5 Pengganti Makanan Ibu Hamil

by | Jan 13, 2021 | Tips Sehat | 0 comments

Bagikan:

 

Saat hamil merupakan masa – masa yang membahagiakan bagi seluruh calon orang tua, tidak terkecuali bagi para calon ibu. Kehamilan membawa beberapa perubahan , seperti hormone, bentuk tubuh, berat badan, dan selera makanan, sehingga perlu berbagai alternatif pengganti makanan ibu hamil. Ada beberapa ibu hamil yang mengalami kenaikan nafsu makan yang signifikan, sehingga berat badan ibu ataupun si janin akan mengalami kenaikan , hal ini sebaiknya harus di atasi segera. Pun dengan ibu hamil yang mengalami penurunan nafsu makan yang besar, hal ini bisanya di sebabkan oleh morning sickness atau rasa mual bahkan muntah – muntah beberapa minggu pada awal kehamilan, tidak jarang juga yang merasa bosan dengan menu yang berbahan dasar nasi. Hal ini juga perlu penanganan.

Kedua kondisi di atas memang harus ada penanganan, salah satunya adalah dengan mengganti nasi dengan bahan makanan lainnya. Bagi ibu hamil yang mengalami obesitas akibat nafsu makan yang meningkat tajam, mengganti bahan makan nasi dengan bahan lainnya merupakan solusi untuk program diet sehat pada masa kehamilan Anda , sehingga setelah melahirkan Anda bisa mudah menurunkan berat badan Anda. Karena nasi memiliki Indek Glikemik (GI ) sekitar 70 – 80 persen sehingga sangat mudah di serap menjadi gula darah dan menyebabkan kegemukan. Kebutuhan kalori ibu hamil pun terus meningkat sekitar 45 % dibandingkan sebelum hamil, dan akan terus meningkat sampai 450 kalori setiap harinya. Hampir 60% kalori yang di butuhkan dari karbohidrat digunakan untuk membentuk plasenta sempurna , perkembangan janin, menjaga kesehatan tubuh, dan menyediakan cadangan lemak.

Adapun beberapa pengganti makanan ibu hamil yang menyehatkan yaitu :

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu alternatif pengganti makanan ibu hamil. Kentang juga memiliki Indek Glikemik tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat para ibu hamil. Namun , jangan mengolahnya menjadi kentang goreng karena kandungan minyak tidak terlalu bagus untuk  Anda. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam kentang pun juga lebih banyak di bandingkan dengan nasi, sehingga mampu mencukupi nutrisi yang di perlukan bagi Anda dan si janin. Anda akan terhindar dari penyakit diabetes dan pencernaan Anda akan lancar karena kandungan antioksidan , vitamin B kompleks, dan serat yang tinggi di dalamnya.

  1. Talas

Talas merupakan sumber karbohidrat yang memiliki Indeks Glikemik rendah. Selain nikmat, talas juga mudah di cerna oleh tubuh sehingga sangat di sarankan untuk para ibu hamil yang mengalami nafsu makan sedikit. Kandungan gizi pada talas juga tinggi. Protein yang terkandung di dalamnya akan mendukung perkembangan tulang dan otot pada si janin selama di dalam perut. Pun dengan kandungan serat akan terpenuhi sebesar 20 %. Selain itu, talas juga bermanfaat untuk mencegah sakit jantung dengan mengurangi resiko darah tinggi, dan kandungan lemak di dalamnya pun sedikit sehingga tidak akan berpengaruh terhadap bobot Anda.

  1. Singkong

Singkong merupakan pengganti makanan ibu hamil yang di sarankan bagi ibu hamil yang mengalami obesitas. Kandungan indek glikemik pada singkong hanya 55, selain itu kandungan serat yang terdapat di dalamnya lebih tinggi dibandingkan nasi sehingga akan memperlancar pencernaan pada ibu hamil. Manfaat lainnya adalah untuk menghidari dari sembelit yang biasanya di alami oleh kebanyakan ibu  hamil.

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber pengganti makanan ibu hamil yang dikonsumsi saat bekerja dan ingin mendapatkan energi secara instan. Pisang juga mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Banyak ahli kesehatan yang menyarakan untuk mengkonsumsi buah pisang setiap hari karena kandungan gizinya cukup tinggi, selain itu manfaatnya untuk ibu hamil juga besar. Tidak hanya karbohidrat yang terpenuhi namun kandungan serat yang tinggi akan membantu memperlancar pencernaan para ibu hamil.

  1. Apel

Buah ini merupaka buah yang banyak digunakan para wanita untuk melakukan program diet yang sangat cocok menjadi pengganti makanan ibu hamil. Karena selain memiliki kandungan gizi tinggi , apel juga mengenyangkan. Di dalam 100 gram apel, ada 14 gram karbohidrat dan 3,7 Akg sehingga sangat baik untuk Anda dan si janin yang ada di dalam perut.

cek juga : 5 makanan pengganti bagi anak

Bagikan: