khususnya di daerah dataran rendah. Maka tidak heran jika di daerah yang bersuhu dingin atau yang intensitas cahaya mataharinya rendah, tanaman tapak dara kurang bisa survive. 

Tanaman tapak dara memiliki nama atau sebutan yang bermacam-macam di berbagai wilayah. Seperti misalnya di daerah Sulawesi, tanaman ini memiliki sebutan sindapor. Lalu sebutan lain yaitu kemunting china berasal dari daerah Malaysia, serta sebutan tapak dara di negara tetangga kita yaitu Filipina adalah tsitsirika. 

Beberapa kandungan zat atau senyawa aktif yang dimiliki oleh tumbuhan tapak dara yaitu diantaranya alkaloid dan flavonoid. Yang mana kedua zat tersebut memiliki sifat yaitu anti kanker. Sehingga Karena sifat itulah tanaman tapak dara ini memiliki kegunaan dalam pengobatan kanker. Sebenarnya pemanfaat tanaman ini di dunia kesehatan sudah berlangsung cukup lama lho. Dalam pengobatan tradisional sudah tidak asing lagi dengan pemakaian tapak dara sebagai salah satu bahan dasar ramuan obat. 

Nah berdasarkan banyaknya kandungan senyawa baik itu maka tidak heran jika tanaman ini memilik banyak kegunaan di bidang kesehatan.

Berikut akan dibahas manfaat tapak dara diantaranya adalah :

  1. Tapak dara dapat membantu pencegahan tumbuhnya kanker

Manfaat tapak dara yang pertama adalah berkaitan dengan pengobatan kanker. Kanker adalah suatu penyakit yang timbul karena adanya pembelahan sel yang tidak bisa dikontrol. Penyakit ini merupakan salah satu jenis yang paling mematikan di dunia. Untuk mengobati penyakit kanker biasanya sering menggunakan obat kimiawi seperti kemoterapi atau menggunakan obat herbal alami. Seperti yang kita tahu bahwa pengobatan kimiawi memberikan efek samping seperti kerontokan rambut, dan masih banyak lainnya. Alternative yang bisa dicoba untuk menyembuhkan kanker adalah salah satunya dengan menggunakan tanaman tapak dara. Kandungan berupa vinorelbine, vineblasine, dan vincristine di dalam tanaman ini memiliki kemampuan untuk mematikan pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh manusia.

  1. Tapak dara mampu menekan potensi penyakit diabetes

Manfaat tapak dara yang kedua yaitu mampu menyembuhkan diabetes. Diabetes atau yang sering kita sebut dengan penyakit gula adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah seseorang yang berada di atas batas normal. Diabetes yang sudah kronis biasanya akan menimbulkan penyakit komplikasi, seperti stroke, ginjal, dan lainnya. Cara penyembuhan penyakit diabetes salah satunya adalah dengan memanfaatkan ramuan tapak dara. Di dalam tanaman ini terdapat kandungan yaitu berupa zat atau senyawa yang mampu mendorong usus agar lebih sedikit dalam menyerap glukosa yang terkandung dalam makanan. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Ketiga senyawa tersebut diantaranya adalah flavonoid, fenolik, dan alkaloid.

  1. Tapak dara memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan

Poin ketiga yang masih berkaitan dengan Manfaat tapak dara yaitu memiliki Kandungan berupa alkaloid yang ditemukan dalam tanaman tapak dara berfungsi untuk mencegah inflamasi dan mampu memberikan pengaruh pada kinerja saraf yang ada di dalam tubuh. Senyawa flavonoid tersebut memiliki fungsi untuk membuat kinerja saraf dan sendi menjadi lebih rileks dalam menyalurkan impuls listrik. 

  1. Tapak dara memiliki kegunaan sebagai obat pencahar

Melangkah ke Manfaat tapak dara selanjutnya yaitu adalah untuk melancarkan system pencernaan dalam tubuh manusia. Hal ini sering disebut sebagai obat pencahar perut yang alami. Alasannya karena senyawa yang ada di dalam tapak dara mendorong organ pencernaan khususnya usus untuk berkontraksi lebih kuat sehingga menimbulkan rasa ingin buang air besar. Pada tapak dara juga ditemukan kandungan berupa serat yang mana memiliki kemampuan untuk memperlancar buang air besar. 

  1. Tanaman tapak dara memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 

Masih berkaitan dengan Manfaat tapak dara , ternyata menurut beberapa penelitian diketahui bahwa tanaman ini banyak mengandung antioksidan. Zat atau senyawa berupa anti oksidan berguna untuk mencegah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa senyawa anti oksidan yang ditemukan dalam tanaman tapak dara adalah flavonoid, fenolik, syringic acid, dan masih banyak lagi lainnya. Selain untuk menangkal radikal bebas, kandungan anti oksidan tersebut juga mampu mengembalikan kadar kolesterol ke dalam level normal. Kegunaan lain dari tanaman ini berkaitan dengan kandungan anti oksidannya adalah mampu melindungi kulit dari potensi terkena kanker kulit akibat paparan cahaya matahari dalam intensitas cukup tinggi.

  1. Tanaman tapak dara dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka

Manfaat tapak dara yang terakhir adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan berupa ekstrak etanol yang ditemukan pada tanaman tapak dara ini juga mampu memperbarui sel-sel tubuh yang rusak, serta efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Jadi bagi anda yang memiliki luka luar, maka anda sangat disarankan untuk mencoba mengatasi hal tersebut dengan menggunakan ramuan yang berbahan dasar tanaman tapak dara. 

Nah jadi demikian beberapa kegunaan atau manfaat tapak dara dalam dunia kesehatan. Diantara keenam manfaat tapak dara tersebut, sebenarnya masih ada kegunaan lain diantaranya untuk membantu penyembuhan sakit batuk maupun pilek, mampu menurunkan gejala hipertensi atau darah tinggi, dapat membantu penyembuhan sakit sariawan, serta masih banyak lagi yang lainnya. 

Bagikan: