8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Sakit maag merupakan suatu kondisi dimana munculnya rasa nyeri atau kurang nyaman yang bersumber pada organ lambung. Ada beberapa cara bagi penderita penyakit maag untuk meredakan rasa nyerinya, mulai dari mengkonsumsi obat pereda yang sangat mudah ditemukan saat ini, hingga menggunakan obat alami sakit maag bagi penderita yang tidak ingin menggunakan bahan kimia. Sakit maag juga memiliki sebutan lain yaitu dinamakan gastritis. Kondisi yang dirasakan oleh penderita penyakit maag yaitu biasanya meliputi rasa perih dan nyeri pada perut, lalu perut juga terasa kembung atau terkadang juga terasa seperti begah. Ciri lain yang menandakan seseorang mengidap sakit maag yaitu sensasi mual dan muntah sebagai respon kondisi perut yang tidak nyaman. Selanjutnya yaitu rasa sakit atau nyeri yang menyerang bagian dada atau ulu hati. Sakit maag merupakan suatu hal yang bisa tiba-tiba hilang dan tiba-tiba muncul. Hal ini dikarenakan rasa sakit pada perut atau gejala maag lain akan timbul ketika produksi asam lambung yang melebihi batas, namun ketika asam lambung berada pada kadar normal, maka gejala seperti yang disebutkan di atas tidak muncul. 

Secara umum penyakit ini bisa disembuhkan dengan memperhatikan pola makan maupun pikiran. Namun ketika gejala yang dirasakan sudah terlalu sering ataupun intensitasnya sudah kuat, maka hal tersebut menandakan sakit maag dalam kondisi yang parah. Hal-hal yang sering menyebabkan munculnya sakit maag yaitu diantaranya adalah kondisi emosional yang tidak stabil, misalnya stress, gelisah, maupun kecemasan yang berlebihan. Selain itu pola makan yang tidak rutin atau tidak teratur juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan lambung. Hal ini juga diperparah dengan kebiasaan tidak sehat lainnya seperti kebiasaan merokok maupun mengkonsumsi minuman dengan kadar alcohol tinggi akan menyebabkan potensi seseorang untuk terkena sakit maag lebih besar.

Bagi anda yang mengidap sakit maag, anda bisa mencoba untuk mengobatinya dengan obat alami lho yang pastinya akan lebih murah, sederhana, dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut merupakan pilihan obat alami sakit maag yang dapat anda gunakan bagi penderita penyakit maag :

Buah mentimun

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

obat alami sakit maag yang pertama adalah buah mentimun. Buah mentimun ternyata tidak hanya bermanfaat untuk lauk saja atau pelengkap lalapan lho. Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi mentimun dengan berbagai olahan dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian lambung yang diakibatkan oleh sakit maag.

Teh chamomile

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan salah satu jenis teh ini ? yup, teh chamomile saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena mampu memberikan efek untuk menenangkan tubuh sehingga stress, gelisah, cemas, maupun gangguan emosional lain bisa teratasi. Kegunaan lain dari teh chamomile yaitu sebagai obat alami sakit maag lho. Kemampuan untuk mengatasi sakit maag karena ia dapat menenangkan zat asam yang terkandung di lambung, sehingga hal ini membuat iritasi pada dinding lambung berkurang.

Licorice

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Mungkin sebagian diantara anda masih asing dengan tanaman yang satu ini. Licorice merupakan salah satu jenis tanaman akar yang sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk diolah menjadi produk permen. Ternyata selain dapat dimanfaatkan untuk permen, licorice juga memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi asam lambung, sehingga mampu menjadi obat alami sakit maag yang pada dasarnya diakibatkan oleh asam lambung yang berlebih. Selain itu biasanya ketika maag sudah masuk ke level yang parah, maka asam lambung akan mulai memberikan dampak ke kerongkongan. Nah untuk mencegah hal tersebut, maka licorice dapat dimanfaatkan untuk melapisi dinding pada kerongkongan sehingga tidak terkena iritasi akibat asam lambung.

Susu lowfat/no fat

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Susu tanpa kandungan lemak merupakan salah satu pilihan obat alami sakit maag ampuh bagi anda. Hal ini dilatarbelakangi karena kalsium yang ditemukan di dalam susu dapat mengurangi rasa sakit akibat iritasi dinding lambung karena asam lambung yang berlebih. Yang perlu diwaspadai adalah penderita penyakit maag dianjurkan untuk menghindari susu yang memiliki kandungan lemak, karena seperti yang kita tahu bahwa produksi asam lambung akan meningkat ketika ada unsur lemak yang masuk ke dalam system pencernaan di lambung.

Madu

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat alami sakit maag. Sejak zaman dahulu kala madu sudah banyak digunakan dalam dunia pengobatan oleh tabib. Pada madu, ditemukan berbagai kandungan diantaranya antioksidan serta anti inflamasi, yang mana kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk membasmi infeksi bakteri serta dapat meredakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung

Oatmeal

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Selain ampuh digunakan untuk menunjang program diet, oatmeal juga mampu menjadi obat alami sakit maag lho. Oatmeal terdiri dari bahan biji-bijian yang memiliki kandungan yaitu diantaranya mineral dan serat. Kandungan-kandungan tersebut dapat menyehatkan organ-organ pada system pencernaan. Kandungan alkali pada oatmeal juga dipercaya dapat menyembuhkan iritasi atau peradangan yang terjadi pada lambung.

Lidah buaya

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Lidah buaya terkenal dengan kemampuannya untuk menyehatkan rambut serta kulit. Ternyata dibalik manfaat tersebut, lidah buaya juga sangat bagus digunakan sebagai obat alami sakit maag. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan berupa antiinflamasi yang mana mambu mengurangi peradangan yang terjadi di lambung (baik berupa iritasi maupun bengkak) serta dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi di lambung.

Kunyit

8 obat alami sakit maag ampuh bagi anda penderita penyakit maag

Salah satu tanaman empon-emponan ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan jamu dan berguna untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah maag. Kandungan curcumin pada kunyit memberikan efek antibakteri, antiinflamasi, serta anti jamur. Efek-efek tersebut sangat bagus untuk mengobati iritasi yang diakibatkan oleh produksi asam lambung berlebih pada lambung.

Bagikan: