6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Dalam dunia medis, penyakit lemah jantung memiliki sebutan lain yaitu kardiomiopati. Penyakit lemah jantung itu sendiri timbul karena adanya kelainan pada otot jantung. Kondisi otot jantung yang menyebabkan timbulnya penyakit lemah jantung yaitu karena komposisinya yang renggang, lemah, maupun struktur otot jantung yang bermasalah. Gambaran lebih rinci dari penyakit lemah jantung yaitu penyakit ini mampu menyebabkan kondisi otot jantung menjadi lebih besar, selain itu teksturnya juga kaku dan tebal.

Perlu diketahui bahwa kegunaan organ jantung yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga jika seseorang mengidap penyakit lemah jantung, maka kinerja jantung dalam memompa darah akan tidak optimal. Akibat lebih lanjut yaitu berupa irama detak jantung menjadi tidak beraturan, permasalahan berupa penumpukan darah di organ paru-paru, hingga yang paling fatal adalah gagal jantung dan berujung pada kematian.

Secara umum, kardiomiopati atau yang kita kenal dengan penyakit lemah jantung ini memiliki jenis yang cukup beragam. Berikut merupakan jenis-jenis lemah jantung :

  1. Dilated cardiomyopathy

Dilated cardiomyopathy yaitu salah satu jenis penyakit lemah jantung yang diakibatkan oleh bagian bilik kiri pada jantung yang berubah ukuran menjadi lebih besar, serta kondisi otot jantung menjadi lebih tipis dibandingkan keadaan normal. Hal tersebut menyebabkan kemampuan jantung untuk memompa darah menjadi menurun. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan berbagai kondisi fatal seperti gagal jantung, hingga aritmia.

  1. Hypertrophic cardiomyopathy

Jenis jantung lemah yang satu ini terjadi karena pembesaran maupun penebalan otot jantung.

  1. Restrictive cardiomyopathy

Penyakit ini terjadi karena bilik jantung yang kaku namun dinding nya tidak tebal.

  1. ARVD

Jenis keempat ini terjadi jika otot di bilik kanan justru tergantikan oleh lemak dan sejenisnya, sehingga detak jantung menjadi tidak berirama.

  1. Peripartum cardiomyopathy

Biasanya terjadi karena bilik dan otot yang melebar. Jenis jantung lemah ini terjadi ketika masa kehamilan serta beberapa waktu pasca melahirkan

  1. Unclassified cardiomyopathy

Untuk mengobati penyakit lemah jantung, selain menggunakan bahan atau obat kimiwai, anda juga bisa lho memanfaatkan obat alami yang tentunya minim efek samping serta dengan harga terangkau.

Berikut beberapa tanaman yang dapat mengurangi penyakit lemah jantung: 

Bambu

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Tanaman bamboo merupakan suatu tanaman yang memiliki seribu manfaat, mulai dari akar, batang, hingga daunnya. Salah satu kegunaan tanaman bamboo yaitu untuk menyembuhkan penyakit jantung lemah, yang mana bagian bamboo yang dimanfaatkan adalah daunnya. Kandungan di dalam daun bamboo yaitu berupa flavonoid. Kandungan tersebut memiliki kegunaan untuk memperbaiki fungsi dari keeping darah atau trombosi serta melancarkan peredaran darah yang ada pada jantung. Selain itu perbaikan system mikrovaskular juga merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dari pemanfaatan daun bamboo untuk pengobatan sakit jantung.

Tomat

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Buah tomat memiliki kandungan yang sangat beragam, diantaranya vitamin A, vitamin C, dan masih banyak lainnya. Di dalam buah tomat terdapat kandungan berupa anti oksidan serta likopen, yang mana kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi resiko suatu individu terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan tomat dapat mengurangi potensi dinding pembuluh darah terkena plak atau penumpukan lemak dari makanan.

Manggis

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Buah yang dikenal memiliki cita rasa manis dan sangat lezat ini ternyata menyimpan seribu manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati sakit jantung lemah. Bagian buah manggis yang dapat dimanfaatkan untuk obat alami sakit jantung yaitu  kulitnya. Menurut beberapa penelitian, pada kulit manggis ditemukan suatu senyawa yaitu bernama xanthone. Senyawa ini memiliki fungsi untuk membersihkan lemak atau plak yang ada di pembuluh darah, biasanya plak tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat maupun peredaran darah menjadi tidak lancar. Sehingga karena kandungan tersebut, kulit manggis dipercaya ampuh untuk mengobati sakit jantung lemah.

Teh

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Dari berbagai jenis dan macam teh, teh hitam merupakan salah satu yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit yang berkaitan dengan organ jantung, salah satunya adalah jantung lemah. Pada teh hitam terdapat kandungan berupa antioksidan yang cukup tingi, seperti yang kita tahu bahwa anti oksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, dengan mengkonsumsi teh hitam, maka dipercaya dapat memperluas pembuluh darah atau arteri, sehingga tentunya hal tersebut dapat meningkatkan kelancaran aliran darah.

Delima

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Hampir sama dengan manfaat yang diberikan oleh teh hitam, delima juga sangat bagus dikonsumsi oleh anda yang mengidap penyakit jantung lemah. Kandungan di dalam buah delima merah khususnya, memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah pada tubuh, serta tentunya hal tersebut dapat menghindarkan kita dari potensi serangan jantung. Sehingga buah delima merah ini sangat bagus untuk dikonsumsi dan digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Zat anti oksidan yang ditemukan di dalam buah delima merah juga dapat menghilangkan lemak atau plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Nanas

6 Tanaman untuk kamu penderita penyakit lemah jantung (kardiomiopati)

Buah yang kaya akan vitamin C ini juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit jantung lemah. Vitamin C yang sangat tinggi tersebut diklaim dapat menghilangkan radikal bebas yang sering mendatangkan penyakit, sehingga kinerja jantung akan menjadi lebih optimal. Tentunya dengan mengkonsumsi buah nanas dalam porsi yang normal maka akan membuat kondisi jantung lebih baik dan lebih kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. 

Bagikan: