7 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

by | May 28, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman sambiloto, adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak kegunaan khususnya di bidang kesehatan. Karakteristik yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu memiliki rasa yang pahit. Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman sambiloto cocok ditanam di wilayah tropis, sehingga tidak heran jika tanaman jenis ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Kehebatan manfaat sambiloto untuk kesehatan mampu mengobati berbagai macam penyakit ternyata sudah berkembang sejak zaman dahulu, tepatnya pada permulaan abad 19, untuk mengobati penyakit flu dan demam, masyarakat banyak yang menggunakan ramuan berbahan dasar sambiloto.

Kandungan pokok yang menjadikan sambiloto efektif dalam penyembuhan berbagai macam penyakit yaitu berupa andrographolide, flavonoid, tannin, saponin, dan alkaloid. Menurut berbagai sumber, zat atau senyawa lain dalam ukuran mikro juga ditemukan pada sambiloto, yaitu diantaranya lakton, hablur, paniculin, serta kalmegin. Interaksi kandungan-kandungan tersebut di dalam daun sambiloto membuat rasa dari tanaman ini pahit. 

Bahkan, pada saat terjadi pandemic covid-19 saat ini, daun sambiloto menjadi alternative ramuan herbal untuk mencegah infeksi virus covid-19 pada tubuh manusia, disamping jahe dan temulawak. Keunggulan daun sambiloto mengenai kemampuannya menangkal virus covid-19 divalidasi oleh Profesor dari Universitas Airlangga lho. Untuk mengenal lebih lanjut kegunaan daun sambiloto dalam bidang kesehatan, yuk kita simak baik-baik manfaat sambiloto dalam penjabaran di bawah ini :

1. Daun sambiloto efektif untukmeningkatkan imunitas

manfaat sambiloto untuk kesehatan yang pertama ini berkaitan dengan kandungan yang dimilikinya yaitu zat yang bersifat imunostiulan. Adanya sifat tersebut menyebabkan apabila seseorang mengkonsumsi daun sambiloto, maka kinerja organ tubuh khususnya yang bertanggung jawab terhadap imunitas tubuh akan meningkat. Kemampuannya sebagai anti peradangan juga mampu menekan efek inflamasi, baik pada saluran pernapasan, ataupun organ lainnya.

2. Daun sambiloto mampu menyembuhkan demam

manfaat sambiloto untuk kesehatan yang kedua adalah dapat meredakan sakit demam. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sejak awal abad 19, daun sambiloto sudah banyak digunakan di dunia kesehatan, salah satunya untuk mengobati demam. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan berupa antioksidan yang tinggi di dalamnya. Sehingga tidak heran bahwa daya tahan tubuh dalam melawan penyakit bisa ditingkatkan akibat konsumsi sambiloto. 

3. Daun sambiloto bermanfaat untuk menekan perkembangan sel kanker

Keunggulan yang disuguhkan oleh daun sambiloto ternyata bukan main-main lho, penyakit separah kanker bisa dicegah dengan konsumsi ramuan daun sambiloto. Menurut beberapa penelitian, manfaat sambiloto untuk kesehatan ini diperoleh dari  zat yang memiliki kemampuan untuk mencegah tumbuhnya berbagai macam jenis kanker, mulai dari kanker payudara, melanoma, hepatoma, hingga kanker prostat dan usus. Zat yang dikandung oleh daun sambiloto berfungsi meningkatkan kinerja chemokine, yang mana selanjutnya akan mengurangi potensi tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

4. Daun sambiloto ampuh untuk mengobati diabetes

Poin keempat dalam manfaat sambiloto untuk kesehatan yaitu mampu mencegah sakit gula darah alias diabetes. Penyakit diabetes diakibatkan oleh kadar gula darah di dalam tubuh yang melebihi batas normal. Sehingga untuk mengobati penyakit ini, perlu dilakukan pengontrolan kadar gula. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melalui konsumsi daun sambiloto. Dengan konsumsi tanaman ini, maka akan terjadi peningkatan kinerja sel beta pancreas, sehingga selanjutnya kadar gula dalam darah dapat distabilkan.

5. Daun sambiloto dapat menyembuhkan osetoartritis

Masih berkaitan dengan manfaat sambiloto untuk kesehatan , poin kelima yaitu mampu menyembuhkan penyakit persendian yang berupa Osteoarthritis. Penderita penyakit ini juga bervariasi, ada yang memiliki intensitas ringan, bahkan sampai kronis. Konsumsi ramuan daun sambiloto bisa menjadi pilihan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan osteoarthritis. Manfaat yang dirasakan setelah mengkonsumsinya adalah dapat meredakan rasa nyeri serta kekauan sendi pada daerah lutut.

6. Daun sambiloto ampuh untuk menyembuhkan multiple sclerosis. 

Penyakit multiple sclerosis adalah gangguan kesehatan yang menyerang kinerja saraf pada otak, mata, serta tulang belakang. Seseorang yang menderita multiple sclerosis ini akan memiliki gangguan khususnya pada fungsi penglihatan dan system gerak tubuh. Penyakit ini harus segera ditangani, karena jika dibiarkan akan menimbulkan efek yang berupa kerusakan saraf secara permanen. Salah satu manfaat sambiloto untuk kesehatan adalah dapat menyembuhkan penyakit ini. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal BMC Neurology, dijelaskan bahwa daun sambiloto memiliki kemampuan meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan oleh multiple sclerosis. Gejala-gejala tersebut diantaranya lelah dan lesu. Bahkan menurut penelitian tersebut, dengan konsumsi ramuan ini selama 2 kali dalam sehari secara rutin selama 1 tahun, dipercaya mampu menyembuhkan gejala multiple sclerosis secara signifikan lho.

7. Daun sambiloto dapat menyembuhkan colitis ulseratif

manfaat sambiloto untuk kesehatan yang terakhir yaitu dapat mengobati penyakit colitis ulseratif. Mungkin sebagian besar diantara pembaca masih asing dengan penyakit yang satu ini. Colitis ulseratif adalah satu penyakit yang menyerang system pencernaan khususnya pada usus besar serta ujung usus besar yang berdekatan dengan anus. Ciri penyakit ini adalah berupa peradangan, dan lebih lanjut menimbulkan keluhan diare yang disertai dengan keluarnya darah atau nanah yang bercampur dengan tinja. Penyakit ini biasanya diawali dengan adanya luka di anus, lalu menyebar hingga ke atas yaitu ke bagian usus besar. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Alimentary Pharmacology dan Therapuetics, untuk mengatasi penyakit ini bisa menggunakan ramuan dari daun sambiloto. Bahkan saking tingginya kandungan baik di dalamnya, manfaat sambiloto diklaim lebih efektif dibandingkan obat placebo dalam penyembuhan colitis ulseratif lho.

Nah demikian adalah 7 manfaat sambiloto untuk kesehatan yang bisa anda rasakan. Selain 7 manfaat besar di atas, penyakit seperti pilek, inflamasi atau radang amandel, kekurangan darah atau anemia, hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) juga bisa diatasi dengan daun sambiloto.

Bagikan: