HomeTanaman Obat7 Manfaat Daun Karet Kebo, Obat Stroke Hingga Kanker

7 Manfaat Daun Karet Kebo, Obat Stroke Hingga Kanker

Tanaman karet kebo atau yang memiliki nama latin Ficus Elastica ini merupakan salah satu tumbuhan yang berumur Panjang dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Tumbuhan ini di beberapa wilayah lain juga memiliki sebutan yang beragam, yaitu misalnya di Aceh memiliki nama Bak Rambong, lalu di Sumatera Barat yaitu memiliki nama Batang Kajai, karet merah, dan masih banyak sebutan lainnya. Karena manfaat daun karet kebo mampu untuk mengobati segala jenis penyakit maka tidak heran banyak sekali yang mengkonsumsi tumbuhan tersebut.

Pada awalnya, tanaman karet merah berasal dari dari negara di Asia, diantaranya India, Myanmar, China, Bhutan, Malaysia, dan Indonesia. Namun saat ini tumbuhan karet kebo sudah menyebar di berbagai negara di dunia. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman karet kebo yaitu merupakan golongan tanaman dikotil. Tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi, yakni hingga mencapai 30 meter. Bagian batang tanaman karet merah memiliki ukuuran sampai 2 meter.

Namun, ada juga varian tanaman karet kebo yang berukuran kecil, sehingga bisa dijadikan hiasan di rumah. Selain berguna sebagai tanaman hias, tanaman karet kebo juga memiliki banyak kegunaan lho. Yuk simak lebih lanjut Manfaat daun karet kebo.

1. Daun karet kebo mampu mengobati keluhan penyakit maag

Manfaat daun karet kebo yang pertama adalah mampu menyembuhkan penyakit maag. Penyakit maag adalah jenis gangguan Kesehatan yang menyerang organ pencernaan yaitu lambung. Penderita sakit maag ini memiliki gejala seperti mual, kembung, sesak yang disebabkan oleh asam lambung yang naik, dan lain-lain. Jika tidak segera ditangani, maka penyakit ini bisa berevolusi menjadi maag kronis yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Banyak obat-obatan kimiawi yang diperkenalkan pada masyarakat untuk mengobati penyakit maag, namun seperti yang kita tahu bahwa obat kimiawi dianjurkan untuk tidak dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Salah satu alternatif untuk penyembuhannya yaitu melalui konsumsi ramuan herbal alami berbahan dasar daun karet kebo. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan senyawa dalam menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh. 

2. Daun karet kebo efektif dalam menyembuhkan sakit stroke

Manfaat daun karet kebo kedua yaitu mengobati stroke. Penyakit stroke ditandai dengan ketidakmampuannya dalam menggerakkan bagian-bagian tubuh. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. Banyak beredar kepercayaan di lingkungan masyarakat bahwa penyakit ini sulit disembuhkan dan susah untuk mengembalikan ke kondisi normal. Namun ternyata menurut beberapa penelitian, ada salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit stroke, salah satunya dengan menggunakan ramuan dari daun karet kebo. Alasannya karena kandungan di dalam daun karet kebo yaitu seperti saponin, polifenol, maupun flavonoid dipercaya mampu meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh manusia, sehingga penyakit stroke yang berkaitan dengan sirkulasi darah dapat disembuhkan.

3. Daun karet kebo bermanfaat untuk menyembuhkan problem bisul

Manfaat daun karet kebo ketiga yaitu menyembuhkan penyakit kulit yaitu bisul. Bisul atau yang dalam Bahasa kedokteran disebut sebagai furunkel, merupakan keluhan penyakit yaitu berupa suatu benjolan yang isinya adalah nanah. Benjolan ini berada di bawah kulit dan menimbulkan rasa nyeri jika tersentuh. Penyebab penyakit bisul biasanya karena folikel rambut yang terkena infeksi dan selanjutnya mendapat reaksi inflamasi. Selain dikonsumsi atau menjadi obat dalam, daun karet kebo juga bisa digunakan menjadi obat luar lho, salah satunya untuk mengobati bisul. Kandungan di dalam daun karet kebo yaitu mampu membuat kulit lebih cepat kering, sehingga bisul lebih cepat sembuh. Perlu diketahui pula pada karet kebo terdapat kandungan semacam lateks, yang mana mambu memberikan efek famakologis.

4. Daun karet kebo memiliki efek untuk memperlancar datang bulan

Manfaat daun karet kebo keempat adalah berkaitan dengan siklus menstruasi bagi kaum hawa. Ketidakteraturan peridode menstruasi sering dialami oleh kaum hawa. Hal ini tentunya harus diperhatikan karena biasanya ada beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat haid tidak lancer. Salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi ramuan daun karet kebo secara rutin.

5. Daun karet kebo ampuh digunakan untuk mencegah penyakit kulit

Manfaat daun karet kebo selanjutnya adalah menjaga kulit terinfeksi jamur, bakteri, dan sebagainya. Salah satu masalah kegiatan yang sering terjadi dan menyerang kulit adalah gatal-gatal, baik disebabkan oleh gigitan serangga, infeksi jamur, maupun alergi. Biasanya rasa gatal yang dirasakan di kulit tersebut akan memberikan dampak seperti kemerahan dan jika parah bisa sampai terjadi peradangan. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam tersebut, salah satunya dengan menggunakan tanaman karet kebo. Cara pemanfaatannya dengan menghaluskan tanaman ini melalui penumpukan. Selanjutnya aplikasikan hasil tumbukan tersebut pada kulit yang terdapat ruam atau yang dirasa gatal.

6. Tanaman karet kebo efektif dalam melancarkan peredaran darah

Selanjutnya masih berkaitan dengan Manfaat daun karet kebo yaitu mampu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancer biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya endapan lemak, atau tekanan darah yang rendah, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Tentunya hal ini merupakan masalah Kesehatan yang tidak bisa diremehkan karena setiap organ tubuh manusia memerlukan pasokan darah yang cukup. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini yaitu denga konsumsi ramuan daun karet kebo. Kndungan di dalam daun karet kebo ini yaitu mampu mengatasi adanya penyumbatan di aliran darah. Sehingga peredaran darah menjadi lebih lancer.

7. Daun karet kebo bermanfaat untuk mengatasi keputihan 

Manfaat daun karet kebo selanjutnya ini berkaitan dengan problem kewanitaan ya, yakni mampu menyembuhkan keputihan. Keputihan ada berbagai macam jenisnya, ada yang normal serta ada yang merupakan infeksi jamur. Nah keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur ini harus segera diobati karena bisa menimbulkan berbagai macam problem di organ reproduksi wanita. Penggunaan ramuan daun karet kebo dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Caranya yaitu dengan dijadikan ramuan berupa minuman dan dikonsumsi rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian adalah beberapa manfaat daun karet kebo yang bisa anda rasakan jika mengkonsumsnya secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here