9 Jenis Aglonema Yang Banyak Dicari dan Harganya

by | Jan 19, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Inilah 9 jenis aglonema dan harganya versi herbatani.com. Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang banyak digunakan untuk hiasan di pekarangan rumah. Beberapa wilayah memiliki sebutan lain untuk tanaman aglonema, yang paling umum dikenal dengan sebutan pohon cemara cina. Tumbuhan aglonema pada awalnya berasal dari wilayah dengan iklim tropis dan sub tropis. Seiring berjalannya waktu, tanaman ini dapat ditemukan di hamper seluruh wilayah Asia dan wilayah Papua. Dalam Bahasa ilmiah, tanaman aglonema memiliki nama aglaonema commutatum. Aglonema memiliki tampilan yang cukup cantik, sehingga selain digunakan untuk hiasan di pekarangan rumah, tidak jarang tanaman ini juga digunakan untuk mempercantik di dalam ruangan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa aglonema, yang memiliki julukan Ratu daun ini dianggap tanaman hias paling eksotis. Selain itu aglonema juga memiliki jenis yang cukup beragam, di Indonesia saja tanaman ini bisa mencapai 30 spesies lho. Mungkin beberapa diantara kita menyebut aglonema sebagai tanaman Sri Rejeki. Beberapa jenis tanaman hias aglonema yang banyak tersebar di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

Jenis Aglonema Bidadari

Jenis tanaman aglonema yang pertama ini dapat digolongkan menjadi aglonema yang paling mahal. Hal ini dilatarbelakangi oleh tampilan nya yang sangat menarik dan beberapa kombinasi warna yang sangat cantik. Kombinasi warna pada tanaman aglonema bidadari ini yaitu terdiri dari warna pink, hingga, kuning, dan ditambah dengan tangkai yang memiliki warna merah muda serta dikombinasikan dengan ujung tangkai penopang berwarna bercak hijau. Karena menjadi tanaman aglonema dengan tampilan yang paling indah, tidak heran jika harganya juga fantastis. Untuk satu tanaman aglonema bidadari, harganya dibanderol hingga 100 ribu rupiah. 

Jenis aglonema Pride of Sumatera

jenis aglonema pride of sumatra - herbatani.com

Tanaman aglonema jenis kedua ini masih menjadi primadona bagi pecinta tanaman hias lho. Tidak jauh berbeda dengan aglonema bidadari, tanaman aglonema Pride of Sumatera juga memiliki tampilan yang sangat cantik dan tentunya masih berada di golongan aglonema dengan harga yang mahal. Asal muasal tanaman aglonema ini yakni mulai dirilis sekitar tahun 1993 dengan sebutan generasi awal bagi aglonema berwarna merah. Karakteristik fisik tanaman aglonema adalah memiliki daun yang berbentuk lonjong dan memanjang. Selain itu, kombinasi warna pada tangkai daun yaitu pink dengan bercak hijau cenderung gelap, disertai warna lain seperti merah dan pink. Sedangkan untuk bagian tulang daun memiliki warna merah yang cukup terang. Kisaran harga aglonema Pride of Sumatera yaitu 95 ribu rupiah.

Jenis aglonema Moonlight

jenis aglonema moonlight - herbatani.com

Untuk aglonema jenis ini sering dianggap sebagai yang terbaik di wilayah nusantara. Karakteristik fisik tanaman aglonema Moonlight yaitu memiliki bentuk daun yang bulat namun agak cekung, sehingga secara tampilan seperti mangkok. Selain itu daunnya memiliki corak warna yang cukup tegas dengan perpaduan tulang daun yang berwarna merah. Ternyata harga tanaman aglonema Moonlight juga dapat dikatakan mahal lho. Untuk satu tanaman saja dibanderol dengan harga 100 ribu rupiah, hampir sama dengan harga aglonema Bidadari. 

Jenis aglonema Adelia

jenis aglonema adelia - herbatani.com

Secara sekilas, tanaman aglonema Adelia memiliki ciri yang hamper sama dengan Aglonema Moonlight. Perbedaannya yaitu terletak pada ujung daun yang runcing serta warnanya yang merah terang. Ukuran daun aglonema Adelia juga lebih besar jika dibandingkan dengan aglonema moonlight. Perlu diketahui bahwa asal usul nama Aglonema Adelia yaitu didapatkan dari nama seorang kolektor tanaman hias, yaitu Adelia Angeles, yang mana ia berasal dari negara Filipina. Aglonema Adelia memiliki kemampuan tumbuh hingga 30 cm. jika tanaman berada pada kondisi tanah yang gembur, ada kemungkinan mampu tumbuh lebih tinggi. Harga tanaman aglonema Adelia yaitu dibanderol sekitar 60 ribu rupiah.

Jenis aglonema Legacy

jenis aglonema legacy - herbatani.com

Karakteristik tanaman ini yaitu pada bagian daun memiliki kombinasi warna hijau dan kekuningan lalu disertai bercak hijau. Daunnya berbentuk bulat runcing pada bagian ujung. Yang membedakan tanaman ini dengan aglonema jenis lain yaitu pinggiran daun dibatasi oleh tulang daun yang berwarna merah pucat.  Harga tanaman aglonema Legacy yaitu 95 ribu rupiah.

Jenis Aglonema Claudia

jenis aglonema claudia - herbatani.com

Jenis aglonema keenam yaitu aglonema Claudia memiliki ciri daunnya berwarna hijau disertai kombinasi kekuning-kuningan, sehingga menampilkan warna seperti hijau pucat. Aglonema Caludia berasal dari negara Thailand. Ternyata jenis aglonema yang satu ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan kelima aglonema sebelumnya lho. Diketahui bahwa aglonema Claudia dibanderol seharga 135 ribu rupiah.

Jenis Aglonema Lipstik

jenis aglonema lipstik herbatani.com

Beberapa wilayah juga ada yang menyebut tanaman ini sebagai tanaman aglonema siam aurora. Disebut sebagai aglonema lipstick dikarenakan warna di bagian pinggir daun seolah-olah seperti warna lipstick. Selain itu bagian daun memiliki kombinasi warna merah dan hijau semakin mempercantik tampilannya. Harga tanaman hias ini terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan jenis aglonema sebelumnya, yaitu berada pada kisaran harga 25 ribu rupiah. 

Jenis Aglonema Widuri

jenis aglonema widuri - herbatani.com

Ciri tanaman ini yaitu memiliki tulang daun yang berwarna merah cerah serta bagian daunnya berwarna kombinasi kuning dengan bercak hijau. Selain itu pada permukaan daun juga ada beberapa yang ditemukan bercak hijau dengan ukuran lebar serta didominasi warna merah muda. Bentuk daun aglonema widuri yaitu lonjong serta sedikit cekung. Harga tanaman ini berada pada kisaran 75 ribu rupiah

Jenis aglonema Cinta

jenis aglonema cinta - herbatani.com

Tanaman ini merupakan aglonema yang paling diminati oleh masyarakat. Cirinya yaitu pada bagian daun berwarna hijau disertai warna lain seperti oranye, kuning, serta merah muda. Harga tanaman ini tergolong sedikit mahal, yaitu berada pada kisaran 100 ribu rupiah.

Bagikan: