5 Makanan penuh gizi pengganti nasi untuk anak

by | Jan 13, 2021 | Uncategorized | 0 comments

Bagikan:

5 Makanan penuh gizi pengganti nasi untuk anak

Nasi merupakan salah satu hal yang berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak – anak. Namun , banyak sekali kasus yang sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari – hari bahwa anak – anak tidak suka makan nasi , entah itu karena lebih suka jajan atau ngemil, bosan atau karena beberapa faktor lainnya. Tidak jarang juga banyak ibu – ibu merasakan bingung bagaimana agar nafsu makan si buah hati besar, mulai dari memberi vitamin, suplemen , hingga minyak ikan. Tahukah Anda para ibu – ibu , jika anak cenderung bosan terhadap menu itu – itu saja yang Anda buat?  Memang , rasa bosan anak – anak terhadap sesuatu sangat besar seperti dalam hal makanan contohnya. Oleh karena itu, di perlukan kreativitas para ibu – ibu untuk mengolah beberapa bahan makanan selain nasi yang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat pada anak – anak.

Anak – anak cenderung aktif dalam beraktivitas, seperti berlari , bermain, dan belajar. Tanpa nutrisi yang cukup tentu anak – anak tidak akan mampu bergerak secara aktif dalam kegiatannya sehari – hari. Walaupun nutrisi yang di butuhkan anak – anak sangat banyak dan kadang – kadang para ibu tidak mampu memenuhi semua nutrisi tersebut , karbohidrat dalam makanan harus tersedia. Berikut ini adalah beberapa makanan pokok pengganti nasi untuk anak, yang direkomendasikan.

  1. Bubur jagung dengan ayam

Membuat bubur jagung dengan ayam sangatlah mudah. Gunakan jagung manis dana yam kampung. Jagung manis memiliki kandungan yang hampir sama dengan nasi karena di beberapa daerah jagung digunakan sebagai makanan pokok sebagai pengganti nasi. Selain itu , ayam kampung juga memiliki kaldu yang lebih sedap dibandingkan ayam boiler. Jangan lupa menambahkan beberapa sayuran agar nutrisi di dalam bubur lebih lengkap. Namun bagaimana jika anak – anak alergi terhadap ayam? Bunda bisa menggantinya dengan daging atau tempe.

  1. Burger home made

Biasanya anak – anak lebih menyukai makanan junk food, seperti burger. Namun , bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ajak si anak membuat burger bersama – sama, bahannya – bahannya seperti membuat burger pada umumnya, namun untuk lebih sehat Anda bisa mengganti dagingnya dengan tempe, daging ayam olahan sendiri atau daging sapi yang di panggang. Jangan lupa mengkombinasikan burger dengan berbagai sayuran yang memiliki warna menarik agar anak tertarik untuk mengkonsumsi burger buatan Anda dan si kecil.

  1. Telur tumpuk orak arik

Cara membuat telur orak arik pun tergolong mudah. Bahannya pun juga mudah di beli. Cara membuatnya yaitu memanggang dua lembar roti terlebih dahulu , lalu buat telur orak ariknya, setelah itu letakkan telur orak ariknya ke atas roti panggang. Tuangkan 3 – 5 sendok makan sup jamur ke atas roti , tambahkan beberapa potongan sosis , keju atau beberapa sayuran, setelah itu panggang lagi. Masakan siap di konsumsi. Kandungan gizi yang terdapat di dalam telur dan roti juga  mampu memenuhi nutrisi si anak.

  1. Sup Krim Kentang Keju

Selain jagung, kentang juga salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang mudah di kreasikan. Kentang juga mudah di temukan di sekitar kita. Bahan – bahan yang di butuhkan adalah 6 gelas air, krim keju, kentang yang telah di rebus lalu potong dadu, bawang bombay dan kaldu ayam. Cara membuatnya yaitu campurkan kaldu ayam dan air , aduk secara merata , lalu tambahkan krim keju dan campurkan ketigana, aduk hingga mendidih. Sup siap disajikan. Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran agar lebih menarik.

  1. Salad Buah

Buah merupakan salah satu hal yang di sukai anak – anak, apalagi jika buah tersebut berwarna menarik. Para ibu – ibu di rumah bisa mengkreasikan berbagai jenis buah yang mengandung serat dan bisa melancarkan pencernaan si kecil. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan sayur sayuran yang berwarna menarik agar bisa menggugah selera makan mereka. Anda juga bisa memberikan tambahan sedikit susu atau es krim agar anak- anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

Bagikan: