5 Tanaman yang berkhasiat untuk mengobati asam urat

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

Pernahkah ada merasakan nyeri pada bagian sendi? Hati – hati itu merupakan gejala penyakit asam urat. Penyakit asam urat atau yang biasa kita kenal dengan nama penyakit rematik itu memang rentan menyerang masyarakat , khususnya pada usia 40 tahun ke atas. Penyakit ini adalah kondisi yang dapat menyebabkan nyeri tak tertahankan , pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Anggota tubuh yang sering di serang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Laki – laki lebih rawan terkena penyakit asam urat di banding wanita, sedangkan pada wanita penyakit ini berisiko timbul setelah menopause.

Penyebab penyakit ini adalah kegemaran mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan asam urat seperti jeroan, hidangan laut, daging merah, serta seseorang yang gemar mengkonsumsi alkohol. Selain itu , orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik sangat rawan terhadap penyakit ini. Menurut penelitian, keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini juga akan berpotensi terkena penyakit yang sama, dengan kata lain penyakit ini merupakan penyakit genetik. Lalu, gejala nyeri dan pembengkakan disebabkan oleh tusukan – tusukan kristal tajam pada sendi akibat pemupukan zat asam urat. Ada banyak cara untuk pengobatan  , salah satunya adalah pengobatan secara tradisional menggunakan tanaman yang tersedia di alam. Berikut ini kita akan membahas berbagai tanaman yang berkhasiat untuk mengobati penyakit asam urat.

  1. Jahe biasa / Jahe Merah

Selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh , ternyata jahe juga bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan anti inflamasi pada jahe berguna untuk meredakan nyeri dan peradangan. Caranya dengan mengahaluskan jahe lalu campur deengan air, setelah itu tempelkan pada sendi yang sakit atau titik penyakit asam urat. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas. Atau bisa juga dengan dibuat wedang jahe, konsumsi sehari sekali.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosipon arisatus ini juga memiliki berbagai sebutan yang berbeda di berbagai daerah di Indonesia. misalnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, masyarakat sering menyebutnya remujung, masyarakat Sumatera menyebutnya dengan giri – giri marah. Tanaman kumis kucing memiliki kandungan garam kalium yang berguna untuk melarutkan batu ginjal, sinsetinnya sebagai anti bakteri, dan sifat diuretic yang bisa mengeluarkan asam urat memalui urin. Caranya dengan rebus 5 helai daun kumis kucing dengan meniran dengan 2 gelas , konsumsi tiga kali sehari.

  1. Daun Salam.

Tanaman yang sering dikenal sebagai salah satu bahan bumbu dapur ini, ternyata juga bermanfaat sebagai obat untuk asam urat. Daun salam juga sudah banyak digunakan masyarakat di desa untuk mengobati asam urat. Manfaat daun salam selain sebagai pelengkap bumbu masakan ialah berguna sebagai peluruh kencing (diuretic) yaitu memperbanyak urin keluar sehingga kandungan asam urat juga bisa menurun, selain itu sebagai pereda nyeri. Caranya dengan rebus 10 lembar daun salam , lalu tiriskan. Konsumsilah rebusan air daun salam secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Sambiloto

Berbeda dengan jahe merah, sambiloto sejak dulu memang sudah di kenal sebagai tanaman obat yang bisa mengobati penyakit asam urat. Sambiloto bersifat diuretic atau peluruh kencing . cara mengkonsumsinya dengan merebus daun sambiloto dengan kunyit, tiriskan lalu konsumsi air rebusan sambiloto secara teratur.

  1. Seledri

Seledri dikenal sebagai salah satu tanaman penyedap makanan, namun di samping itu seledri ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan kalsium, fosfor, zat besi , vitamin A, B1, C, glikosida, apiin, apiol, dan flavonoid. Glikosida sangat berguna untuk mengobati nyeri sendi dan asam urat. Cara megkonsumsinya dengan merebus biji seledri dengan tiga gelas air, tiriskan, lalu minum selagi hangat. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan.

  1. Brotowali

Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang berguna sebagai obat bagi beberapa penyakit, salah satunya adalah asam urat. Brotowali memang memiliki rasa pahit, namun sebanding dengan khasiatnya. Cara mengkonsumsinya dengan cara rebus daun brotowali lalu tiriskan.

Itulah beberapa tanaman yang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Memang asam urat sering menyerang orang tua bahkan anak muda. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan kita, menjaga pola makan dengan proporsi empat sehat lima sempurna, dan yang paling penting adalah berolahraga secara teratur.

Bagikan: