7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

by | Jan 13, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Menurut beberapa sumber, ada yang menyebutkan bahwa kanker merupakan penyakit yang menyebabkan fenomena kematian nomor dua terbesar di dunia. Karena tingginya angka kematian, banyak sekali usaha yang dilakukan penderita kanker agar penyakit ini sembuh, selain menggunakan langkah medis juga mencoba mengkonsumsi obat alami penyakit kanker. Lalu sebenarnya seperti apa penyakit kanker itu ? penyakit kanker merupakan kondisi pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal (abnormal). Perkembangan sel secara tidak normal tersebut terjadi dengan tidak terkendali. Hal ini memiliki potensi menghambat atau bahkan merusak jaringan dan sel normal yang berada di sekitar maupun di beberapa bagian tubuh lainnya.

Nahasnya banyak penyakit kanker yang tidak menunjukkan gejala awal, sehingga sering terlambat ditangani. Upaya untuk menangani problem ini adalah dengan rajin cek kesehatan secara rutin, sehingga apabila muncul ciri-ciri kanker di dalam tubuh dapat segera terdeteksi dan ditangani secara cepat. Anjuran lain sebagai tindakan preventif untuk mencegah kanker adalah untuk menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), berolahraga secara teratur, menghindari makanan cepat saji dan merokok, hindari minuman yang memiliki kadar alcohol, serta tidak lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi. Apabila anda mengalami beberapa gejala kanker yang dirasakan dalam tubuh, segera konsultasikan diri ke dokter. Berikut beberapa gejala yang sering timbul bagi penderita kanker :

  1. Terdapat benjolan yang tiba-tiba muncul di bagian tubuh
  2. Mengalami batuk yang cukup parah
  3. Tubuh terasa lemas, pucat, hingga sering cepat kelelahan
  4. Memiliki gangguan dalam hal buang air, baik buang air besar maupun buang air kecil
  5. Merasakan nyeri di suatu bagian tubuh
  6. Berat badan mengalami penurunan secara signifikan
  7. Mengalami memar atau pendarahan secara tiba-tiba
  8. Demam terjadi secara berulang-ulang

Selain menggunakan obat kimiawi, penyakit kanker juga dapat disembuhkan menggunakan obat alami lho.

Berikut tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat alami penyakit kanker :

Daun sirsak

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Salah satu penelitian yang dirilis hasilnya oleh American Journey of Cancer Prevention menyatakan bahwa daun dari tumbuhan sirsak dapat digunakan sebagai obat alami penyakit kanker. Sifat anti kanker yang dimilikinya dapat menjadikan tanaman ini sebagai salah satu alternative dalam melawan kanker. Di dalam daun sirsak mengandung zat berupa Annonaceous Acetogenins. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan dan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Banyak penelitian lain yang turut menyebutkan keampuhan daun sirsak dalam mengobati kanker. Selain studi yang dirilis oleh American Journey of Cancer Prevention, studi lain dari University of Nebraska Medical Centre turut merilis hasil temuannya yang mengatakan bahwa daun sirsak mampu memperlambat dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta dapat membasmi sel kanker yang menyerang organ pancreas. Bagi anda yang juga melakukan kemoterapi, daun sirsak dapat dikonsumsi untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan aktivitas kemoterapi lho.

Bawang putih

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk bahan masakan saja lho. Banyak manfaat tersembunyi yang dimiliki oleh bawang putih, salah satunya adalah untuk obat alami penyakit kanker. Kandungan ajoene yang merupakan suatu zat untuk mengikat sulfur membuat produksi pertumbuhan dan perkembangan sel kanker menjadi terhambat. Sehingga pertumbuhan sel abnormal dapat ditekan dan metabolism sel tersebut tidak berjalan dengan lancar. Selain itu bawang putih juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala bentuk infeksi baik yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Teh hijau

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Sudah menjadi rahasisa umum bahwa teh kanker mampu menghambat mutasi genetic dan perkembangan tumor. Di dalam teh hijau terkandung senyawa polifenol yang bernama Epigallocatechin. Fungsi dari senyawa tersebut adalah mampu untuk memberikan perlindungan terhadap sel yang berpotensi mengalami kerusakan DNA akibat spesies oksigen yang cukup reaktif. Sehingga teh hijau ampuh sebagai obat alami penyakit kanker.

Kunyit

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Obat alami penyakit kanker selanjutnya adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman empon-empon yang kehebatannya sudah tidak diragukan lagi. Kunyit memiliki kemampuan dalam menghambat beberapa pertumbuhan dan perkembangan jenis kanker, yaitu diantaranya kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara, maupun kanker lambung. Senyawa yang dikandung oleh tumbuhan kunyit tersebut bernama senyawa kurkumin. Sekali lagi, kandungan antioksidan di dalam kunyit juga mampu menangkal radikal bebas lho.

Lidah buaya

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Banyak diantara kita yang mungkin lebih sering memanfaatkan lidah buaya untuk luka bakar maupun untuk perawatan rambut dan wajah ya. Ternyata lidah buaya juga dapat mengobati penyakit mematikan di dunia, salah satunya adalah kanker sehingga lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat alami penyakit kanker. Kandungan berupa senyawa 1,8 dihidroksi-3 (hidroksimetil)-antrakuinon memiliki kemampuan sebagai anti kanker dan dapat mematikan sel-sel kanker yang tumbuh dan menyerang organ kandung kemih di dalam tubuh manusia.

Cek juga: manfaat lidah buaya yang lain

 Cengkeh

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Berdasarkan asosiasi farmasi Amerika, mereka menyebutkan bahwa pada minyak yang terbuat dari cengkeh ternyata memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut dapat menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan penyakit tumor. Selain itu antioksidan tinggi yang mengandung anthocyanin juga memiliki kemampuan dalam membunuh sel kanker yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga, cengkeh dapat digunakan sebagai obat alami penyakit kanker

Biji anggur

7 Tanaman Sebagai Obat Alami Penyakit Kanker

Obat alami penyakit kanker selanjutnya adalah buah anggur. Rahasia yang terkandung dalam anggur berupa biji ternyata memiliki khasiat luar biasa yang berguna dalam penyembuhan sakit kanker. Di dalam biji anggur diketahui terdapat senyawa phytochemical. Senyawa tersebut memiliki efek anti tumor. Selain bertindak sebagai anti-tumor, biji anggur juga mampu mencegah pertumbuhan kanker. Contoh nyata yang telah berhasil sembuh dengan menggunakan biji anggur adalah jenis kanker pancreas. Senyawa lain yang ditemukan dalam biji anggur yaitu proanthocyanidins yang ampuh dalam mengatasi penyakit kanker usus besar.

Bagikan: