12 Manfaat sirih untuk Kesehatan Sehari-hari

by | Jun 9, 2021 | Tanaman Obat, Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

Tanaman yang satu pasti sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman. Yup, tanaman sirih adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di sekitar lingkungan masyarakat. tanaman sirih sejak zaman dahulu memang sudah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Kehebatan dari tanaman sirih dalam menyembuhkan segala problem kesehatan tidak lepas dari banyaknya kandungan zat atau senyawa bagus di dalamnya.

Diantaranya senyawa tersebut yaitu berupa vitamin C, tanning, riboflavin, saponin, niasin, karoten, dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat sirih untuk kesehatan cukup banyak lho, mulai dari yang bersifat antiseptic, anti peradangan, hingga dapat mendinginkan kulit, jadi tentunya hal ini semakin memperkuat pernyataan bahwa tanaman sirih mampu mengatasi reaksi peradangan pada tubuh. Namun untuk lebih memahami manfaat sirih, yuk simak baik-baik berikut ini

1. Tanaman sirih kaya akan senyawa antiseptic

manfaat sirih untuk kesehatan yang pertama adalah dapat Penyakit yang menyerang tubuh manusia sebagian besar disebabkan oleh infeksi dari bakteri maupun virus. Cara yang bisa dilakukan untuk melawannya yaitu dengan menggunakan antiseptic. Antiseptic memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan dari bakteri, virus, maupun jamur. Perlu diketahui bahwa penggunaan antiseptic menurut WHO tidak akan mengganggu jaringan-jaringan yang ada di sekitarnya, jadi sangat diperlukan senyawa yang mampu bertindak sebagai antiseptic agar tubuh terhindar dari berbagai macam infeksi. Salah satu antiseptic alami yaitu adalah tanaman sirih. Tanaman ini memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi, terutama adalah chavicol. Yang mana kandungan tersebut mampu menjadi ‘tameng’ agar tubuh terhindar dari kuman.

2. Tanaman sirih bermanfaat sebagai analgesic

Apa itu analgesic ? analgesic adalah satu obat yang mampu meringankan rasa nyeri. Jadi bisa kita katakan bahwa analgesic memiliki sifat anti nyeri. Salah satu manfaat sirih untuk kesehatan ini berkaitan dengan alagesic.  jadi tanaman ini mampu meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh luka, ruam, memar, dan beberapa macam luka lainnya.

3. Tanaman sirih mampu mengurangi problem bau badan

manfaat sirih untuk kesehatan ketiga adalah dapat menghilangkan bau badan. Aroma atau bau badan yang tidak sedap memang sangat mengganggu penampilan. Selain menggunakan parfum atau wangi-wangian lainnya, anda juga bisa lho memanfaatkan tanaman alami agar bau badan yang tidak sedap bisa berkurang. Manfaat ini sebenarnya sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat, pasalnya daun sirih memiliki kandungan berupa klavikula dan estradiol. Yang mana kedua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk pengaturan hormone di kelenjar keringat.

4. Tanaman sirih mampu meredakan sembelit

Poin keempat dari manfaat sirih untuk kesehatan adalah mampu meredakan sembelit. Sembelit adalah problem kesehatan yang menyerang system pencernaan dan menyebabkan susah buang air besar. Cara mengatasinya yaitu salah satunya menggunakan daun sirih. Kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dan menormalkan pH di dalam tubuh selaras dengan kegunaannya dalam mengobati sakit perut maupun sembelit.

5. Tanaman sirih dapat menjaga kesehatan pencernaan

manfaat sirih untuk kesehatan selanjutnya adalah masih berkaitan dengan system pencernaan, yaitu  dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja usus lho. Cara kerjanya adalah dengan peningkatan metabolism dan pada akhirnya akan merangsang usus agar menyerap berbagai vitamin maupun nutrisi penting. Sehingga karena hal itulah tanaman sirih mampu menjalankan perannya untuk membuat system pencernaan tetap berjalan optimal

6. Sirih dapat menghentikan mimisan

Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat sirih untuk kesehatan berkaitan dengan kandungan di dalamnya yaitu berupa fenil popies dan terpene, yang mampu menghentikan mimisan. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan memasukkan ke lubang hidung yang mimisan.

7. Tanaman sirih dapat meningkatkan kesehatan pernapasan

Beberapa penyakit pernapasan yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih yaitu asma, paru-paru, hingga sakit dada. Menurut beberapa sumber, dengan mengkonsumsi ramuan daun sirih secara rutin, maka bisa dipastika system pernapasan akan lebih sehat.

8. Daun sirih efektif dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Mengenai manfaat sirih untuk kesehatan ini, tentunya sudah sangat familiar di telinga kita bahwa sirih sangat bagus digunakan untuk meningkatkan kesehatan organ kewanitaan, banyak produk seperti pembalut, dan lain-lain yang memasukkan senyawa daun sirih. Perlu diketahui bahwa manfaat sirih untuk kesehatan memiliki kemampuan dalam mencegah infeksi bakteri candida. Bakteri tersebut sering menyebabkan problem kewanitaan yaitu keputihan.

9. Daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah

Pendarahan yang terjadi pada gusi bisa diatasi salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih. Hal ini disebabkan oleh berbagai kandungan diantaranya berupa kalsium, saponin, mineral fosfor, dan tannin. Yang mana keempat senyawa tersebut berguna dalam menghentikan inflamasi yang terjadi saat gusi berdarah.

10. Daun sirih ampuh untuk mengobati kanker

Salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan menggunakan daun sirih yaitu kanker sumsum tulang belakang. Hal ini ditunjukkan oleh suatu studi yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology, yang mana mereka menggunakan ramuan daun sirih untuk meningkatkan kinerja optimal organ dalam tubuh dan menyembuhkan keluhan-keluhan dari kanker sumsum tulang belakang.

11. Daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata

Mata merah dan mata gatal sering dialami oleh siapa saja, biasanya karena infeksi bakteri maupun debu yang masuk ke mata. Dengan menggunakan ramuan daun sirih, maka dipercaya dapat mengatasi kedua problem mata tersebut. Caranya juga cukup mudah, yaitu daun sirih direbus dan air hasil rebusan tersebut digunakan untuk cuci mata.

12. Daun sirih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit hipertensi

Hipertensi disebabkan oleh tekanan darah yang melebihi normal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol tekanan darah agar tidak melebihi batas normal, salah satunya dengan menggunakan daun sirih. Kandungan berupa minyak enesial serta fenol diklaim mampu mengontrol tekanan darah sehingga lebih stabil. 

Bagikan: