MENGENAL PENYAKIT DARAH TINGGI : PENYEBAB DAN GEJALANYA

by | May 7, 2021 | Tanaman Obat | 0 comments

Bagikan:

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang tubuh serta bersifat universal, atau menyeluruh dan umum. Penyakit darah tinggi sering disebut juga dengan hipertensi. Menurut arti dalam dunia kesehatan, hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan suatu kondisi, dimana tekanan darah di dalam tubuh melebihi batas normal.

Ukuran tekanan darah normal biasanya berada pada rentang 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Sehingga apabila tekanan darah seseorang melebihi angka 130/80 mmHg, maka individu tersebut terindikasi memiliki tanda-tanda terkena penyakit hipertensi. Lalu seberapa berbahayakah penyakit hipertensi itu ?

Pada dasarnya penyakit ini berkaitan dengan salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh kita, yaitu organ jantung. Sehingga ketika seseorang menderita penyakit darah tinggi, maka jantung akan dipaksa untuk memompa darah dengan tekanan yang lebih tinggi dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. secara sederhana maka kinerja jantung dan otot jantung akan jauh lebih ekstra keras. Dampak dari hal tersebut maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit, misalnya gagal jantung, stroke, hingga kematian. 

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai penyakit hipertensi, maka salah satu hal yang harus dipahami adalah mengenai seluk beluk tekanan darah yang dimiliki oleh orang normal. Pada umumnya tekanan darah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tekanan darah sistolik serta tekanan darah diastolic.

Perbedaan dari kedua macam tekanan darah tersebut yaitu, untuk tekanan darah sistolik merupakan tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan untuk tekanan darah diastolic yaitu merupkana tekanan ketika otot jantung sedang relaksasi (yaitu sebelum memompa darah lagi). Dalam penulisan informasi mengenai tekanan darah seseorang, maka aturannya adalah informasi tekanan darah sistolik dahulu, lalu disusul dengan informasi tekanan darah diastolic. Lalu kira-kira apa saja faktor-faktor yang membuat seseorang memiliki resiko terkena penyakit hipertensi?

Berikut adalah beberapa contoh faktor penyebab yang bisa membuat tubuh mengidap hipertensi :

  1. Faktor usia

Faktor penyebab seseorang bisa mengidap penyakit darah tinggi yang pertama yaitu karena umur. Dengan bertambahnya usia seseorang, maka kemungkinan untuk terkena darah tinggi juga semakin besar. Sehingga banyak penelitian yang menyebutkan bahwa hipertensi mayoritas menyerang individu di dalam rentang usia 45 ke atas. Dari fakta ini penting bagi kita untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan terlebih ketika sudah memasuki usia lanjut.

  1. Faktor keturunan

Ternyata gen juga memiliki andil dalam mewariskan penyakit hipertensi lho. Maka tidak heran jika di dalam satu keluarga tersebut kedua orang tuanya memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka besar kemungkinan keturunannya juga mengidap penyakit hipertensi tersebut.

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas

Kondisi obesitas memang banyak menimbulkan resiko bagi kesehatan, salah satunya adalah menimbulkan resiko seseorang terkena penyakit darah tinggi. Hal ini dilatarbelakangi karena ketika berat badan seseorang melebihi batas normal, maka tentunya tubuh tersebut membutuhkan oksigen serta nutrisi yang lebih banyak dan di atas ambang normal. Karena hal tersebut maka jantung harus memompa darah lebih kuat lagi agar mampu mengalirkan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

  1. Asupan kalium yang tidak normal

Biasanya kalium dapat ditemukan di garam. Kalium merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun walaupun demikian, anda tetap harus memperhatikan kadar normal kalium yang baik untuk tubuh. Apabila asupan kalium terganggu (baik kelebihan kalium maupun kekurangan kalium), maka dampaknya adalah natrium di dalam darah akan meningkat. Apabila hal ini terjadi, maka cairan akan tertahan sehingga tekanan darah akan meningkat. Hal ini tentunya yang menjadi latar belakang munculnya penyakit darah tinggi. 

  1. Olahraga tidak teratur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga merupakan satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kurang berolahraga, maka kinerja tubuh menjadi tidak maksimal serta muncul berbagai macam penyakit. Misalnya aktivitas tubuh yang kurang akan menyebabkan deyut dan tekanan jantung menjadi meningkat. Selain itu dengan olahraga yang teratur, maka akan meminimalkan resiko tubuh terkena obesitas, maka hipertensi dapat dihindari. 

Lalu bagaimana gejala yang menandai sekarang terkena penyakit darah tinggi ? sebagian orang banyak yang belum menyadari bahwa dirinya terkena hipertensi karena tidak menunjukkan gejala apapun. Namun ketika tekanan darah sudah terlampau tinggi, gejala seperti sakit kepala baru mulai dirasakan.

Beberapa gejala yang mungkin anda rasakan ketika tekanan darah melebihi batas normal diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sensasi rasa mual serta hingga muntah
  2. Linglung dan bingung, serta kesulitan untuk focus dan memahami sesuatu
  3. Munculnya problem pada system penglihatan. Biasanya yang dirasakan adalah pandangan menjadi kurang jelas dan kabur
  4. Gejala yang parah yaitu bisa terjadi mimisan. Hal ini karena ada pembuluh darah yang pecah dan berada di rongga hidung. 
  5. Rasa nyeri yang dirasakan di dada
  6. Pada bagian telinga sering berdengung
  7. Tubuh menjadi lebih mudah merasa lelah
  8. Detak jantung yang tidak teratur dan tidak stabil. Dada sering berdebar-debar
  9. Merasakan gelisah dan kecemasan tanpa sebab
  10. Sering kali hipertensi ditunjukkan dengan gejala berupa tremor otot

Banyak dari anjuran kesehatan menyarankan untuk rajin cek tekanan darah. Sehingga kita bisa segara mengantisipasi penyakit ini tanpa harus menunggu gejala-gejala di atas muncul. Anda juga bisa menyembuhkan penyakit ini dengan bahan alami, yaitu bisa berupa buah misalnya buah semangka, buah naga, dan masih banyak lainnya.

Bagikan: