8 Tumbuhan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

by | Jun 4, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

8 Tumbuhan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Memiliki buah hati merupakan dambaan dan impian bagi hampir semua keluarga. Namun ada beberapa kasus tertentu yang membuat keinginan memiliki momongan sulit untuk diwujudkan. Biasanya hal ini dilatarbelakangi oleh faktor kesuburan. Beberapa problem terkait kesuburan itu diantaranya adalah adanya ketidakseimbangan dalam hormone, lalu masalah Polycystic Ovary Syndrome atau yang biasa disebut dengan PCOS, kondisi Rahim yang terlalu lemah, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Menurut beberapa sumber, ada berbagai macam langkah yang bisa dilakukan untuk mningkatkan kesuburan seorang wanita, yaitu salah satunya menggunakan tumbuhan penyubur kandungan seperti obat herbal alami contohnya dengan mengkonsumsi ginseng murni, kencur dan tumbuhan lainnya. Dengan mengkonsumsi obat herbal, dapat dipercaya mampu meningkatkan proses ovulasi. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi obat herbal ini yaitu harus berkonsultasi dengan ahlinya, yaitu bisa dokter maupun tenaga kesehatan lainnya. Beberapa tips yang dapat dilakukan oleh anda untuk meningkatkan kesuburan diantaranya adalah :

1. Menurunkan berat badan

Tips pertama yang dapat dicoba untuk meningkatkan kesuburan adalah penurunan berat badan. Hal ini karena kondisi badan yang obesitas berdampak pada penurunan kesuburan bahkan pada akhirnya berakibat pada gangguan ketidak teraturan siklus menstruasi.

2. Merubah lifestyle

Jadi perlu memiliki gaya hidup yang sehat seperti memperhatikan waktu tidur yang optimal dan rajin berolahraga rutin agar kesuburan terjaga

3. Perhatikan kebugaran tubuh

Hal ini sangat penting terutama mengurangi potensi kemungkinan tubuh terlalu kelelahan akibat beraktifitas. Bagi wanita yang memiliki jam kerja lebih banyak biasanya kesuburannya akan turun

4. Menjaga kesehatan psikologis

Kesehatan mental sangat perlu diperhatikan untuk menjaga kesuburan. Hindari perasaan stress dan tekanan mental lainnya. Usahakan untuk meluangkan waktu refreshing bersama pasangan

Selain tips-tips di atas, ada beberapa tanaman alami yang memiliki kegunaan untuk menjaga kesuburan. Berikut ini akan diulas berbagai jenis tumbuhan penyubur kandungan yang ampuh dan wajib dicoba  :

1. Semanggi merah

tumbuhan penyubur kandungan yang pertama yaitu semanggi merah. Tanaman ini dapat diolah menjadi teh ini selanjutnya sering sekali digunakan sebagai ramuan untuk menjaga kesuburan wanita. Selain itu dengan rajin meminum ramuan dari tanaman semanggi merah ini dipercaya dapat meningkatkan potensi atau peluang seorang wanita untuk hamil. Khasiat lain yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu mampu menjaga kadar keasaman atau pH yang aman untuk kehamilan.

2. Kayu manis

tumbuhan penyubur kandungan yang kedua yaitu kayu manis. Siapa yang tidak kenal dengan kayu manis ? yup, kayu manis memang pada umumnya kita kenal sebagai bahan untuk membuat minuman, ataupun jenis masakan lainnya. Namun tahukah anda bahwa kayu manis menyimpan segudang manfaat khususnya untuk kesehatan lho. Salah satu kandungan yang dimiliki oleh kayu manis adalah antioksidan. Senyawa ini berguna untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga pada akhirnya dapat melancarkan periode menstruasi dan menjaga kesuburan Rahim wanita. 

3. Ginseng murni

tumbuhan penyubur kandungan yang selanjutnya adalah ginseng murni. Rempah-rempah yang berasal dari wilayah Korea ini sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit dan sering digunakan sebagai media pengobatan bagi tabib. Salah satu kegunaan dari ginseng murni adalah untuk meningkatkan kesuburan seorang wanita, salah satunya adalah melalui peningkatan kualitas dari sel telur. Selain itu, ramuan yang berbahan dasar ginseng murni ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai problem yang menyerang kesehatan Rahim.

4. Kencur

Masih berkaitan dengan tumbuhan penyubur kandungan, poin keempat ditempati oleh tanaman kencur. Kencur adalah salah satu tanaman dari bagian kelompok empon-empon. Biasanya kencur memang banyak diolah sebagai jamu oleh masyarakat tradisional. Bersamaan dengan kunyit, kencur dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan kandungan seorang wanita lho. Jamu campuran kencur dan kunyit ini dipercaya mampu memperlancar periode siklus menstruasi juga lho.

5. Jahe

Golongan tumbuhan penyubur kandungan yang kelima adalah jahe. Sudah tidak heran lagi jika tanaman yang satu ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit ya. Jahe memang dikenal sebagai tanaman seribu manfaat karena dari masalah kesehatan sepele hingga yang berat dapat diatasi dengan jamu ini. Begitu juga untuk peningkatan kesuburan, dengan dijadikan ramuan bersamaan dengan temulawak, ternyata ramuan ini dapat mengobati berbagai macam keluhan yang dialami di organ reproduksi wanita lho. Seperti misalnya kista dan kesuburan Rahim.

6. Sirih

tumbuhan penyubur kandungan selanjutnya yaitu tanaman daun sirih. Daun sirih selain dapat digunakan untuk menyingkirkan bakteri di dalam tubuh, ia juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan Rahim lho, yang mana pada akhirnya dapat meningkatkan kesuburan kandungan. Ramuan sirih biasanya dicampur dengan bawang putih agar kandungan anioksidannya makin tinggi. Bagi anda yang pasca keguguran, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan ini untuk memulihkan kondisi kesehatan

7. Delima

Masih berkaitan dengan tumbuhan penyubur kandungan, pada urutan ketujuh yaitu ditempati oleh buah delima. Buah yang memiliki warna merah ini dikenal sebagai buah yang mampu menjadi obat berbagai macam penyakit. delima memiliki nama lain pomegranate, memiliki kandungan seperti misalnya antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin B3. Kandungan lain yang dimiliki delima adalah asam folat, potassium, dan serat yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan kandungan wanita.

8. Rasberi merah

tumbuhan penyubur kandungan yang terakhir yaitu buah rasberi merah. Selain buahnya lezat untuk dikonsumsi, ternyata bagian daun dari buah rasberi merah ini juga bagus untuk dijadikan ramuan khususnya untuk menangani problem kesuburan Rahim lho. Kandungan yang dimiliki oleh daun rasberi merah ini adalah berupa bahan tonik. Yang mana bahan tonik tersebut meningkatkan potensi atau peluang konsepsi bagi anda yang sedang dalam masa atau program hamil. Cara untuk mengkonsumsinya juga mudah, yaitu hanya menyeduh daun rasberi merah ini dengan daun semanggi. Lalu air seduhan tersebut diminum secara rutin khususnya di saat memasuki masa subur, yaitu tepatnya setelah datang bulan.

Bagikan: