HomeSeputar PertanianCara Menanam Bunga Kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja

Akhir-akhir ini cara menanam bunga kamboja menjadi topik pembahasan yang hangat. Pasalnya pecinta tanaman hias mencari cara menanam bunga kamboja karena kamboja merupakan tumbuhan yang terkenal di Indonesia. Cara menanam bunga kamboja menjadi favorit, dan dengan begitu para pecinta tanaman hias tidak perlu lagi membeli tanaman inni dan dapat membudidayakannya secara pribadi di rumah.

Cek juga info tentang : Cara menanam daun sirih.

Bunga kamboja merupakan tanaman yang banyak ditemukan  dan biasa ditemukan didaerah pemakaman di Indonesia. Namun, belakangan banyak sekali pecinta tanaman hias kamboja yang membudidayakan tanaman ini. Sehingga, sekarang tanaman ini tidak lagi dikenal dengan tanaman pemakaman. Bentuk bunga kamboja yang menawan dengan berbagai macam warnanya menjadi daya tarik dari tanaman bunga ini.

Bunga kamboja dengan nama latin Plumeria yang mana bunga ini tersebar di wilayah tropis daerah Amerika Tengah. Bunga kamboja memiliki ciri khas yaitu memiliki batang yang berkayu keras dan juga tinggi. Ketinggian yang mampu dicapai oleh bunga kamboja yaitu mencapai lebih dari 6 meter. Memiliki batang utaman yang besar, dan cabang batang yang lunak dan bergetah, yang cenderung bengkok.  Sedangkan, ciri yang dimiliki daun bunga kamboja, memiliki bentuk daun yang lonjong yang mana kedua ujun dar daun meruncing, urat daun yang menonjol,  memiliki tekstur yang keras. Daun bunga kamboja sendiri sering mengalami kerontokan ketika masa bunga lebat. 

Untuk pembudidayaan bunga kamboja sebenarnya tidak memiliki keahlian khusus atau apapun itu. Karena pada dasarnya dalam pembudidayaan tanaman bunga kamboja itu sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Dalam pembudidayaan tanaman kamboja ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya dengan cara vegetatif dan generatif. Vegetatif dilakukan dengan cara melakukan stek pada batang tanaman kamboja sedangkan generatif dilakukan dengan cara mnyemaikan biji tanaman bunga kamboja pada media tanam yang digunakan. 

Cara menanam bunga kamboja dengan teknik generatif yang berupa biji, akan menghasilkan batang yang lebih unggul dan besar dan batangnya dapat leebih menggelembung dibandingkan tanaman yang ditanam dengan teknik vegetatif. Bentuk batang yang dihasilkan menjadi ddaya tarik tersendiri bagi tanaman bunga kamboja, bonggolpun dapat dibuat sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. Berbeda dengan tanaman yang menggunakan teknik vegetatif atau stek batang. Bonggol yang dihasilkan dari teknik stek batang menghasilkan bonggol yang lebih datar dan juga kaku sehingga sulit untuk dibentuk dan sehingga daya tariknya kurang. Karena itulah teknik generatif menjadi teknik yang memiliki banyak peminat. Namun, jika menginginkan keindahan yang dari bunganya saja, teknik vegetatif yang paling pas untuk dilakukan. Teknik vegetatif mampu menghasillkan bunga lebih cepat dibandingkan teknik generatif.

Berikut beberapa teknik cara menanam bunga kamboja:

Cara menanam bunga kamboja dengan teknik vegeratif yang berupa stek batang.

  1. Cara menanam bunga kamboja dengan teknik vegetatif yang  pertama yaitu menyiapkan lahan. Lahan yang dipersiapkan yaitu dengan membuat lubang yang memiliki ukuran kedalaman kira-kira 80cm. Pastikan area tanam bersih dari sisa bebatuan, tanaman liar, dan segala yang akan mengganggu pertumbuhan bunga kamboja.
  2. Cara menanam bunga kamboja yang kedua yaitu memilih indukan tanaman. Indukan tanaman yang dipilih yaitu indukan yang berukuran besar, sehat, tidak cacat, dan cukup umur. Ketika batang indukan sudah memiliki panjang sekitar 20 cm, maka pada kondisi ini batang indukan sudah dapat dipotong. Biarkan batang yang sudah dipotong hingga berumur satu minggu, kemudian simpan pada tempat yang lembap dan teduh. Selanjutnya bersihkan batang dari daun dengan tetap menyisakan 2 daun agar penguapan mudah terjadi. Untuk mempercepat tumbuh akar berilah obat perangsang akar pada area bekas potong batang. 
  3. Tahap berikutnyayaitu menyiapkan media tanam. Media tanam ang digunakan yaitu perpaduan antara arang, sekam bakar, dan tanah. Anda dapat menambahkan porus jika tanah pada lahan mudah menyerap air. Perlu diperhatikan, hindari tanah yang mampu menyerap banyak air sebab bunga kamboja tak terlalu menyukai air.
  4. Cara menanam bunga kamboja selanjutnya yaitu masuk ke tahap proses penanaman dan perawatan. Batang yang sudah dipersiapkan ditanam pada lubang. Pastikan tanaman disiram secukupnya, dan air yang diberikan tidak berlebihan, lakukan penyiraman 3 kali dalam sehari.

Cara menanam bunga kamboja dengan mennggunakan teknik generatif yaitu penanaman yang melalui biji bunga.

  1. Cara menanam bunga kamboja dengan teknik generatif yang pertama yaitu melakukan penyerbukan bunga. Penyerbukan buatan yang dilakukan dapat membuat tanaman bunga kamboja untuk cepat berbuah. Buah akan menghasilkan biji yang siap untuk ditanam. Penyerbukan buatan dapat dilakukan dengan menggunkan kuas kecil, yaitu dengan menyapu serbuk sari halus kemudian menempelkan serbuk tersebut tepat diatas kepala putik.
  2. Cara menanam bunga kamboja tahap kedua yaitu melakukan penyemaian biji tanaman. Sebagai tempat penyemaian siapkan wadah yang bersih. Gunakan air bersih untuk merendam biji selama 10 menit. Setelah 10 menit, ambillah biji yang tenggelam sebagai bibit, karena biji yang tenggelam memiliki kualitas yang baik dan layak untuk ditanam.
  3. Tahap cara menanam bunga kamboja selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam. Untuk media tanam yang digunakan sekam bakar dan coco peat yang dicampur dengan perbandingan 1:1. Media tanam yang sudah dicampur dimasukkan kedalam pot yang memiliki diameter 20cm, masukkan biji bunga kamboja sekitar 100-150 biji kedalam pot. Beri jarak antar biji sekitar 1 cm, posisikan biji bunga kamboja dengan posisi terbaring tidur. Semprot biji dan tutup benih bibit dengan plastik, kemudian simpan di tempat yang teduh. Lakukan penyemprotan denganair bersih secara berkala, pada saat daun bunga kamboja sudah tumbuh buka penutup plastik pada pot. Pada saat tanaman berumur 2 bulan, biji yang ditanam akan tumbuh dengan menawan dan dengan ukuran batang yang kecil.
  4. Tahap cara menanam bunga kamboja selanjutnya yaitu pemindahan. Biji yang telah disemai selama 2 bulan sudah bisa dipindahkan ke polybag. Media tanam yang digunakan yaitu berupa sekam bakar dan pasir dengan perbandingan 1:1, untuk takarannya sesuaikan dengan ukuran polybag atau pot.

Itulah penjelasan mengenai cara menanam bunga kamboja. Pemilihan teknik yang digunakan sesuaikan dengan keingan anda. Pilihlah yang menurut anda paling sesuai. Namun, perlu diperhatikan jika tanaman bunga kamboja terserang hama. Jika tanaman bunga kamboja terserang hama semprotkanlah cairan pestisida yang berfungsi untuk pembasmi hama tanaman.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here