HomeTanaman Obat13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

13 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan memang bukan lagi hal yang sepele. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan diperoleh dari kandungan yang terdapat pada zaitun. Buah zaitun diekstrak hingga menghasilkan minyak dan mampu memberikan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Berbagai manfaat pada minyak zaitun seringkali digunakan dalam berbagai campuran makanan hingga sebagai bahan dalam pembuatan suatu produk kecantikan.

Manfaat minyak zaitun juga mampu sebagai pengganti minyak kelapa atau mengganti minyak yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Tidak hanya digunakan untuk campuran makanan, sebagai minyak pengganti, untuk kecantikan, bahkan minyak zaitun juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut dijabarkan manfaat  minyak zaitun untuk kesehatan, yaitu :

Minyak zaitun mampu mencegah stroke

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama yaitu minyak zaitun mampu mencegah stroke. Penyebab utama penyakit stroke yaitu terganggunya aliran darah ke otak, yang disebabkan oleh gumpalan darah ataupun karena adanya pendarahan. Minyak zaitun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, sehingga mengonsumsi minyak zaitun mampu mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

Minyak zaitun mampu mencegah penyakit jantung

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan mampu menurunkan peradangan, melindungi tubuh dari kolesterol jahat dari oksidasi, mampu meningkatkan lapisan pembuluh darah dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang terjadi secara berlebihan. Minyak zaitun juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah, hal ini merupakan faktor terjadinya penyakit jantung hingga kematian dini pada seseorang. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa minyak zaitun mampu mengurangi kebutuhan obat tekanan darah tinggi hingga sebesar 48%.

Manfaat minyak zaitun mampu mengurangi risiko alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan suatu kondisi dimana neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak merupakan fitur utamanya. Minyak zaitun mampu membantu menghilangkan plak ini.

mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yaitu mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini berkait dengan efek yang menguntungkan gula darah dan sensitivitas insulin. Minyak zaitun mampu memberi perlindungan danĀ  mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan persentase besar dari 40%.

Mampu mengobati rheumatoid arthritis

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan mampu mengobati rheumatoid arthritis. Artritis reumatoid merupakan suatu penyakit autoimun dengan gejala persendian yang cacat dan nyeri. Penyebab pasti penyakit satu ini belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini akan membuat sistem kekebalan tubuh akan menyerang  dengan tidak sengaja sel-sel normal. Pengonsumsian suplemen minyak zaitun dapat meningkatkan penanda inflamasi dan juga mampu mengurangi stres oksidatif pada penderita rheumatooid arthritis.

Meminum minyak zaitun mampu meringankan sembelit

 Minyak zaitun mampu membuat tinja bergerak sehingga mampu meringankan sembelit. Lemak pada minyak zaitun bekerja dengan membantu menghaluskan bagian dalam usus, sehingga ketika ingin buang air besar akan berlangsung dengan mudah. Selain itu, minyak zaitun membantu tinja untuk menampung lebih banyak air, agar tinja mampu terjaga dengan tekstur yang empuk. Dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun, pada saat pagi hari sebelum makan, mampu meringankan sembelit bagi orang dewasa. Pengonsumsian minyak zaitun tidak boleh lebih dari satu sendok makan, hal ini jiak tidak di turuti akan mampu menyebabkan diare dan kram.

Mampu menghasilkan kepadatan tulang yang lebih tinggi

Ketika minyak zaitun dikonsumsi lebih dari 20 ml tiap harinya, hal ini mampu menghasilkan kepadatan tulang yang jauh lebih tinggi. Dengan meminum minyak zaitun kadar osteocalcin serum dan procollagen  akan meningkat  sehingga tulang mampu memberikan efek perlindungan pada kesehatan tulang.

Kandungan fenol dalam minyak zaitun dapat mencegah osteoporosis.

Komponen fenolik minyak zaitun dapat mencegah keropos tulang yang disebabkan osteoporosis san penuaan.

Membantu memelihara jalur neurologis

Minyak zaitun mampu memberikan efek agar otak penuh dengan lemak sehat. Lipid minyak zaitun dapat membantu memelihara jalur neurologis.

Minyak zaitun mampu membunuh bakteri bahaya

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya yaitu minyak zaitun memiliki sifat antibakteri. Kandungan nutrisi pada minyak zaitun mampu membunuh bakteri bahaya, seperti helicobacter pylori, yang merupakan bakteri penyebab bisul perut dan kanker perut.

Mampu memelihara fungsi otak

Manfaat minyak zaitun  untuk kesehatan lainnya yaitu mampu memelihara fungsi otak. Kandungan antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit pada otak.

Mampu menjaga berat badan tetap ideal

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menjaga berat badan tetap ideal. Selain mengonsumsi minyak zaitun, berolahraga secara rutin, menjalani pola makan sehat, dan membatasi asupan kalori penting untuk dilakukan. Agar diet yang dilakukan bekerja secara efektif dan efisien.

Berdasarkan penjelasan diatas manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ternyata banyak sekali. Karena kandungan minyak zaitun yang beragam seperti lemak, kalsium, kalium, natrium, vitamin E, vitamin K, yang menjadi penyebabnya. Lemak yang terkandung pada minyak zaitun juga merupakan lemak sehat yang baik untuk tubuh, seperti omega 3 dan omega 6. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan .

Meskipun minyak zaitun memiliki banyak manfaat, dalam memilih produk minyak zaitun penting untuk memerhatikan produk minyak zaitun yang akan dikonsumsi. Varian minyak zaitun extra virgin merupakan jenis minyak zaitun yang memiliki kualitas paling bagus. Pemilihan produk minyak zaitun haruslah produk yang memiliki izin edar, BPOM, dan tanggal pembuatan dan expired yang jelas. Dan juga sangat disarankan sebelum mengonsumsi minyak zaitun ada baiknya melakukan konsultasi pada dokter yang sesuai. Agar kondisi tubuh dapat diketahui dan ketika mengonsumsi minyak zaitun dapat memberikan efek yang sesuai dengan tubuh dan bekerja dengan efektif.

Must Read

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here