7 manfaat vanili untuk kesehatan anda

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Vanili merupakan salah satu bahan masakan yang sangat familiar di lingkungan masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, banyak masyarakat yang memanfaatkan vanili sebagai campuran bahan masakan seperti pada olahan kolak, kue, dan yang lainnya. Vanili mampu memberikan aroma wangi yang khas untuk makanan, maka tidak heran jika salah satu bahan masakan ini sangat dicari dan menjadi aspek penting agar makanan menjadi lebih wangi dan lebih menarik. Namun apakah anda tahu bahwa terdapat segudang manfaat vanili untuk kesehatan tubuh lho. Beberapa diantara kita mungkin belum mengetahui bahwa vanili dipercaya mampu menyembuhkan peradangan, menjaga kesehatan kulit dan rambut, bahkan mampu menyembuhkan dan mencegah tubuh dari potensi penyakit mematikan seperti tumor, jantung, maupun kanker.

Vanili yang berbentuk serbuk putih tersebut berasal dari suatu tanaman yang memiliki bentuk fisik seperti polong-polongan. Biasanya secara umum ukuran polong dari buah vanili ini bisa mencapai hingga 22 cm. apabila ukurannya semakin besar, maka artinya kualitas vanili juga semakin baik. Banyaknya kegunaan dan manfaat vanili membuat komoditas ini banyak dicari. Beberapa waktu belakangan ini, harga vinili per kilogramnya cukup fantastis lho, yakni mencapai 5 juta bahkan hingga 6 juta per kilogramnya. Dan vanili merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan di Indonesia.

Berikut  beberapa manfaat  vanili untuk kesehatan tubuh manusia :

Vanili mampu menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat vanili untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan kulit. Dalam menjaga kesehatan kulit tidak melulu harus menggunakan serangkaian perawatan kulit yang mahal lho. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vanili merupakan salah satu bahan alami yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Misalnya saja untuk problem seperti jerawat, masalah kulit yang satu ini memang sangat menjengkelkan karena mampu membuat penampilan menjadi tidak menarik. Biasanya jerawat akan muncul karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran ataupun infeksi dari bakteri. Jerawat dapat diobati dan dicegah dengan menggunakan vanili. Hal ini karena kandungan berupa anti bakteri yang mampu mencegah timbulnya infeksi pada kulit. Selain itu ternyata vanili juga mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini lho. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan anti oksidan yang dimiliki oleh vanili.

Vanili dapat menjaga kesehatan rambut

Manfaat vanili untuk kesehatan yang selanjutnya adalah vanili mampu menjaga kesehatan rambut. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kerontokan rambut, anda wajib mencoba perawatan dengan menggunakan vanili. Kegunaan vanili dalam mencegah rambut yang rontok yaitu dengan memperlancar aliran darah yang mengarah pada kulit kepala. Dampak yang ditimbulkan adalah rambut akan mengalami pertumbuhan yang optimal, sehingga rontok bisa dihindari.

Vanili efektif sebagai sarana program diet

Manfaat vanili untuk kesehatan juga bisa digunakan sebaga program diet lho. Bagi kaum hawa yang sedang menjalani program penurunan berat badan, boleh mencoba memanfaatkan vanili sebagai upaya untuk diet. Alasan yang melatarbelakangi manfaat vanili yang satu ini yaitu karena aroma wangi yang khas dimiliki oleh vanili dapat menimbulkan efek atau perasaan kenyang. Sehingga hal ini membuat nafsu makan atau frekuensi makan menjadi menurun. Tentunya hal tersebut merupakan salah satu upaya penting dalam menurunkan berat badan seseorang.

Vanili memberikan efek menenangkan

Perasaan cemas maupun stress pasti sering dirasakan oleh seseorang, manfaat vanili untuk kesehatan lainnya yaitu vanili dapat memberikan efek yang menenangkan. Cara yang ampuh untuk mengembalikan mood dan menghilangkan perasaan gelisah tersebut yaitu dengan menghirup aroma therapy. Vanili merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai aroma therapy, karena memiliki kandungan berupa anti depresan. Statement tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Pharmacology lho.

Vanili dapat digunakan untuk mengurangi potensi terkena kanker

Tahukah Kamu ternyata manfaat vanili untuk kesehatan, vanili juga dapat mengurangi potensi terkena kanker lho. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia, bersanding dengan penyakit mematikan lain seperti jantung dan diabetes. Kanker terjadi ketika sel-sel yang berada di dalam tubuh berkembang secara tidak normal. Dengan menggunakan vanili, maka akan kecil potensi tubuh terkena penyakit kanker. Di dalam vanili terdapat kandungan berupa vanillin yang punya kegunaan dalam mencegah adanya perkembangan dan pembentukan sel yang abnormal di dalam tubuh. Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa zat berupa vanillin ini dapat mencegah potensi terjadinya aktivitas angiogenesis. Apakah angiogenesis ? angiogenesis merupakan suatu aktivitas sel pembentuk kanker dalam menciptakan jaringan seperti pembuluh darahnya sendiri. Aktivitas angiogenesis inilah yang membuat sel kanker dapat terus hidup di dalam tubuh manusia

Vanili dapat menyehatkan organ pencernaan

Manfaat vanili untuk kesehatan juga bisa menyehatkan organ pencernaan anda. Masalah yang sering dialami oleh sebagian dari kita yaitu sembelit, atau susah buang air besar. Solusi bagi anda yang mengalami konstipasi yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Nah ternyata serat juga terkandung dalam vanili lho. Sehingga dapat dikatakan bahwa vanili dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh dan menyehatkan system pencernaan.

Vanili dapat menyehatkan organ jantung

Jantung adalah salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh, karena jantung mengemban tugas yang sangat penting yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Apabila kesehatan jantung tidak dijaga, maka akan membuat banyak problem ke berbagai organ dalam tubuh. Salah satu masalah yang menimbulkan penyakit jantung yaitu kolesterol. Kadar kolesterol jahat yang melampaui batas normal akan membuat kinerja jantung menjadi lebih berat. Sehingga salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung yaitu dengan mengkonsumsi vanili. Manfaat vanili untuk kesehatan dapat menyehatkan organ jantung karena kandungan dari vanili yaitu berupa zat vanillin memiliki kemampuan mengontrol kadar koletserol jahat di dalam tubuh. Selain itu vanili juga memiliki kemampuan untuk mencegah problem aterosklerosis.

Bagikan: